Waspadai Masalah Kesehatan ini Akibat Cuaca Terik

Tandapagar.com – Akhir-akhir ini kondisi cuaca sedang tak menentu. Bahkan akhir-akhir ini justru terasa sangat panas dan terik.

Dilaporkan di beberapa negara mengalami heatwave alias gelombang panas, salah satunya Jepang yang mencapai rekor 40 derajat celsius di Tokyo.

Paparan intens dari temperatur panas bisa menyebabkan beberapa penyakit. Hal tersebut disebabkan karena tubuh bekerja untuk mendinginkan sendiri di bawah panas terik yang lama, darah jadi mengalir deras ke permukaan kulit.

“Akibatnya, makin sedikit darah yang menuju otak, otot, dan organ-organ lainnya. Hal ini dapat mengganggu baik kekuatan fisik maupun kapasitas, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan bahaya yang serius,” demikian dilaporkan situs WebMD.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi dalam cuaca terik:

Heat exhaustion atau kelelahan

radiopostki.com

Kelelahan akibat cuaca panas terjadi saat tubuh kehilangan cairan dan garam dalam jumlah banyak karena keringat yang berlebih. Perlu diwaspadai, tak perlu cuaca panas namun kelelahan ini dapat terjadi saat kamu berolahraga terlalu keras atau mengerjakan pekerjaan fisik yang berat.

Kehilangan cairan tubuh dapat mengacaukan sirkulasi dan mengganggu fungsi otak. Jika kamu memiliki masalah jantung, paru-paru, atau ginjal atau sedang berada dalam diet rendah-sodium maka kamu berisiko tinggi kelelahan jika terus terpapar cuaca panas.

Gejalanya meliputi haus yang berlebihan, mual, muntah, dan jika tak segera ditangani dapat mengakibatkan keram otot yang berujung heat cramps.

Heat cramps atau keram

Mirip dengan kelelahan akibat panas, keram akibat cuaca panas dapat menyerang ketika tubuh kehilangan banyak cairan dan garam. Kekurangan ini dibarengi dengan hilangnya nutrisi penting lainnya seperti potasium dan magnesium. Selain karena cuaca terik, umumnya keram terjadi saat bekerja terlalu berat.

Dehidrasi

katafauziqbal.wordpress.com

Cuaca terik jelas dapat mengurangi cairan pada tubuhmu, mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi yang terus-menerus bisa berujung buruk bagi orang yang memiliki masalah jantung atau paru kronis, mulai dari menyebabkan kelelahan hingga heat stroke.

Atasi dehidrasi dengan mencukupi cairan tubuhmu secepatnya, lewat minuman. Disarankan lebih baik meminum air mineral atau minuman panas karena dapat membantu tubuh untuk mendinginkan sendiri.

Heat stroke

Heat stroke adalah masalah kesehatan yang paling serius akibat paparan panas. Heat stroke dapat terjadi saat tubuh terpapar panas terlalu lama dan kehilangan kemampuannya mendinginkan sendiri.

Dalam keadaan tersebut, bagian otak yang normalnya mengatur suhu tubuh mengalami malfungsi. Jika kamu memiliki masalah kesehatan lain yang juga menyebabkan masalah berkurangnya kemampuan tubuh untuk berkeringat, misalnya scleroderma atau cystic fibrosis, sangat berisiko terkena masalah kesehatan ini.

Waspadai keringatan berlebih yang tiba-tiba berhenti, debar jantung terlalu kencang, napas terburu-buru dan gejala neurologis atau saraf seperti linglung dan kehilangan koordinasi. Heatstroke merupakan kegawatdaruratan medis yang membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

Penyakit berisiko tinggi

Dilansir Irish Times, jika kamu memiliki serangan jantung, stroke atau mengidap penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), maka perlu ekstra hati-hati dalam cuaca terik. Belum lagi jika di daerahmu juga terdapat tingginya polusi udara.

Selain penyakit-penyakit tersebut, pengidap diabetes, gangguan neurologis dan penyakit psikologis juga bisa berisiko. Atau jika kamu sedang dalam pengobatan seperti diuretik yang memang dikonsumsi untuk membuang cairan tubuh, lebih baik menguranginya apabila cuaca sedang panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.