Seluruh Pengguna Twitter Diminta Ganti Password

Tandapagar.com – Twitter menyerukan usernya di seluruh dunia yang berjumlah 330 juta, mengubah password segera. Itu setelah ditemukan glitch di sistemnya sehingga password kemungkinan bisa dibaca oleh pihak yang tak berkepentingan.

“Saat Anda membuat password untuk akun Twitter, kami menggunakan teknologi yang menyamarkannya sehingga tak seorangpun di perusahaan bisa melihatnya,” tulis CTO Twitter, Parag Agrawal di blog resmi perusahaan.

“Kami mengidentifikasi sebuah bug yang menyimpan password tanpa penyamaran di log internal. Kami telah memperbaikinya dan investigasi kami menunjukkan tidak ada indikasi penyalahgunaan oleh siapapun,” tandasnya

Namun demikian demi alasan keamanan, semua user diminta untuk mengubah passwordnya. Twitter tidak menyebutkan seberapa banyak password yang terdampak masalah tersebut.

“Untuk kewaspadaan, kami meminta Anda mempertimbangkan untuk mengubah password Anda di semua layanan yang menggunakan password ini. Anda bisa mengubah password Twitter sewaktu-waktu di halaman setting,” papar Parag.

Sumber internal perusahaan menyebutkan angka password yang terdampak substansial dan sebenarnya telah terekspos beberapa bulan. Twitter kabarnya baru menemukan bug itu beberapa minggu lalu dan telah melaporkan isu ini pada beberapa regulator.

“Kami meminta maaf hal ini terjadi. Kami mengapresiasi kepercayaan Anda pada kami dan kami berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan itu,” pungkas Parag.

Namun pengguna di Indonesia tak perlu khawatir terkait persoalan ini. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki beberapa platform media sosial lokal yang terus tumbuh. Salah satunya ViuGraph.

CEO ViuGraph Wahyu Widiyantoro mengatakan ViuGraph memberikan platform berbagi cerita dalam klasifikasi topik-topik tertentu, di samping dengan teman yang sudah dikenal.

Selain hal tersebut, ada fitur filtering yang membuat pengguna ViuGraph hanya melihat apa yang diinginkan dengan timeline berdasarkan waktu kronologis konten tersebut di upload.

Wahyu menjelaskan ViuGraph sebagai media sosial lokal siap untuk menjadi alternatif pengganti media sosial Facebook. Wahyu juga menjelaskan ViuGraph sudah membuatkan akun beberapa pesohor yang sempat mengalami permasalahan karena akun intagramnya dibanned seperti Ustadz Abdul Somad.

Berikut adalah link viuGraph di android dan IOS:

Link Google Player viuGraph DISINI
Link IOS viuGraph DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.