Ini Bahaya Jika Anda Konsumsi Obat Sembarangan

JIKA Anda terserang demam dan pilek? Minum saja paracetamol. Jika Anda sakit kepala datang? Minum saja penghilang sakit atau pereda nyeri. Mungkin itulah sebagian orang lakukan, ketika terserang gejala suatu penyakit.

Umumnya saat terserang masalah kesehatan maka kita tentu akan mengobatinya. Sekarang ini memang sudah ada berbagai cara untuk mengatasi masalah kesehatan, mulai dari pengobatan alternatif hingga mengkonsumsi obat yang banyak beredar.

Namun, sadarkah Anda jika minum obat sembarangan baik itu obat yang dijual bebas hingga obat-obatan alami tanpa resep dokter punya efek yang berbahaya terhadap tubuh Anda? Tapi kenapa masih Anda lakukan juga?

Para pakar kesehatan sudah berkali-kali menyatakan jika minum obat secara sembarangan itu sangat berbahaya, bahkan selain dapat menimbulkan dampak berbahaya terhadap tubuh Anda juga bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Namun, kebiasaan ini jika dilakukan secara jangka panjang akan sangat berbahaya. Terlebih kita tidak mengetahui kadar yang tepat dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Bahaya Minum Obat Sembarangan

ummi-online.com

Biasanya jika penyakit yang di derta hanya merupakan penyakit ringan, banyak kalangan yang lebih memilih untuk meminum obat yang di jual dengan bebas, tanpa berkonsultasi langsung dengan pihak dokter untuk mencari tahu penyakit yang ia alami. Nah, salah satu bahaya yang mengancam jika Anda minum obat sembarangan dan tanpa resep dokter adalah kerusakan pada ginjal. Pasalnya, dari hasil penelitian tidak semua orang khususnya pada tubuhnya bisa menerima obat-obatan yang umum di pasarkan.

Selain ginjal, juga kerusakan hati. Fungsi utama hati adalah menyaring setiap racun yang masuk ke dalam tubuh. Nah, jika Anda meminum obat secara sembarangan maka Anda akan memberikan efek yang berbahaya terhadap hati. Bahkan, dari hasil penelitian para pakar menyebut jika ada banyak jenis obat yang memiliki risiko buruk terhadap hati yaitu kerusakan hati. Bayangkan jika hati Anda yang berfungsi untuk menyaring racun mengalami kerusakan, tentu kondisi tersebut sangat berbahaya untuk tubuh dan kesehatan Anda.

Berikutnya adalah alergi. Seperti yang disebutkan sebelumnya jika tubuh orang akan memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap obat yang ia minum. Nah, salah satu bahaya yang sangat berpotensi terjadi jika Anda minum obat tanpa resep dokter adalah alergi yang disebut syok anafilaktik. Menurut catatan medis alergi ini merupakan efek yang berbahaya karena dapat mempercepat denyut jantung, lemas, menurunkan tekanan darah, pingsan bahkan kematian.

Bahaya yang  lain, bakteri menjadi kebal.Virus atau bakteri adalah penyebab utama dari masalah kesehatan, dan saat Anda meminum obat tentu tujuannya adalah mematikan bakteri atau virus tersebut. Nah, bahaya yang terjadi jika Anda minum obat tanpa mengetahui jenis bakteri atau virus apa yang menyerang Anda adalah membuat virus ata bakteri tersebut menjadi tebal. Bisa Anda bayangkan seperti apa jadinya? Ya, penyakit bukannya sembuh tapi justru semakin menggerogoti tubuh Anda.

Alasan Kenapa Hentikan Minum Obat Sembarangan

caraspot.com

Sebagaimana dikutip Tandapagar.com dari fda.gov pada Jumat (24/11/2017), ada beberapa alasan kenapa Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut:

Yang pertama adalah dosis obat yang tidak tepat. Sebuah obat memang mencantumkan seberapa banyak kandungan yang terdapat di dalamnya. Namun jika Anda sembarangan meminum obat, bisa saja Anda over-dosis, dengan disertai gejala-gejala yang lainnya.

Kemudian, kedua adalah kecanduan obat. Saat Anda menelan obat secara terus-menerus untuk sakit yang ringan, maka Anda bisa saja kecanduan obat tersebut. Hal ini sangat berbahaya, jika dilakukan saat Anda terserang suatu penyakit. Karena bisa saja, tubuh gagal untuk merespon terhadap suatu penyakit nantinya.

Selanjutnya, berbahaya untuk wanita hamil. Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan jika Anda sedang hamil, sebisa mungkin jauhkan. Dan jika sakit, lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan. Agar kelahiran anak Anda tidak bermasalah.

Bisa jadi, bahkan keracunan, karena beberapa orang sering mengkonsumsi multivitamin tanpa resep dokter, hal ini tentu sangat berbahaya. Karena beberapa multivitamin bisa menyebabkan keracunan. Jadi lebih baik mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Selanjutnya, bahaya yang ditimbulkan adalah obat palsu. Obat palsu yang terkontaminasi efek sampingnya sangat berbahaya. Zat aktif yang salah, dengan jumlah yang salah bisa mengakibatkan hal yang fatal. Apalagi dengan kemasan palsu yang terlihat asli.

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan manusia. Jadi menggunakan obat-obatan bebas, dapat membahayakan Anda. Mencegah adalah langkah terbaik menghindari bahaya mengobati diri sendiri. Hati-hati adalah kata kunci dari semua persoalan ini.

Cara konsumsi obat yang benar

obat-online.com

Minum obat yang benar memang bisa bikin bingung jika Anda tidak mengetahui cara kerja dan kegunaan obat bagi tubuh berikut fungsinya dalam melawan penyakit. Inilah sebabnya Anda perlu mempelajari semua jenis obat-obatan yang dikonsumsi, yang direkomendasikan dokter, yang bisa dibeli bebas tanpa resep dokter, serta jenis vitamin atau suplemen. Anda bisa bertanya langsung kegunaan dari obat-obat tersebut kepada dokter, apoteker atau bahkan mencarinya di internet dari sumber yang terpercaya. Anda juga bisa bertanya apakah ada merek generik untuk kandungan obat yang sama yang bisa Anda konsumsi.

Setelah memahami dengan baik sifat dan manfaat obat, tetap ikuti petunjuk minum obat yang benar dan dosis serta cara penggunaan obat yang dianjurkan dokter. Pastikan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Selain itu, ingat juga poin-poin berikut sebelum mengonsumsi obat, diantaranya adalah baca dan ikuti petunjuk dokter hingga ke waktu dan periode minum obat. Setiap obat memiliki sifat, cara kerja, efek samping, dan dampak yang berbeda-beda bagi tubuh setiap orang, meskipun mengidap penyakit yang sama.

Kemudian, baca informasi yang ada di kemasan obat untuk mengetahui tanggal kadaluarsa, efek samping, interaksi, peringatan, dan hal apa saja yang perlu diwaspadai dari penggunaan obat tersebut.

Anda juga harus membuat catatan/rangkuman pribadi yang singkat namun mudah Anda pahami jika tulisan pada label obat terlalu rumit untuk dipahami. Tanyakan kepada dokter agar Anda dapat membuat catatan tersebut dengan teliti.

Kemudian, jangan berhenti mengonsumsi obat tanpa sepengetahuan dokter karena dapat memperburuk penyakit yang diderita atau berdampak bagi kondisi tubuh Anda. Konsultasikan juga pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan tertentu atau merasa tidak cocok dengan obat yang diresepkan.

Anda perlu memberitahu dokter jika memiliki alergi, sedang hamil, menyusui, sedang mengikuti diet khusus seperti diet rendah gula, dan riwayat penyakit sebelumnya. Informasi penting lainnya yang harus selalu Anda ingat dan sampaikan ketika sedang berobat adalah riwayat kesehatan, obat, vitamin, suplemen lain, dan obat herba yang pernah atau sedang dikonsumsi dan efeknya pada tubuh Anda.

Informasi-informasi ini akan sangat berguna bagi dokter untuk menentukan jenis obat yang bisa Anda konsumsi, bentuk obat, dosis, serta frekuensi minum obat yang sesuai dan aman bagi kondisi kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here