Kenali 14 Bahaya Jika Anda Kelebihan Tidur

PARA generasi zaman now, salah satu kegiatan rutin kita sehari-hari adalah tidur. Namun ternyata, untuk urusan tidur tak bisa dianggap sebagai hal remeh temeh. Kekurangan tidur bisa menimbulkan dampak negatif jika kondisi ini berlangsung terus menerus. Sebaliknya, kelebihan tidur juga tidak baik. Memang sih ada yang bilang cara gampang menjaga kesehatan tubuh adalah dengan tidur cukup.

Namun sejatinya tidur cukup itu relatif banget bagi orang per orang. Ada yang sudah cukup tidur selama 4-5 jam, namun ada pula yang menganut jam tidur waktu normal,  yaitu 7-8 jam tidur di malam hari.

Nah, ternyata para peneliti meyakini bahwa tidur melebihi 7-8 jam dapat merusak kesehatan, demikian seperti dikutip dari berbagai sumber. Ini daftar bahaya Anda terlalu sering tidur. Semoga bermanfaat.

1. Sering pusing dan sakit kepala

www.cepatparamex.com

Orang yang terlalu banyak tidur sering merasa pusing dan mengantuk di siang hari, yang biasanya terjadi ketika kebanyakan tidur di akhir pekan sehingga menyebabkan gangguan pola tidur normal di hari kerja.

Selain pusing, kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala dan nyeri punggung. Nah, ingat-ingat lagi. Pusing bukan karena belum gajian, tapi bisa jadi karena kamu berjiwa ‘pelor’ (nempel bantal langsung molor).

Salah satu akibat yang sering dirasakan ketika seseorang kelebihan tidur adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan karena kebanyakan tidur memberi dampak buruk pada neurotransmitter di otak yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

2. Mengakibatkan Depresi

Bahaya lainnya dari terlalu banyak tidur adalah peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi. Orang yang depresi mungkin merasa ingin lebih banyak tidur, namun pada gilirannya tidur berlebihan dapat memperburuk depresi itu sendiri. Hal yang sama juga berlaku pada orang yang menderita sakit punggung kronis dan sakit kepala.

Perlu diktehaui bahwa orang yang mengalami kondisi terburuk mungkin ingin lebih banyak beristirahat dengan tidur, tapi jika dilakukan berlebihan, tidur justru dapat membuat kondisi semakin parah.

Studi pada tahun 2014 membuktikan, seseorang yang tidur terlalu lama mengalami peningkatan gejala depresi. Partisipan studi yang tidur selama tujuh sampai sembilan jam semalam terbukti mengalami 27 persen gejala depresi, sedangkan mereka yang tidur lebih dari sembilan jam mengalami 49 persen.

3. Gangguan kardiovaskular

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Warwick Medical School pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Dalam studi tersebut, peneliti mengatakan orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam, maka berpotensi 2 kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang yang rutin tidur 7 jam setiap malam.

4. Kelebihan tidur menjadi penyebab diabetes

Kurang tidur diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal yang sama terjadi juga terjadi pada orang yang terlalu banyak tidur. Orang yang tidur lebih dari 9 jam setuap malam, memiliki 50 persen risiko lebih besar menderita diabetes.

Ilmuwan tidak tahu pasti mengapa risiko diabetes menjadi lebih tinggi, tetapi dapat menunjukkan indikasi masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan diabetes dan menyebabkan tidur berlebihan.

Dalam sebuah penelitian dari Quebec, tim riset menemukan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam memiliki resiko terkena diabetes tipe dua dibanding mereka yang lebih singkat waktu tidurnya.

5. Bisa mengakibatkan naiknya berat badan

www.futuready.com

Tim riset yang sama juga memantau berat badan para orang dewasa Quebec selama enam tahun tersebut. Hasil studi menunjukkan, mereka yang tidur malam selama 9-10 jam, 25 persen lebih berisiko bertambah berat badannya sebanyak 5 kilogram. Mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak rata-rata mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kilogram, walaupun aktifitas fisik dan asupan makanannya sama.

6. Tidur berlebih bisa berakibat pada jantung

erabaru.net

Menurut riset yang dilakukan oleh American College of Cardiology tahun 2012 lalu, tidur lebih dari delapan jam per malam mempunyai kaitan dengan meningkatnya resiko masalah jantung. Riset itu mengumpulkan lebih dari 3000 orang dan menemukan bahwa mereka yang tidur lama memiliki resiko terkena angina dua kali lebih banyak.

7. Tidur terlalu banyak bisa mengakibatkan kematian lebih awal

Dirangkum dari 16 studi berbeda pada tahun 2010, riset menunjukkan ada peningkatan resiko kematian lebih awal, dari keseluruhan kasus, pada mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyal. Tidur lebih dari 8 jam per malam diasosiasikan dengan 1,3 kalo resiko kematian lebih banyak diantara 1.382.999 partisipan.

8. Bisa melemahkan fungsi otak

kesehatanku.xyz

Studi pada tahun 2012 menemukan bahwa diantara wanita usia lanjut, tidur terlalu lama memperburuk fungsi otak pada jangka waktu 6 tahun.

9. Tidur berlebih akan susah hamil

Pada tahun 2013 lalu, sebuah tim riset asal Korea menganalisis kebiasaan tidur pada 650 wanita yang mengikuti perawatan kesuburan. Hasilnya, jumlah kehamilan tertinggi ditemukan pada kelompok wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam per malam, dan terendah pada kelompok wanita yang tidur lebih dari sembilan jam. Waktu tidur memang mempunyai pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

10. Menjadi Pemicu Sakit punggung kronis

thayyiba.com

Jika Anda sering mendapati sakit punggung akibat berbagai macam aktivitas yang dilakukan, maka Anda juga perlu mengetahui bahwa tidur sekalipun bisa menyebabkan punggung terasa sakit. Pada saat tidur, tubuh akan bertumpu pada bagian punggung sehingga, struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tubuh. Juga karena pada saat tidur kita kurang bergerak, hal ini juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

11. Menurunkan daya ingat atau pelupa

Kebanyakan tidur ternyata membuat orang jadi pelupa. Karena, metode untuk mengasah otak yang paling baik adalah berpikir. Dengan berpikir, kita bisa meningkatkan pengetahuan. Sementara pada saat tidur, kita tidak bisa melakukan hal tersebut. Pada orang yang kebanyakan tidur mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak lebih cepat, serta perlambatan dan kerusakan fungsi otak mengakibatkan menurunnya daya ingat.

12. Menurunnya Keinginan untuk bersosialisasi

brilio.net

Semakin banyak tidur, maka waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan juga akan berkurang. Secara tidak langsung akan mengurangi minat Anda untuk berbaur dengan lingkungan sekitar.

13. Badmood

moodyliciouschildrensspa.com

Terlalu banyak tidur bukan membuat Anda menjadi lebih tenang bahkan yang terjadi adalah sebaliknya. Anda bisa menjadi stress serta mudah emosi bahkan untuk hal-hal sepele.

14. Kurang menarik

cantikitu.com

Terlalu banyak tidur menyebabkan wajah terlihat bengkak terutama di bagian mata dan pipi. Perhatikan saja ketika Anda baru bangun dari tidur yang teramat panjang. Tidak akan ada yang menarik dari wajah sembab dan muka bantal seperti itu. Orang tidak akan tertarik pada Anda yang baru bangun tidur dengan penampilan acak-acakan. Artinya, dengan banyak tidur Anda justru membuat diri sendiri menjadi tidak menarik.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.