Ini Fakta yang Harus Diketahui untuk Para Kaum Pelit Senyum

Tandapagar.com – Sahabat, jika Anda mersa keren saat memasang wajah dingin tanpa senyum, pikirkan kembali hal ini. Sebab, riset yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menemukan fakta sebaliknya.

Riset tersebut melaporkan bahwa mereka yang pelit senyuman justru tak akan terlihat keren. Riset dilakukan dengan meiminta sejumlah peserta menilai daya tarik model dalam iklan cetak.

Hasilnya, peserta riset menilai para model yang tak ekspresif terlihat tidak keren, dan justru terkesan tidak ramah. “Ada keyakinan bahwa cara orang menjadi keren adalah dengan bersikap tidak ekspresif,” kata Caleb Warren, selaku pemimpin riset.

Sebagai contoh, periset dari University of Arizona ini menceritakan pengalamannya saat difoto. Ia memutuskan tak tersenyum dalam foto tersebut karena mengira fotonya tak akan terlihat keren jika ia tersenyum.

Lewat hasil riset ini, ia ingin menyampaikan bahwa anggapan tersebut seringkali salah.

“Kebanyakan, menjadi tidak ekspresif membuat orang tampak kurang keren.Mereka akan terlihat lebih baik bila tersenyum,” tambahnya.

Untuk mendapatkan hasil yanga akurat, periset menunjukan kepada peserta penelitian iklan cetak sebuah merek pakaian dengan model yang tersenyum dan tidak tersenyum.

Beberapa di antara model tersebut adalah orang-orang terkenal seperti Michael Jordan dan James Dean.

Hasilnya, para peserta menganggap model menjadi lebih keren ketika mereka tersenyum, karena saat tidak menunjukkan ekspresi, mereka nampak kurang ramah.

Pada penelitian berikutnya, periset menunjukan gambar seorang atlet MMA atau seni bela diri campuran yang berinteraksi dengan lawannya sebelum bertanding. Namun, periset menemukan hal berbeda saat diterapkan dalam konteks pertandingan.

Dalam konteks pertandingan, menjadi tidak ekspresif dipandang sebagai tanda dominasi dan oleh karena itu mereka yang tak tersenyum ketika bertanding terliha lebih keren.

Tapi saat atlet berinteraksi dengan penggemar, di sisi lain, maka ia akan terlihat lebih baik bila memunculkan wajah yang ramah.

“Gagasan eksperimen yang saya suka gunakan adalah, jika kalian berada di meja makan, maka memasang wajah dingin tidaklah keren. Tapi kalau kamu ada di meja poker, ya,” papar Warren.

“Penelitian ini memiliki implikasi praktis untuk iklan dalam fesyen. Jika merek ingin terlihat keren, maka mereka harus memiliki lebih banyak model yang menambahkan senyuman pada iklan mereka daripada model yang tidak ekspresif,” katanya.

“Ini bukan yang dilakukan kebanyakan iklan mode – sebagian besar iklan mode memiliki model yang tidak ekspresif,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here