Ini 6 Tips Kembalikan Mood Kerja Usai Libur Lebaran

Tandapagar.com – Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan, apalagi Libur Lebaran. Bagaimana tidak? Setelah setiap hari berjerih payah mengumpulkan uang, liburan sangat bermanfaat untuk menjadi pelepas penat dalam pikiran.

Jadi, tidak heran banyak orang yang menghabiskan masa liburannya dengan bersantai-santai, pergi ke daerah yang tenang, atau juga pergi ke tempat wisata. Pokoknya masa liburan itu adalah masa yang paling menyenangkan deh buat semua orang.

Setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari Anda  yang juga merasakan hal ini setelah liburan.

Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, lakukanlah 6 tips berikut ini agar Anda kembali semangat bekerja setelah liburan Lebaran.

  1. Tiba lebih awal

Selalu tergoda untuk datang lebih siang dari waktu resmi dengan alasan berhubung baru selesai libur. Anda juga berpikir, belum semua ‘pulih’ dari euphoria liburan, masih dalam kondisi santai. Namun, sebaiknya, apabila memang bisa datang pagi, usahakan datang pagi dan mulai kerja lebih awal dari rekan lain.

Memang, sih, biasanya jaringan atau internet masih belum berfungsi normal. Atau kondisi kantor masih berantakan karena belum dibersihkan. Justru, dengan datang pagi, Anda bisa membereskan dulu kondisi meja kerja dan memulai apa yang bisa dikerjakan dulu dalam suasana masih tenang—belum banyak orang dan/atau banyak yang bertanya ini-itu mengenai liburan.

Begitu mereka datang, Anda bisa mengobrol dalam keadaan tenang karena setidaknya sudah ada pekerjaan yang bisa dibereskan.

  1. Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja

Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika Anda menyukai pekerjaan Anda, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan Anda. Agar Anda bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu.

Misalnya, Anda bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerja yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menumbuhkan semangat kerja yang sudah hampir sirna itu.

  1. Mulai Bekerja Secara Perlahan

rumahkeluargaindonesia.com

Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan.

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran Anda masih belum sepenuhnya focus pada pekerjaan itu. Bisa jadi jika Anda terburu-buru, Anda malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan Anda karena harus sering diulang. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit. Perlahan asal pasti, itu lebih baik.

  1. Kerjakan yang paling mudah

ummi-online.com

Tidak perlu memaksakan diri langsung mengerjakan tugas-tugas berat. Lakukan yang ringan-ringan dulu sebagai pemanasan. Seperti, cek email yang inbox-nya pasti penuh ditinggal libur. Namun, pililh juga email yang dicek. Spam, newsletter, ucapan selamat, tawaran belanja, astrologi minggu ini, bisa dicek lebih dulu—atau langsung dihapus.

Hindari dulu membuka email dari atasan, klien, dan yang sekiranya berhubungan dengan pekerjaan ‘berat’. Dijamin, memeriksa email masuk membutuhkan waktu lama dan tidak terasa setengah hari kerja sudah berlalu. Sedangkan, tulis dalam satu daftar pekerjaan ‘sulit’ atau ‘berat’. Begitu pekerjaan ringan selesai dilakukan, Anda bisa mulai pekerjaan ‘beratnya’.

  1. Tidak bawa pekerjaan ke rumah

www.executivesforhospitality.com

Oleh karena Anda sudah datang pagi, tentu Anda berhak pulang lebih awal. Apalagi, sering kantor-kantor masih membolehkan karyawannya pulang awal selepas libur panjang nasional seperti libur Lebaran ini. Cuma, pastikan semua pekerjaan yang ingin dilakukan sudah selesai. Artinya, jangan bawa pekerjaan ke rumah, terutama masih dalam mood liburan. Pulang kantor saatnya merasakan liburan mini agar stres tidak datang.

  1. Atur Waktu Dengan Bijaksana

kerjayuk.com

Pekerjaan yang menumpuk mendorong Anda untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah Anda ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan.

Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, Anda bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa Anda  untuk bisa fokus bekerja pada waktunya. (DP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.