Ketika Sholat Dilarang…

kalfestino.wordpress.com

Kewajiban bagi setiap muslim adalah sholat. Sholat adalah rukun islam yang kedua setelah syahadat. Maka bagi setiap muslim yang sudah mencapai umur baligh wajib baginya mendirikan sholat.

Banyak tuntunan sholat yang diajarkan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam kepada ummatnya. Baik itu yang wajib ataupun yang sunnah. Pada sholat wajib, waktunya sudah jelas yakni shubuh, dzhuhur, ashra, maghrib dan isya.

Sedangkan pada sholat sunnah waktunya tergantung dengan sunnah apa sholat tersebut. Berikut adalah waktu-waktu dilarang untuk sholat yang harus kamu ketahui.

1Sesudah Sholat Shubuh Sampai Terbit Matahari

elfarad.wordpress.com

Pada sholat shubuh ada sunnah sholat yaitu sebelum shubuh atau biasa disebut dengan sholat sunnah qobliyah shubuh. Sedangkan setelah shubuh justru Rasulullah tidak menganjurkan untuk melaksanakan sholat.

Hal ini dijelaskan pada sebuah hadits, dalam hadits tersbut juga dikatakan bahwa waktu tersebut adalah waktu diantara dua tanduk syetan, dan pada saat itu orang-orang kafir tengah menyembah matahari.

2Saat Matahari Mencapai Titik Lurus Bayangannya Dengan Benda Sampai Condong Ke Arah Barat

ibnufajar75.wordpress.com

Artinya bayangan benda oleh sinar matahari berada ditengah-tengah benda tersebut sampai bayangan tersebut tergeser karena tergelincir matahari.

Kecuali jika melakukan sholat jum’at atau melakukan sholat-sholat sunnah di Tanah Haram kota Mekkah baik di masjid atau di tempat selain masjid seperti melakukan sholat sunnah thowaf dan lain sebagainya.

3Setelah Sholat Ashar Sampai Terbenam Matahari

www.frewaremini.com

Hal ini sama dengan hadits yang menyebutkan bahwa dilarang sholat setelah shubuh sampai terbit matahari.

Karena setelah ashar sampai terbenam matahari adalah juga waktu diantara tanduk syetan yang digunakan oleh orang-orang kafir menyembah matahari.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu berkata :
“ Ada tiga waktu di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami untuk melaksanakan shalat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami, yaitu ketika matahari terbit sampai tinggi, ketika seseorang berdiri di tengah hari saat matahari berada tinggi di tengah langit (tidak ada bayangan di timur dan di barat) sampai matahari tergelincir dan ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam. ”
(HR. Muslim no.1926)

Masih banyak perbedaan pendapat ulama tentang waktu diharamkannya sholat. Namun demikian ada baiknya jika kamu mempelajari lebh rinci melalui berbagai kitab dan kajian. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here