5 Tips Menjadi Kaya dengan Cara Mudah

bisnis.liputan6.com

Kesuksesan dalam hidup untuk menjadi orang kaya tidaklah ditentukan dari usaha diri sendiri saja. Faktor eksternal seperti tipe teman yang Anda pilih juga berkontribusi dalam kesuksesan Anda.

Bukannya ingin pilih-pilih, tapi memang teman harus diseleksi agar kita bisa cepat sukses. Ibarat kita mesin motor, para kolega itu adalah oli. Jika olinya berkualitas buruk, mesin tidak akan mencapai kemampuan maksimal. Nah, mari kita simak tips menjadi kaya dengan cukup gampang menurut berbagai pakar, sebagaimana disarikan Tandapagar.com dari berbagai sumber.

1. Berteman dengan orang kaya

cdn-2.tstatic.net

Menurut riset terbaru yang dilakukan oleh British Psychological Society, orang yang bisa membuat Anda cepat pulih dari masalah adalah mereka yang patut dijadikan teman. Survei itu menilai, orang-orang seperti ini bisa menjadikan teman para orang sukses dalam hidup yang akhirnya mampu menjadi kaya.

Dikutip dari CNBC, Jumat (10/11/2017), para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki ketahanan lebih tinggi ternyata mampu memberikan kualitas persahabatan yang lebih baik. Meskipun peneliti tidak merinci lebih lanjut alasannya, studi tersebut mencatat bahwa teman terbaik adalah “mekanisme perlindungan” yang dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit sangatlah penting.

Namun, hanya karena teman bisa berpengaruh positif terhadap hidup Anda tidak berarti Anda membutuhkan teman dalam jumlah banyak. Sebaliknya, Anda harus benar-benar memperhitungkan dan mengutak-atik lingkaran sosial Anda agar bisa sukses, kata psikolog Cicely Horsham-Brathwaite.

Di sisi lain, kata Brathwaite, menyisihkan waktu untuk menjalin hubungan dan saling mendukung dari pertemanan yang solid sangat penting karena hal ini membantu Anda tumbuh. Lebih lanjut, mencari teman yang kompetitif juga bisa menjadi langkah yang baik. Persaingan diperlukan agar kita bisa berkembang. Dengan berteman dengan orang yang kompetitif kita lebih terpacu untuk meningkatkan kapasitas diri.

Penulis Thomas C Corley menghabiskan lima tahun untuk meneliti kebiasaan para orang kaya. Dalam bukunya ia mengungkap, orang kaya ini sangat menghindari berteman dengan orang yang pesimis.

“Para miliarder sangat pemilih bergaul dengan siapa,” kata Corley dalam buku “Change Your Habits, Change Your Life”

“Anda akan sukses seperti dengan siapa Anda berhubungan. Orang kaya selalu mencari teman yang memiliki tujuan, optimistis, antusias dan secara keseluruhan bermental positif,” kata dia.

Sebanyak 86 persen orang kaya yang ia teliti punya kebiasaan bergaul dengan individu yang ingin sukses dan membatasi pergaulan mereka dengan orang yang negatif. Mengganti teman yang negatif dengan orang-orang bermental positif dinilai penting, karena mereka yang berkantong tebal cenderung meniru teman mereka.

2. Ingin kaya, bangun kecerdasan emosional yang lebih baik

kesehatanku.xyz

Selain pergaulan, kunci untuk menjadi kaya ternyata tidak berhubungan dengan kepintaran atau jenjang karier. Hasil riset membuktikan, orang dengan kecerdasan emosional (EQ) yang baik justru bisa meraup kekayaan lebih banyak.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari Miami University, Joseph Rode. Dalam jurnalnya yang diterbitkan pada 2017, Rode mengungkap orang dengan kecerdasan emosional tinggi bisa dengan mudah menemukan orang yang bisa membantu mereka dalam pekerjaan. Akhirnya, orang-orang ini pun bisa memiliki kemampuan yang diperlukan untuk meniti tangga karier dan mendapat gaji lebih besar.

“Orang-orang yang tinggi dalam EQ dapat mengidentifikasi, memahami, dan mengatur emosinya dengan cara yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, memikirkan masalah yang mereka hadapi, membentuk hubungan, dan memelihara hubungan mereka dari waktu ke waktu,” tutur Rode seperti dilansir dari Psychology Today, Jumat (10/11/2017).

Hal yang sama juga dikatakan oleh psikolog Susan Whitbourne. Menurut Whitbourne, orang dengan kecerdasan emosional yang baik memiliki kemampuan yang baik untuk menangani hubungan kompleks, stress hingga membuat kemampuan membuat keputusan. Kecerdasan emosional juga, menurut Whitbourne, menjadi kunci kesuksesan pekerja yang berada dalam level pertengahan atau manajerial.

“Ternyata, bagi orang-orang yang di level pekerjaan pemula, EQ tidak memiliki dampak pada gaji. Namun mereka yang berada di tingkat pekerjaan yang lebih tinggi, EQ yang baik bisa berdampak pada gaji yang lebih tinggi, seperti yang penulis catat, EQ sangat penting bagi individu saat mereka naik ke jajaran manajerial bila keterampilan lanjutan ini dibutuhkan,” terangnya.

3. Rajin menabung, bahkan dalam bentuk uang receh

Rajin menabung bisa membikin Anda kaya. Namun menabung dengan cara unik bisa membuat Anda lebih baik, salah satunya menabung dengan uang receh. Lalu, cara apa saja yang sebaiknya dilakukan. Ini beberapa langkahnya seperti dilansir dari Quizzle.com, Jumat (10/11/2017)/

Jika Anda ingin memulai menabung uang receh, pastikan Anda tidak menganggap remeh uang pecahan ini. Meski nilainya tidak terlalu besar, uang receh bisa sangat dimanfaatkan apalagi ketika Anda sedang ingin menabung dalam jumlah banyak. Jika memiliki uang receh yang cukup banyak, simpanlah uang tersebut dalam dompet pribadi anda bersama dengan uang kertas.

Karena terdapat uang receh, sebaiknya pilih dompet yang menyediakan rak khusus dan beresleting untuk menyimpan uang receh. Ini menghindari uang receh Anda tercecer dan tidak terorganisir.

Jangan lupa untuk memisah uang receh saat Anda menyimpannya. Pilihlah tempat yang membuat Anda mudah menyimpan uang ini. Jangan meletakkan uang-uang receh tersebut di mana saja, karena akan cukup sulit untuk mengaturnya nanti.

Sebaiknya, pisahkan uang receh yang akan dikumpulkan. Jangan mencampurnya ke satu tempat. Dengan menabung sesuai pecahan-pecahannya, akan diketahui besaran dari jumlah uang pecahan yang akan dikumpulkan. Tentu saja ini akan memotivasi untuk lebih mengumpulkan banyak uang recehan.

Nah, Saat ada waktu luang, cobalah untuk mengumpulkan receh-receh yang ada, kemudian satukan berdasarkan jenis pecahannya yang sama dengan menggunakan selotip.

Terakhir, buatlah interval waktu untuk panen uang recehan yang dikumpulkan. Semakin kecil pecahannya, semakin lama juga menabungnnya. Semakin besar pecahan, semakin singkat waktu menabungnya.

Interval waktu bermanfaat untuk membuat target pribadi agar uang yang sudah terkumpul dapat dipindahkan ke rekening tabungan atau digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang sudah direncanakan.

4. Rajin Beribadah, terutama Shalat Dhuha

boombastis.com

Shalat Dhuha memang dikenal sebagai shalat sunnah yang berkaitan dengan shalat pemanggil rezeki.

Shalat Dhuha sebagai sarana yang tepat dan ampuh untuk memohon pertolongan Allah Swt. Sebab, siapa lagi penolong yang Maha Kaya, selain Allah Swt.?

Maka, tidak ada jalan lain untuk keluar dari kemiskinan dan meraih kekayaan finansial, selain berusaha (bekerja) yang disertai memohon pertolongan kepada Allah Swt. dengan shalat Dhuha. Sebab, jika hanya berdoa, berarti kita tidak percaya terhadap sunnatullah (hukum alam), dalam artian bahwa rezeki itu harus dijemput dan tidak dapat hanya diam menunggu.

Keajaiban shalat Dhuha dalam melimpahkan kekayaan materi (rezeki) ini tidak hanya dalam konteks kekayaan duniawi, tetapi juga ukhrawi. Artinya, kita harus menjadikan kekayaan yang dimiliki memperoleh berkah dari Allah Swt., serta peran strategis kekayaan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Untuk meraih kekayaan yang demikian, maka kita harus berangkat dari shalat Dhuha. Laksanakan shalat Dhuha dengan benar dan khusyuk, lalu aplikasikan nilai-nilainya dalam kehidupan secara konsisten, maka kita akan meraih kekayaan serta kesuksesan finansial yang berkah di dunia dan akhirat.

5. Perbanyak Infaq dan Sedekah

santrigaul.net

Sedekah menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin. Tidak hanya mendapatkan pahala, Allah SWT juga menjanjikan balasan berlipat ganda kepada mereka yang memberikan tenaga, harta atau benda.

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang bersedekah untuk meraih tujuan ini. Manusia berlomba-lomba memberikan apa yang dimiliki agar Allah mengembalikan dengan jumlah yang lebih besar lagi. Sebenarnya, tidak salah jika bersedekah juga berharap balasan serupa yang berlipat ganda.

Banyak orang yang ingin mendapatkan kekayaan dari Allah namun pelit dalam memberikan sedekah. Oleh karena itu, jika ingin kaya dari sedekah yang dilakukan maka banyak-banyaklah dalam bersedekah. Bahkan jika perlu sedekahkanlah barang-barang yang paling dicintai. 

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah asalkan masih ada sisa untuk makan diri sendiri dan keluarga. Allah adalah Dzat yang Maha Kaya, jadi semua yang ada di dunia ini adalah miliki Allah yang bisa kapan saja diambil oleh-Nya. Jadi ketika kita sudah melakukan usaha dan sedekah agar mendapatkan kekayaan maka apabila Allah menghendakinya pasti bisa terkabul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here