Sebaiknya Hentikan Pemberian Permen Berlebih Pada Anak, 4 Bahaya Kesehatan Ini Bisa Mengancam

Kebanyakan anak kecil suka sekali dengan makanan-makanan manis. Memang hampir semua anak tergoda dan bahkan ada yang ketagihan dengan makanan manis.

Salah satu makanan manis yang digandrungi anak-anak adalah permen. Permen memiliki rasa yang manis dan bentuk yang unik.

Beraneka bentuk permen dengan varian rasa yang lezat membuat mereka tertarik untuk menikmatinya.

Karena permen mampu menjadi ‘magnet’ bagi anak-anak, tak jarang orang tua menjadikan permen sebagai senjata memenangkan hati anak.

Misal saja, ketika anak menangis, sang ibu membujuknya dengan memberikan permen agar mereka diam atau bersedia melakukan sesuatu.

Memang sih, hal tersebut sangat ampuh, namun kebiasaan itu perlu juga dihindari karena jika berlebihan dalam mengklonsumsi permen bisa mengakibatkan berberapa masalah kesehatan bagi anak terutama masalah gigi.

Berikut beberapa masalah yang diakibatkan dari mengkonsumsi permen yang berlebihan pada anak.

Merusak Gigi

3 ags gigi
membuat anak ompong www.sehatfresh.com

Bagi anak-anak yang suka makan permen atau makan makanan manis bisa menyebabkan gigi kurang sehat. Pengaruh permen pada kerusakan gigi tergantung dari kedisiplinan anak dan para orang tua dalam menjaga kesehatan gigi.

Anak yang banyak makan permen bisa mengakibatkan giginya berlubang dan karies gigi. Maka dari itu langkah baiknya untuk menjaga kesehatan gigi anak, disiplinkan anak untuk rajin menggosok gigi dan usahakan untuk mengurangi konsumsi permen secara berlebih.

Dapat Memicu Obesitas

3 ags obesitas-anak
batampos.co.id

Memang di dalam permen kandungan kalorinya sangat rendah. Tapi meski demikian, jika anak mengkonsumsi permen secara terus menerus ataupun berlebihan maka membuat kalori yang dikonsumsi akan banyak

Kelebihan kalori tersebut lama kelamaan akan menjadi lemak sehingga menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Mengurangi Nafsu Makan

3 ags makan
madujuara.com

Rasa manis dapat membuat perut terasa kenyang. Jika anak mengkonsumi permen setelah makan makanan utama sepertinya tidak masalah selama tidak berlebihan.

Akan berbeda dampaknya jika anak mengkonsusmi permen sebelum makan. Permen yang memiliki rasa manis tersebut memberikan efek kenyang pada anak sehingga nafsu makan mereka akan berkurang atau malah si anak tidak mau makan karena merasa sudah kenyang.

Gizi Tak Seimbang

3 ags gizi
gizitinggi.org

Gula yang terdapat di dalam tubuh anak akan diubah menjadi energi. Energi diperlukan anak sebagai tenaga dalam melakukan aktivitas.

Akan tetapi asupan gizi yang dibutuhkan anak tidak hanya energi saja, mereka juga memerlukan protein, zat bezi, vitamin, dan gizi lainnya. Permen juga bisa mempengaruhi pola makan anak, sehingga anak bisa saja kekurangan asupan gizi.

Asupan gizi yang lengkap membuat anak dapat berkembang secara optimal. Maka dari itu sebaiknya anak diberi makanan yang bergizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here