Resep Kue Lapis Khas Surabaya yang Lembut dan Enak Banget

fromfoodism.blogspot.com

Selain dikenal sebagai kota yang melahirkan banyak pahlawan, Surabaya juga dikenal dengan kekayaan kulinernya. Tapi kali ini kita nggak lagi ngebahas rawon dan rujak cingur lho, tapi ada jajanan spesial.

Ada satu jajanan yang biasanya sangat cocok dijadikan oleh saat berkunjung ke Surabaya, yaitu kue lapis atau bahasa ngetrennya disebut spikoe. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang begitu enak.

Ciri-ciri paling mencolok kue ini terdiri dari tiga lapis, dengan dua warna lapisan kuning yang mengapit warna coklat. Buat kamu yang ingin meramu sendiri kue lapis Surabaya di dapur rumahmu, telah kita siapkan resep mudah membuat lapis Surabaya.

Resep Membuat Kue Lapis Surabaya

Bahan Bagian Coklat:

  • Tepung Terigu yang mempunyai kadar protein sedang sebanyak 30 gram. Untuk merek silahkan di pilih sesuai selera.
  • Coklat bubuk sebanyak 20 gram. Untuk mereknya silahkan disesuaikan dengan selera.
  • Gula pasir yang berwarna putih (jangan pakai yang berwarna kuning atau kecoklatan) sebanyak 125 gram.
  • Margarin sebanyak 125 gram. Merek bebas sesuai selera.
  • Susu kental manis sebanyak 1 sendok besar atau sendok makan. Pakai yang biasanya di pakai penjual es buah karena lebih kental dan manis.
  • Telur ayam sebanyak 13 pcs. pecahkan dan ambil kuning telurnya saja untuk bahan.
  • Susu bubuk sebanyak 10 gram.
  • Pengembang kue atau emulsifier kue sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh. Bisa dibeli di toko toko bahan kue terdekat.

Bahan Bagian Kuning:

  • Tepung Terigu protein sedang yang digunakan lebih banyak daripada bagian coklat, yaitu sebanyak 40 gram.
  • Gula pasir yang berwarna putih (jangan pakai yang berwarna kuning atau kecoklatan) sebanyak 100 gram.
  • Tepung maizena sebanyak 15 gram.
  • Margarin sebanyak 125 gram. Merek bebas sesuai selera.
  • Telur Ayam ukuran sedang sebanyak 12 butir. Pecahkan dan ambil bagian kuning telurnya saja.
  • Susu kental manis sebanyak 1 sendok besar/sendok makan.
  • Pengembang kue sebanyak  1 sendok teh.
  • Susu bubuk sebanyak 10 gram.

Cara Membuat:

Pertama tama kita buat bagian kuningnya dulu. Ambil wadah cukup besar dan masukkan 12 butir kuning telur dan 100 gram gula pasir dan 1 sendok teh pengembang kuenya. Kocok atau mixer sampai mengembang.

youtube.com
youtube.com

Campur dan ayak tepung terigu protein sedang, susu bubuk dan 15 gram tepung maizena. Masukkan campuran tepung dan susu bubuk ke dalam adonan pertama. Kocok kembali sampai mengembang.

Ambil satu wadah lagi. Masukkan 125 gram margarin dan 1 sendok susu kental manisnya. Campur dan kocok sampai semua bahan tercampur sempurna.

youtube.com
youtube.com

Masukkan adonan dari wadah ke dua sedikit demi sedikit ke dalam adonan wadah pertama sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk. Lakukan sampai campuran margarin dan susu kentalnya habis dan tercampur dengan sempurna.

youtube.com
youtube.com

Cara membuat bagian coklatnya sebenarnya hampir sama. Hanya tinggal menambahkan coklat bubuknya ke dalam campuran bahan tepung di langkah kedua.

Panaskan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu kurang lebih 190 derajat celsius.

Ambil loyang. Olesi dengan sedikit margarin dan beri kertas roti di atasnya. Masukkan adonan per bagian ke dalam oven sampai matang luar dan dalam selama kurang lebih 20 menit. Ulangi proses untuk semua lapisan roti.

youtube.com
youtube.com

Ambil satu lapisan kuning dan coklat. Olesi lapisan kuning atas dengan selain stroberi yang kental. Tempel bagian coklat dan tekan. Olesi lagi bagian atas lapisan kue lapis coklatnya dengan selai stroberi.

youtube.com
youtube.com

Tempelkan dengan bagian kuning yang baru dan tekan lagi sampai padat. Kalau perlu, potong bagian pinggiran kue lapis Surabaya biar tampak rapi.

Selesai! Memang membuat kue lapis Surabaya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Paling mudah dan seru kalau mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut membantu membuatnya.

youtube.com
youtube.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here