Inilah Resep Bubur Sumsum Turunan Nenek Moyang Kita

noble-house.tk

Bubur sumsum merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari Indonesia, khususnya dari daerah Jawa. Sebenarnya tidak hanya di Pulau Jawa saja ada makanan seperti ini, di daerah lain pun ada, namun dengan nama dan sedikit variasi.

Jika kita mendengar nama bubur sumsum, maka yang terlintas di kepala kita adalah rasa gurih dari buburnya yang sangat lembut dab rasa manis dan harum dari gula yang ditambahkan di dalamnya.

kiresep.com
kiresep.com

Oiya, bubur sumsum pun makin ke sini makin banyak inovasinya, terutama pada penambahan bahan ke dalam larutan gula merahnya. Ada yang menambahkan potongan buah nangka supaya lebih harum, ada juga yang menambahkan candil ke dalam kuahnya.

Apapun inovasi dari bubur sumsum ini, yang pasti rasa bubur sumsum tetap lezat dan tetap memiliki penggemar yang selalu rindu untuk menikmati bubur sumsum dari waktu ke waktu.

stuffpoint.com
stuffpoint.com

Namun, semakin banyak jenis makanan yang beredar di pasaran, maka kita sekarang agak sulit untuk membeli bubur sumsum ini. Tapi buat kamu yang benar-benar menyukai bubur ini, maka tidak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah.

Membuat bubur sumsum sendiri mudah kok caranya! Supaya kamu bisa membuatnya sendiri, ada baiknya kamu lihat resep bubur sumsum turunan nenek moyang kita berikut ini.

1Bahan Membuat Bubur Sumsum

halloriau.com

Seperti biasa, sebelum kita membuat masakan apapun, yang perlu kita persiapkan adalah bahan-bahannya. Untuk membuat bubur sumsum, kita hanya perlu menyediakan tepung beras halus, daun pandan, santan, dan garam.

berrykitchen.com
berrykitchen.com

Selain itu, untuk kuah bubur sumsumnya, kita perlu menyiapkan air, gula merah, daun pandan, dan kayu manis, itu pun kalau kamu suka ya. Jika kamu nggak suka aroma kayu manis, kamu bisa menggantinya dengan potongan buah nangka.

2Cara Membuat Bubur Sumsum

primaradio.co.id

Untuk mendapatkan bubur sumsum dengan hasil yang legit, maka langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencampurkan garam dan santan di dalam sebuah panci.

Panaskan santan dan garam tadi dengan api kecil serta jangan lupa diaduk. Agar bubur sumsumnya wangi, maka tambahkanlah potongan daun pandan. Baru kemudian masukkan tepung berasnya, sambil tetap diaduk.

Kalau ingin bubur sumsum dengan kualitas yang baik, sebaiknya kita menggunakan tepung beras yang masih fresh atau yang baru saja digiling. Namun kalau sulit mendapatkannya, maka kita bisa gunakan tepung beras kemasan.

indonesian-medan-food.blogspot.com
indonesian-medan-food.blogspot.com

Saat memasukkan tepung beras, maka kamu perlu memasukkannya secara perlahan-lahan dengan takaran sedikit-sedikit. Hal ini dilakukan agar bubur sumsum yang kita buat tidak menggumpal.

Saat membuat bubur sumsum, kamu tidak boleh berhenti mengaduk. Jika kamu berhenti mengaduk dikhawatirkan bubur sumsum akan menggumpal atau gosong di bagian bawahnya. Tetaplah mengaduk sampai bubur mengental dan matang.

Jika bubur sumsum sudah matang maka kamu bisa menyisihkannya untuk sementara. Lalu setelah itu kamu perlu bersiap membuat kuah gula merahnya. Tentunya dengan membuatnya dari bahan yang sudah disiapkan.

Untuk membuat kuah gula merah, kamu cukup mencampurkan air, gula merah, daun pandan, dan kayu manis jika suka. Kemudian bahan-bahan itu dipanaskan. Selama proses memasak kuah gula merah ini, kamu pun perlu terus mengaduknya.

Hal ini dilakukan agar kuahnya tidak gosong sehingga berasa pahit. Jika gula merah sudah larut sempurna dan air sudah mendidih, maka kamu bisa mengangkat dan mendinginkannya.

Setelah dingin, kamu bisa menyaring kuah gula merah tersebut, agar didapat kuah gula merah yang bersih. Nah, setelah itu, maka kuah gula merah bisa kita siramkan ke bubur sumsumnya deh. Bubur sumsum pun siap disantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here