Pria Botak Rentan Kanker Prostat

mencegahpenyakit.com

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengalami kebotakan dikaitkan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker prostat. Studi terbaru menemukan ada kaitan antara kebotakan dengan dugaan meningkatkan kematian karena kanker tersebut. Penelitian ini dipresentasikan pada American Association for Cancer Research meeting di Philadelphia.

Peneliti menganalisa informasi kesehatan dari sekitar 4.000 pria yang sebagiannya mengalami masalah rambut dan berusia 25-74 tahun. Mereka diketahui memiliki rambut tidak botak, botak ringan, botak sedang, dan botak berat. Dari pengamatan tersebut ditemukan, pria yang kebotakan dalam tingkatan apa pun diketahui 56 persen lebih mungkin untuk meninggal karena karena kanker prostat untuk periode hingga 21 tahun ke depannya.

Ini berbeda dengan pria yang tidak mengalami kebotakan. Selain itu, pria yang punya botak tingkat parah memiliki 83 persen kemungkinan wafat karena kanker prostat ketimba pria yang tidak mengalami kebotakan.

Temuan ini diduga terjadi karena adanya proses biologis yang berkaitan antara botak dengan kanker prostat. Kemungkinan hal ini dipengaruhi peningkatan kadar hormon seperti testosteron dalam tubuh pria. Hormon tersebut dalam kondisi yang tinggi dalam tubuh dapat memicu kebotakan, namun juga memengaruhi pertumbuhan sel kanker prostat.

Sumber: Gulalives.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here