Inilah Potensi dan Karya Terbaik Anak Bangsa yang Disia-Siakan

setenpo.com

Ide kreatif yang menghasilkan sebuah karya seharusnya diapresiasi dan dibanggakan, karena namanya ide kreatif tidak semua orang bisa memunculkan. Sekalipun banyak berjuta manusia, tetaplah ide belum tentu lahir.

Mungkin hal ini tidak berlaku di Indonesia, negara yang mempunyai banyak penduduknya ini bisa juga diartikan belum siap menerima hasil karya anak bangsa sendiri.

Kalau jaman dahulu sudah jelas, seorang bapak  Habibie yang bisa membuat pesawat, justru lebih banyak berkiprah di luar negeri. Dan  di era sekarang mulai lah muncul habibie-habibie baru, yang memunculkan karya terbaik  mereka.

Sayang beribu sayang, mereka yang seharusnya bisa bermanfaat bagi indonesia, justru bernasib sama dengan bapak habibie, mereka  dihargai dan dipinang oleh negara lain.

1Arfian Fuadi dan Arif Kurniawan

anakunand.com

Mereka adalah kakak beradik yang cerdas, cuma berijazah SMK, namun mereka mampu menguasai 3D design engineering.  Entah apa angin apa yang membuat mereka banyak mendapat job yang justru dari luar negeri.

Mungkin ini disebabkan karena mereka memang gagal berkiprah di bangsa sendiri, hanya karena bermodal berijazah SMK. Kalau dipikir begini, kerja di Indonesia ternyata gampang, Cuma butuh ijazah tanpa harus ada keahlian.

2Ricky Elson

indonesiabetter.com

Ricky merupakan salah satu anak bangsa yang mempunyai potensi luar biasa, ia mampu membuat mobil listrik yang dulu pernah dicoba oleh Bapak Dahlan Iskan. Mobil listrik ini belum ada satupun yang menyamai.

Tapi sangat disayangkan, mobil listrik buatan ricky tidak lulus uji emisi dan parahnya ricky sang pembuat mobil justru diperebutkan Jepang dan akhirnya dipinang oleh negeri tetangga, Malaysia.

3Kusni

setenpo.com

Kusni merupakan perakit televisi yang berasal dari Kota Karanganyar, Jawa Tengah.  Uniknya Kusni hanya tamatan Sekolah Dasar. Kusni berhasil merakit televisi ala kusni sendiri dan kualitasnya tidak kalah dengan televisi yang di jual di pasaran.

Sayang disayangkan, televisi kusni justru dimusnahkan oleh birokrasi pemerintahan hanya karena tidak mempunyai SNI. Peraturan negara  seperti itu ternyata bisa atau justru mematikan kreatifitas anak bangsa sendiri.

4Edy Cahyono

entertainment.kompas.com

Merupakan sang kreatif pembuat Film, hal ini sudah dibuktikan dia ketika membuat film “SITI”. Film tersebut menjadi film terbaik FFI dan banyak mendapat penghargaan di berbagai ajang.

Sayang, di Indonesis film itu tidak dapat di putar karena tidak lulus sensor.

5Muhammad Nurhuda

bintang.com

Bapak satu ini berhasil membuat kompor biomassa, kompor yang hemat energi. Kompor buatan beliau sangat sepi peminta di negeri sendiri dan tidak di expose oleh pemerintah.

Tapi memang sebuah karya itu berimbal balik pada rizki, kompor biomassa ini justru sudah banyak diproduksi dan dipasarkan di luar negeri serta menjadi kompor yang recomended di negara Norwegia.

Kelima nama diatas hanya beberapa nama anak terbaik bangsa  yang sudah di kenal, mungkin banyak sekali di sana yang belum dikenal.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak ketinggalan sumber daya manusianya, hanya saja peraturan yang justru menyusahkan.

Kalau kamu termasuk orang yang ingin berkarya, teruslah berkarya guys! jangan mikir diakui atau tidak, yang penting sekecil apapun karya, pasti akan bermanfaat bagi bangsa. Semangat !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here