Uniknya Melihat Kucing Bersama Imam dan Jama’ah Masjid di Instabul Turki Ini

boredpanda.com

Beberpa waktu ini, tersebar di media sosial tentang Masjid yang ada di Kota Instanbul Turki. Masjid yang bernama Masjid Aziz Mahmud Diayi ini bukan hanya didatangi oleh para Jama’ah manusia yang akan melaksanakan ibadah, tetapi juga para kucing!

Mungkin yang baru pertama kali masuk akan terheran-heran. Kok bisa masjid bisa menjadi seperti rumah kucing, dengan kucing yang begitu banyak. Ya, kucing liar ini tentu tidak bisa masuk tanpa seizin sang Imam Masjid.

Sang imam masjid yang bernama Mustafa Efe punya belas kasih terhadap hewan ini. Saat itu mengetahui kucing-kucing kedinginan ketika musim dingin tiba, sang Imam lalu membukakan pintu dan mengajak kucing untuk menghangatkan diri di dalam masjid.

boredpanda.com
boredpanda.com

Jadilah sekarang Masjid Aziz mahmud Diayi dijuluki sebagai ‘Masjid Kucing’ karena menjadi rumah bagi kucing. Awalnya para jama’ah setempat merasa heran dan mempertanyakan perkara tersebut pada sang Imam.

howtoistanbul.com

Apalagi masjid itu adalah masjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1594 oleh kerabat kekhalifahan Turki, Ayse Hanim Sultan. Namun setelah mendapat penjelasan sang Imam, para jama’ah pun dapat menerimanya.

Bahkan sebenarnya para jama’ah sangat senang dengan keberadaan kucing-kucing lucu tersebut. Mereka bermain dengan anak-anak kucing yang lucu sebelum shalat jama’ah dimulai.

boredpanda.com
boredpanda.com

Imam Mustafa Efe memang sangat populis dikalangan jama’ah, selain karena ketaatan dalam hal ibadah, Imam Mustafa juga dikenal humoris dan sangat ramah.

Karena sang Imam yang punya inisiatif terhadap perkara kucing di masjid, dia pun selalu bertanggung jawab terhadap kebersihan kucing. Agar para jama’ah juga dapat beribadah dengan nyaman walau ada kucing-kucing di sekitarnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Cerita tentang “Masjid Kucing” dan Imam Mustafa mulai tersebar luas ketika ia merekam seekor induk kucing yang membawa satu persatu anak-anaknya ke mimbar masjid, menghindari udara dingin dan bahaya dari pemangsa.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bahkan ada beberapa kucing betina yang melahirkan di dalam masjid, dan mengasuh anak-anaknya di sana. Anak-anak kucing pun menjadi banyak di dalam Masjid Aziz Mahmud Diayi ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kalau ditilik dari sejarahnya, hubungan penduduk Instanbul dengan kucing memang punya akar tradisi yang kuat.

Jangan heran jika di Instanbul begitu banyak populasi kucing. Dan hebatnya semua kucing disana tidak ada yang kurus-kurus karena selalu diberi makan oleh penduduk setempat

boredpanda.com
boredpanda.com

Kalau kamu mengunjungi kota di Turki ini, kamu akan begitu mudah menemui kucing yang bertebaran di banyak jalan, terutama jalan yang diberi nama street cat.

Kepedulian akan kucing ini sudah mengakar lama hingga sekarang menjadi tradisi. Ceritanya, zaman dulu ada seorang qadi (wali hukum) di zaman Sultan Mamluk al-Zahir Baybars.

Qadi tersebut membuat aturan bahwa kawasan yang sekarang diberi nama high court harus menjadi tempat istimewa bagi para kucing. Kucing yang berada di sana harus terpenuhi semua kebutuhannya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Benar-benar cerita yang menunjukkan Islam sebagai Rahmatan lil alamin ya. Mungkin karena mereka ini terinspirasi pada sejarah Islam, yakni kisah-kisah Nabi Muhammad SAW yang sayang terhadap kucing.

Bahkan ada sahabat besar yang banyak meriwayatkan hadits dijuluki dengan nama Abu Hurairah (bapaknya para kucing), saking sayangnya beliau dengan kucing-kucing saat itu.

boredpanda.com
boredpanda.com

Ternyata selain karena penyanyang kucing, Imam Mustafa juga menjadikan kucing sebagai media dakwah. Dia mengajak orang-orang untuk datang ke masjid dan bermain bersama kucing, kemudian diajak salat ketika adzan tiba.

“Datanglah ke masjid lebih awal, untuk bertemu teman kita yang lucu” begitu ajakan sang Imam di salah satu postingannya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kini bahkan keunikan Masjid Aziz Mahmud Diayi ini juga mengundang minat para turis. Turis yang sedang liburan ke Istanbul, banyak yang mampir ke Masjid Aziz Mahmut Hudayi untuk beribadah dan bertemu dengan banyak kucing yang menggemaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here