7 Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

blog.tokopedia.com

Sekarang banyak jenis pekerjaan yang mengharuskan para pekerjanya berkutat dengan layar komputer atau laptop dalam waktu lama.

Tidak cuma pekerjaan, tapi banyak juga yang berlama-lama di depan layar komputer atau laptop karena sedang menyelesaikan tugas sekolah atau sekadar bermain game.

Pokoknya, kalau sudah berurusan dengan laptop atau komputer, kamu pasti betah dan sulit untuk melepaskannya. Bahkan sampai lupa makan, mandi, dan yang lainnya. Hayoo ngaku!

Tapi tunggu dulu. Ternyata, penggunaan komputer yang terlalu lama bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata lho.

Kamu bisa mengidap Computer Vision Syndrome (CVS) yakni suatu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Selain itu, dampak yang muncul yaitu gangguan pada bagian tubuh lainnya.

Apa saja gangguan kesehatan tersebut?

1Mata

gayahidup99.blogspot.com

Masalah pada mata memang menjadi hal yang umum menimpa para pengguna komputer. Pada saat di depan layar komputer, kita cenderung jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata jadi cepat kering.

Nah, mata kering inilah yang dapat mengganggu kesehatan dan menurunkan tingkat penglihatan.

Syaraf mata juga menjadi lebih tegang, sehingga mata cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan layar monitor juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Maka, pada saat bekerja di depan komputer, sesuaikan dulu tingkat kecerahan layar komputer agar tidak terlalu terang.

Istirahatkan juga matamu sejenak dengan sering berkedip atau dengan mengalihkan pandangan pada objek lain.

2Garis Halus pada Wajah

emjeshop.com

Apakah kamu pernah menyadari saat berhadapan dengan layar komputer, terkadang wajah terlalu serius sampai mengernyitkan dahi atau memicingkan mata?

Nah, ternyata ekspresi serius tersebut bisa memunculkan garis – garis halus pada wajah terutama di area sekitar mata dan antara kedua alis. Inilah yang menyebabkan seseorang dengan intensitas tinggi di depan laptop akan terlihat lebih tua.

3Sakit Punggung

awaykeren.com

Sakit punggun terjadi karena terlalu lama duduk diam pada posisi yang sama atau bahkan sampai menunduk ke arah monitor.

Posisi duduk yang buruk tersebut mempengaruhi kesehatan punggung, bahkan yang lebih parah jika terbiasa duduk dengan cara seperti itu, bisa membuat tubuh bungkuk.

4Sakit Leher

awaykeren.com

Posisi duduk yang tidak benar, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi posisi leher. Terkadang, saat di depan pc atau laptop, leher cenderung menekuk.

Nah, posisi leher seperti inilah yang akan menyebabkan leher menjadi kaku. Kamu tidak boleh menganggap remeh karena jika dibiarkan terus menerus, bisa mengakibatkan sakit leher kronis.

5Sakit Kepala

carauntuk-terbaru.blogspot.com

Pernah mengalami pusing atau sakit kepala saat terlalu lama di depan laptop? Itu bisa saja disebabkan karena cahaya fluorescent yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang.

Nah, pancaran cahaya dari layar perangkat lunak inilah yang menyebabkan rasa sakit pada kepalamu.

6Jari Mati Rasa

de.wikihow.com

Jika jarimu sering kaku atau mati rasa ketika mengoperasikan laptop, maka hal tersebut juga merupakan salah satu dampak negatif yang muncul.

Meski efeknya tidak terlalu buruk, tapi jika didiamkan terus menerus bisa menyebabkan munculnya penyakit baru yang lebih buruk.

7Berat Badan Naik

dietherba.wordpress.com

Terlalu lama beraktivitas di depan komputer adalah salah satu faktor yang menyebabkan timbangan badanmu semakin bertambah.

Menurut para ahli, orang-orang yang sering duduk di depan komputer memiliki pinggang yang lebih besar dan tingkat kolesterol yang lebih tinggi. Maka, jangan lupa berolah raga ya.

Maka, bagi kamu yang hobi atau harus bekerja setiap hari di depan komputer, perhatikan cara penggunaan komputer yang baik dan benar agar tidak berakibat buruk pada tubuhmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here