6 Manfaat Rahasia Tomat untuk Kesehatanmu

assets.kompas.com

Tomat pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Tumbuhan yang masih berkerabat dengan terong, kentang dan paprika ini termasuk dalam kategori buah. Hal ini dapat dilihat dari strukturnya yang berupa daging dan biji yang aman ketika dikonsumsi.

Namun hingga saat ini, masih ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa tomat masuk dalam kategori sayuran. Barngkali karena tomat sering digunakan sebagai campuran lalapan sayur.

Buah tomat sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia yang sudah lama dibudidayakan. Kandungan dalam buah tomat terbanyak adalah Vitamin C dan air. Apabila keduanya masuk dalam tubuh, akan banyak manfaat yang dapat kamu peroleh seperti berikut ini.

1Mengurangi Kadar Lemak Penyebab Kegemukan

info-kes.com

Lemak dalam tubuh dapat menjadi salah satu pemicu penyakit darah tinggi dan meningkatkan berat badan. Mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh dibutuhkan kerja keras seperti olahraga rutin dan diet makan.

Apabila kamu sudah banyak melakukan kegiatan olahraga yang berat namun tidak juga turun berat badanmu. Cobalah untuk mengkonsumsi tomat segar secara rutin. Tomat tidak mengandung lemak sama sekali. Di dalamnya justru banyak mengandung protein, karbohidrat dan kalori bagi tubuh.

Ketiganya berperan penting dalam mengembalikan berat badan menjadi ideal kembali seperti keinginanmu selama ini.

2Membentuk Otot

l-men.com

Bagi kamu yang bertubuh kurus nan krempeng, mungkin merasa kurang percaya diri dengan keadaanmu sekarang ini. Dan untuk mendapatkan berat tubuh ideal dengan otot yang menawan juga dibutuhkan waktu dan modal yang tidak sedikit.

Namun bagi kamu yang sudah yakin seratus persen untuk merubah kondisimu saat ini, memang harus segera memulai untuk melatih tubuh dengan olahraga angkat beban dan istirahat yang cukup.

Saat istirahat itu, otot yang rusak akibat angkat beban akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Salah satu unsur yang mendukung penyusunan kembali otot yang sudah rusak agar cepat terbentuk kembali dengan bentuk yang lebih baik adalah asupan yang kamu konsumsi.

Tomat yang mengandung banyak protein di dalamnya bisa kamu masukkan menjadi menu utama yang kamu konsumsi sehari-harinya. Konsumsilah tomat sebelum dan setelah latihan. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai bentuk menu masakan.

3Mencegah Kanker

lovelearnandshare.wordpress.com

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah tomat dapat membantu mencegah penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru. Pernyataan ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dimuat dalam Journal of the National Cancer Institute.

Dikatakan bahwa mengkonsumsi tomat dapat menurunkan resiko kanker. Terdapat 72 penelitian dimana 52 penelitian diantaranya menyatakan bahwa mengkonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat dan cukup bisa mengurangi resiko kanker pada pankreas, payudara, usus besar dan mulut rahim.

4Penangkal Radikal Bebas

yourfabulousmama.net

Senyawa flavonoid dan zea-xanthin yang banyak terkandung dalam tomat dipercaya oleh para ahli medis dan spesialis kesehatan sebagai penangkal radikal bebas. Kedua senyawa tersebut masuk dalam kategori zat antioksidan.

5Menjaga Gigi dan Tulang Tetap Kuat dan Sehat

cindyyvalenciaa.blogspot.com

Tomat juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk pemeliharaan tulang agar tidak mudah keropos. Selain itu juga berfungsi menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, keberadaan kalsium sangat dibutuhkan agar terbentuk secara sempurna.

6Menjaga Kesehatan Mata

cara-hidupsehat.com

Bagi kamu yang menderita mata minus, mungkin pernah mendapat saran untuk banyak mengkonsumsi buah tomat agar tidak bertambah minusnya. Sebabnya tomat memiliki kandungan Vitamin A yang banyak. Selain itu, terdapat nutrisi seperti niacin, thiamin dan asam folat.

Semua kandungan itu berkolaborasi dalam tubuh untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here