sumber media.iyaa.com

Makanan Halal dan List Resto Halal Di Korea Selatan

Posted on

Korea Selatan memang merupakan destinasi wisata yang layak dikunjungi. Daya tarik alam dan budayanya membuat korea menjadi favorit bagi turis asal Indonesia. Namun yang mengganjal adalah masalah makanan halal yang memang belum jamak di korsewl.

Beberapa muslim Indonesia yang pergi ke Korea Selatan bahkan membawa persediaan makanannya sendiri untuk di konsumsi di sana. Agak repot memang, tapi menurut mereka, hal tersebut merupakan jalan keluar satu–satunya berkaitan dengan makanan halal ini.

Masalah lain yang menjadikan langkanya makanan halal ini adalah kita tidak punya informasi yang cukup mengenai makanan halal di Korea ini. jikapun ada terkadang kebanyakan informasinya ditulis dalam bahasa Korean. Korea Selatan memang masih tertinggal dari Jepang misalnya dalam soal pengembangan wisata halal.

Baca juga Makanan Halal Bagi Pelancong Ke Taiwan

Dan ini menjadi kesulitan tersendiri. Bagi anda yang hendak berkunjung ke Korea Selatan atau hanya ingin tahu saja mengenai makanan–makanan apa saja yang termasuk halal di Korea Selatan, berikut ini daftarnya dikutip dari tempatwisataunik.com dan beberapa sumber lainnya.

Kebab

Kebab memang merupakan makanan asli khas Korea Selatan. Namun jika anda sedang berada di negeri ginseng dan tidak menemukan makanan Korea yang halal, kebab dapat menjadi alternative pengganjal perut. Rasanya juga tidak kalah enak.

Kebab bahan dasarnya ini daging. Dagingnya bisa berupa daging sapi atau daging domba. Tapi jangan khawatir, daging yang digunakan bukan daging yang haram.

Ini karena biasanya kebab ini adalah menu yang disajikan di restoran – restoran Turki yang memang berlabel halal.

Anda dapat menikmati kebab Turki ini di daerah Islamic Street, di sana ada restoran dengan nama ‘Salam’. Restoran ini dibuka setiap hari. Jam operasinya pada pukul 12 siang hingga pukul 10 malam.

Ayam Tandoori

Ayam tandoori juga merupakan menu yang tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Ayam tandoori atau juga sering disebut Tandoori Murgh adalah makanan khas dari India.

Bahan utama dari tandoori murgh adalah ayam yang dipadu padankan dengan beberapa bumbu dan juga campuran yogurt.

Jangan khawatir, ayam tandoori yang disajikan di restoran ini adalah makanan yang halal. Di restoran India bernama Wazwan yang letaknya berseberangan dengan Masjid pusat di Seoul.

Restoran India tersebut memang khusus menyajikan makanan – makanan halal dan cocok untuk para pelancong muslim yang memang diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlabel halal.

Naan

Naan juga sangat direkomendasikan bagi muslim yang sedang berada di Korea Selatan. Naan ini merupakan sejenis roti yang dibuat dengan campuran roti dan dipanggang di dalam oven.

Sebenarnya naan ini biasa disajikan sebagai teman bersantap bersama ayam tandoori. Naan ini juga biasa digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat India.

Bahan utamanya tentu tidak melibatkan daging – dagingan. Hanya tepung terigu serta ragi yang dicampur.

Naan juga bisa ditemukan di restoran Wazwan. Tentu tidak ada salahnya memakan makanan India di negeri Korea. Bahkan ini bisa jadi akan menambah pengalaman kuliner anda.

Biryani

Biryani adalah makanan khas India yang kelezatannya di akui oleh dunia. Bila anda belum sempat ke India dan sedang berada di Korea Selatan, anda bisa menikmati makanan yang sangat lezat satu ini meski di korea.

Bahan utama dari biryani ini adalah nasi khas India yang olah dengan bumbu khusus khas untuk biryani. Disajikan dengan olahan ayam atau daging lainnya seeta bahan pelengkap seperti tambahan sayuran dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati masakan yang lezat ini di restoran Wazwan yang berada di Seoul atau di Taj palace jika anda berada di Itaewon atau Yongsan.

Bibimbap

 

Datang ke Korea Selatan tapi tidak memakan makanan khas Korea Selatan tentu tidak lengkap rasanya. Nah, bibimbap adalah makanan khas dari Korea yang berisi campuran daging dan sayuran.

Sayuran yang digunakan untuk menu bibimbap ini sangat beragam, seperti jamur, timun, taoge, hingga wortel. Untuk mendapatkan bibimbap dengan label halal, anda bisa datang ke restoran Restoran Hanok di Mokmyeoksanbang.

Direstaurant terbebut juga banyak tersedia berbagai masakan khas Korea lainnya berlabel halal dan aman untuk kaum muslim yang tinggal disana maupun turis yang berlibur. Karena makanan ini berisi sayur-mayur segar.

Sup Kacang Pedas

Sup kacang pedas ini merupakan makanan khas Korea lainnya yang dapat para pelancong muslim nikmati ketika berada di Korea Selatan. Tentu dari namanya kita sudah tau, bahan utama dari makanan Korea satu ini adalah kacang yang diberi bumbu sedemikian rupa sehingga menjadi sup dengan rasa yang pedas.

Sup kacang pedas dengan label halal ini bisa anda nikmati di restoran Shabana. Tidak hanya sup kacang pedas khas Korea saja yang bisa anda nikmati, tetapi makanan – makanan untuk vegetarian lainnya dan dijamin halal.

Saengseon Gui

Saengseon Gui adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar ikan, tepatnya ikan makarel. Dalam bahasa Indonesia, saengseon gui ini artinya ikan panggang, namun saat memasak makanan ini ternyata ikan makarel disini tidak dipanggal melainkan digoreng.

Saengseon gui ini merupakan makanan yang khas dari Negara Korea. Patut untuk anda coba, selain halal rasanya juga tidak kalah lezat.

Ikan yang digunakanpun segar, hasil tangkapan nelayan yang langsung di distribusikan di pasar. Oleh karena itu ikan ini tidak akan mengeluarkan bau amis saat di panggang.

Maeuntang

Maeuntang ini juga salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang sangat recommended bagi pelancong muslim. Makanan maeuntang ini yang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa yang pedas.

Makanan ini sangat cocok di musim dingin karena di sajikan di hotplate yang dapat terus menghangatkan makanan meski sedang di konsumsi.

Maeutang menjadi makanan favorite masyarakat korea karena rasa sup yang segar dengan daging ikan yang kenyal semakin menambah nafsu makan saat tubuh terasa beku karena cuaca dingin.

Sundubu Jjgae

Sundubu jjgae merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari tahu dengan kuah dan bumbu yang cukup pedas. Rasa dari sundubu jjgae mungkin akan mudah beradapatasi terhadap lidah kita.

Dan rasanya pun tidak kalah sedapnya dengan makanan – makanan khas Korea lainnya. Selain itu bahan dasarnya yang tidak terdapat daging sangat recommended bagi anda yang sedang mencari makanan halal. Dan sedang melakukan diet karena akan terhindar dari lemak daging dan gi dantikan tahu yang memiliki protein.

Sundubu jjgae ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin, rasanya yang pedas dan kuahnya yang hangat membuat sundubu jjgae menjadi pilihan yang tepat.

Doenjang Jjgae

Doenjang jjgae ini termasuk makanan berkuah yang berisi rebusan sayur dan makanan laut atau seafood. Sayuran yang digunakan pun cukup beragam dan tentu in juga bisa dijadikan sebagai santapan yang sehat.

Jadi, masih bingung mau makan apa di Korea? Makanan Korea yang satu ini dijamin halal kok dan juga sehat. Sangat cocok untuk di nikmati kala musim dingin, untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan saat salju turun.

Tuna kimbab

Tuna kimbab ini adalah makanan sejenis sushi yang berasal dari jepang. Bentuknya juga mirip dengan sushi. Tuna yang digulung dengan sushi ini bisa menjadi hidangan utama makan siang anda.

Rasanya? Jangan ditanya soal rasa, banyak orang yang sudah menjadikan tuna kimbab ini sebagai makanan favorit mereka.

Anda mau coba? Silahkan datang ke Korea Selatan untuk bisa mencicipi rasa otentik dari tuna kimbab ini.

Haemul Pajeon

Haemul pajeon juga adalah makanan khas Korea Selatan yang patut anda coba saat mengunjungi negera tersebut. Makanan khas yang satu ini bentuknya mirip pancake.

Adonannya dicampur dengan bahan makanan laut lalu dibuat seperti pancake. Dari bahan baku yang digunakan, makanan ini memang sangat recommended bagi muslim yang melancong ke negeri ginseng.

Layaknya martabak di Indonesia, Haemul Pajeon menjadi kudapan yang cocok dalam suatu perayaan di Korea. Makanan yang berisi toping gutita maupun cumi ini menjadi makanan yang patut untuk di coba.

Daftar Restoran Halal di Korea Selatan

Bicara makanan, kita bicara juga tentang restoran. Bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan muslim, jika berkunjung ke Korea tentu akan mencari-cari restoran-restoran yang menyediakan makanan-makanan halal.

Teman-teman muslim yang akan berkunjung ke Korea juga tak perlu cemas memikirkan soal restoran halal. Sebab, di Korea sendiri ada banyak restoran yang menyediakan makanan-makanan halal.

Berikut ini adalah beberapa restoran halal yang ada di sejumlah kota-kota besar Korea. Data dan informasi ini di dapat dari buku “Restaurant Guide for Muslim Visitors to Korea” terbitan Korea Tourism Organization.

Wilayah Myeong-Dong/Jongno, Seoul

 

Asia

adalah salah satu restoran yang direkomendasi untuk wisatawan muslim. Restoran ini bergaya Uzbekistan. Menu yang ada disini kebanyakan menggunakan daging domba. Restoran ini berlokasi di Jangchung-dong 2-ga, Jung-gu, Seoul.

myseoulsearching.com

Balwoo Gongyang (Restoran Korea)

Balwoo Gongyang adalah salah satu resto Korea yang terkenal dengan menuvegetariannya. So, semua makanan yang ada di sini adalah halal karena kebanyakan berbahan dasar sayuran. Balwoo Gongyang berlokasi di Gyeonji-dong, Jongno-gu, Seoul.

english.visitkorea.or.kr

Wilayah Hondage/Sinchon, Seoul

Kota ini adalah salah satu distrik di Seoul yang cukup menginspirasi terutama untuk kebebasan anak muda. Di sini banyak terdapat beberapa restoran dengan berbagai macam bentuk budaya, menyatu dengan gaya hidup modern yang mengagumkan. Untuk turis muslim, ada beberapa restoran yang bisa dikunjungi di kawasan Hondage/Sinchon, Seoul ini.

First Nepal (Restoran India)

Merupakan salah satu restoran dengan konsep menu makanan India. Menu makanan yang terkenal di sini ialah Nepalese Dishes, Kari, Tandoori, Salad dan Samosa. Restoran ini pun didukung dengan design interior ala India dengan sentuhan nyaman. Berlokasi di Daehyeon-dong, Seodaemun-gu, Seoul.

TripAdvisor

Iibok (Restoran Korea)

Restoran yang menyajikan menu ikan ini mungkin mampu memberikan sensasi yang berbeda untuk Anda dan keluarga. Iibok terkenal dengan restoran yang mampu menyajikan makan sehat, menu makanan terkenal disini ialah bulgogi (yang dicampur dengan ikan dan sayur) dan tempura ikan. Iibok berlokasi di Seogyo-dong, Mapo-gu,Seoul

 

kesiniaja.com

Wilayah Itaewon, Seoul

Kawasan Itewon, Seoul pun mampu menjadi tujuan berikutnya untuk wisata kuliner halal bagi para wisatawan muslim. Di sini banyak restoran yang menyajikan menu halaldengan berbagai sudut budaya yang berbeda. Berikut adalah deretan restoran halal yang ada di Itewon, Seoul.

Restoran Salam

Restoran Salam terletak di sebelah pusat Seoul di sekitar Masjid Itaewon, sehingga restoran ini acap kali ramai dikunjungi tamu-tamu muslim. Menu yang paling populer dari resto ini adalah Dolma Biber, yaitu paprika diisi dengan domba, beras, dan sayuran, dan Sutlach dengan rasa manis yang kuat. Restoran ini berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

Restoran Salam terletak di sebelah pusat Seoul di sekitar Masjid Itaewon, sehingga restoran ini acap kali ramai dikunjungi tamu-tamu muslim. Menu yang paling populer dari resto ini adalah Dolma Biber, yaitu paprika diisi dengan domba, beras, dan sayuran, dan Sutlach dengan rasa manis yang kuat. Restoran ini berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

sumber discovercity.id

Agra (Restoran India)

Agra merupakan perpaduan restoran India dan China. Restoran ini pun dilengkapi dengan design aksesoris nan cantik yang makin menambah semangat keinganan makan Anda. Jenis makanan yang terkenal disini ialah The Tandoori Chiken dan menu makanan terbuat dari kari. Agra Berlokasi di Itewon 1-dong, Yongsan-gu, Seoul.

sumber onlyitaewon.com

Pulhayanggi (Restoran Korea)

Selanjutnya ada restoran Pulhayanggi yang menyediakan bermacam menu vegetables. Pada umumnya restoran ini menyajikan menu sehat seperti rempah-rempah segar, jamur dan juga tofu. Restoran tersebut berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul.

sumber wattpad.com

Wilayah Gangnam, Seoul

Gangnam merupakan salah satu kawasan trend yang ada di Seoul, melalui serangkaian banyak acara seperti konser musik, exhibition, acara musik tradisional serta banyak lagi, kota ini pun memiliki banyak restoran halal yang wajib Anda coba, di antaranya.

Dal ( restoran India)

Restoran halal berikutnya di Gangnam ialah Dal, yakni restoran India yang menyajikan makanan halal dengan menu yang tersedia berupa kari, ging domba, keju, ayam dan banyak lagi. Restoran tersebut berlokasi di Sinsa-dong, Gangnam-gu, Seoul.

sumber privy.net

Baengnyeonok (Restoran Korea)

Restoran halal yang satu ini terkenal dengan hidangan Tofu. Tofu adalah salah satu makanan tinggi protein. Menu makan yang terkenal di sini di antaranya Jayeonsik sundubu baekban, Dubu jeongol, Bimbimbap dan masih banyak lagi. Restoran ini berlokasi di Seocho3-dog, Seocho-gu, Seoul.

english.visitkorea.or.kr

Cheagundam (Restoran Korea)

Menu yang ada di sini juga menyajikan menu yang berbahan sayuran dengan pilihan menu sayuran tradisional Korea, seperti sayuran organik, jamur, serta makanan yang berbau seafood. Berlokasi di Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul.

Sajian Menu Seafood Dengan Campuran Sayur | Sumber dari tirairana.files.wordpress.com

Wilayah Gyeonggi-Do/Incheon

Kota ini merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan asing dengan banyaknya situs wisata modern hingga soal Kulinernya. Restoran halal yang ada di sini pun sangat berkemabang, berikut ini adalah beberapa restoran yang disediakan untuk wisatawan muslim :

Arabesque ( Restoran Turki )

Restoran halal yang satu ini cukup menjadi restoran asing populer di Incheon, tidak jauh berbeda menu yang ditawarkan seperti hidangan turki lainnya. Dijamin makanan di sini halal 100% bagi wisatawan muslim. Arabesque berlokasi di Inhyeon-dong, Jung-gu, Incheon.

sumber english.visitkorea.or.kr

Loving Hut (Restoran Korea)

Restoran halal ini menyajikan makanan vegetarian namun tidak sama sekali menggunakan MSG/ Penyedap rasa. Berlokasi di Bojeong-dong,Giheung-gu,Yongin, Gyeonggi-do.

sumber bossyuni.drcellreload.com

Bungyeongjeong ( Restoran Korea)

Bungyeongjeong merupakan restoran halal Korea Berikutnya, menu hidangan yang ada di sini terkenal deng menu hidangan (frzen pollack hot pot). Para pengunjung resto bisa memilih sendiri makanan tersebut sesuai dengan keinginannya. Restoran ini berlokasi di Gumi-dong, Bundang-gu, Seongnam, Gyeonggi-do.

sumber

Wilayah Gangwon-Do

Gangwon-Do terkenal dengan panorama pegunungan yang indah. Wisata kulinerGangwon-Do juga tak kalah menarik. Dengan beragam restoran halal yang ada khusus untuk wisatawan muslim dari berbagai negara. Berikut adalah nama-nama restoran halal yang ada di sini:

Buyil Sikdang (Restoran Korea)

Selama kurang lebih 50 tahun restoran ini memberikan servis dan pelayanan yang memuaskan. Anda bisa mencicipi makanan sayuran langsung dari pegunungan serta menu halal lainnya yang tentunya memberikan sensasi kuliner yang berbeda. Restoran ini berlokasi di Hajinbu-ri, Jibun-myeon, Pyeongchang, Gangwon-do.

sumber mangoplate.com

Dongmyeong Saengseon Sutbulgui (Restoran Korea)

Dongmyeong Saengseon Sutbulgui merupakan restoran ikan panggang yang sangat terkenal di Sokcho. Makanan yang menjadi rekomendasi restoran ini adalah s eafood and soybean paste stew. Restoran ini berlokasi di Dongmyeong-dong, Sokcho,Gangwon-do.

sumber

Dubu Maeul (Restoran Korea)

Dubu maeul merupakan restoran halal berikutnya yang wajib dicoba. Menu makanan yang ada di sini menggunakan tofu lembut tradisional khas Korea, dari generasi ke generasi. Lokasi restoran tersebut berada di Unjeong-dong, Gangnung, Gangwon-do.

sumber

Wilayah Busan

Busan adalah salah satu kota yang indah di Korea. Busan berkembang sangat pesat. Soal kuliner, Busan juga tak kalah menarik. Sejumlah restoran halal juga ada di kota ini.

Camapkahd (Restoran Ubzekistan)

Samarkand erupakan salah satu restoran Uzbekistan yang ada di Busan. Terkenal dan memiliki cita rasa lezat dengan sentuhan menu halal. Camapkahd berlokasi di Choryang 2 dong, Dong-gu, Busan.

sumber beautynesia.id

Hajinine (Restoran Korea)

Jika Anda ingin mencicipi sensasi kerang bakar, Hajinine merupakan salah satu restoran yang direkomendasikan. Restoran ini terletak di Jung2-dong , Haeundae-gu, Busan.

sumber media.iyaa.com

info lebih lengkap bisa di lihat di: http://www.muslimholidays.net/restoran-halal-untuk-wisatawan-muslim-di-korea.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *