Ragam Mainan Anak dan Manfaatnya

teropongbisnis.com

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Dalam banyak permainan yang dimainkannya selalu saja ada pelajaran yang bisa diambil oleh anak. Selain itu, bermain pun membantu mengoptimalkan perkembangan anak baik itu aspek fisik, kognitif maupun psikososial.

Dengan begitu pentingnya proses bermain, kita sebagai orang tua perlu memfasilitasi permainan-permainan yang mendukung tumbuh kembangnya di usia tertentu. Jadi berikan mainan yang sesuai dengan usianya.

Selain sesuai dengan usianya, kita pun perlu memilihkan mainan yang memiliki nilai edukasi. Serta mendampingi anak kita saat bermain. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Mungkin yang menjadi pertanyaan, mainan seperti apa sih yang baik untuk anak-anak? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk kita lihat bersama ulasannya!

1Mainan Tentang Aktivitas Sehari-hari

tishashop.blogspot.com

Sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, akan terasa lebih bermakna bagi anak-anak. Kenapa? Karena ia merasakan langsung apa yang dimainkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak lebih menghayati permainan.

Dengan melakukan permainan seperti ini, kita secara tidak langsung telah membantu anak untuk mengembangkan imajinasinya. Misalnya dengan memerankan apa yang dilakukan oleh orang dewasa di dunia nyata, contohnya menjadi dokter atau koki.

2Mainan yang Memerlukan Pemecahan Masalah

officescope.com

Dari sesuatu yang dengan kehidupan anak, sekarang kita beralih ke permainan yang memerlukan pemecahan masalah. Permainan seperti apakah itu?

Permainan yang dimaksud misalnya bermain puzzle atau permainan yang memasukkan benda sesuai bentuk dan warnanya.

Selain bermanfaat untuk melatih anak memecahkan masalah. Permainan seperti ini pun bisa membantu anak meningkatkan konsenterasinya. Terutama saat si anak sudah mulai masuk bangku sekolah.

3Permainan yang Merangsang Kreativitas

youtube.com

Di usia 4 sampai dengan 6 tahun, anak sudah mulai bisa diajak menghasilkan produk. Untuk membangun tingkat percaya dirinya dalam membuat karya, kita bisa membantu merangsang kreativitasnya dengan memberikan permainan yang sesuai.

Kira-kira, permainan apa yang bisa melatih kreativitas anak ya? Kita bisa mengajak anak kita menggambar dan mewarnai, selain itu kita pun bisa memberikan lilin mainan atau tanah liat.

Lilin mainan dan tanah liat ini selain bisa melatih kreativitas anak dalam membentuk sesuatu, namun bisa juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak, sehingga dia akan lebih siap diajarkan menulis.

Bagaimana jika anak-anak belum bisa membentuk sesuatu dari tanah liat atau lilin mainan tersebut? Jika ia belum bisa, maka tugaskan saja anak kita untuk membuat bulatan atau sekedar menekan lilin mainannya. Dengan begitu motorik halusnya juga terasah kok.

4Bermain Bola

uconk.com

Kita bisa menggunakan bola dengan aneka ukuran untuk mengajak anak kita bermain. Bola berukuran keci misalnya, bisa kita gunakan untuk melatih koordinasi tangan anak.

Jika bola yang kita miliki berukuran besar seperti bola sepak, maka kita bisa mengajak anak kita untuk menendangnya. Sehingga kita pun bisa melatih koordinasi kakinya.

Selain itu, kita pun bisa menggunakan bola warna-warni berukuran kecil untuk melatih kategorisasi lho, misalnya saja memisahkan warna, ukuran ke dalam warna, dan ukuran yang sesuai. Wah, banyak kan kegunaan dari bola ini?

5Mainan Anak yang Mengeluarkan Musik

nisadanchicco.com

Jika ada mainan yang bisa mengeluarkan musik, pasti akan menyenangkan untuk dimiliki oleh setiap anak. Kita bisa mengajak anak bergerak sesuai dengan irama musiknya. Sehingga anak bisa melatih koordinasi alat geraknya.

6Buku

id.aliexpress.com

Jika kamu ingin memiliki anak yang gemar membaca, maka budayakanlah membaca buku di rumah. Jika anak belum bisa membaca, perkenalkan saja buku-bukunya ke mereka dan kamu bisa membacakan cerita di dalamnya. Menarik kan!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here