Foto-foto Ini Merupakan Pemenang Photomicrography Competition 2015 yang Diadakan Oleh Nikon

Kita mungkin sangat biasa melihat foto pada umumnya, statis dan diambil dengan teknik apa adanya pun bisa. Tapi apakah kamu pernah melihat foto yang bisa bergerak?

Tidak hanya bergerak saja, tapi yang jadi objek fotonya adalah mikroorganisme. Wah, pasti fotonya luar biasa dong!

Yup, bukan hanya luar biasa, tapi butuh teknik tingkat tinggi sepertinya. Karena butuh teknik khusus dalam memotretnya, maka Nikon pun mengadakan lomba foto bertema “Small World In Motion“.

Memotret mikroorganisme seperti ini ternyata ada namanya lho, namanya photomicrography.

Yang bikin kompetisi ini makin keren karena juri-jurinya adalah ilmuwan dan fotografer profesional. Untuk memilih fotonya saja, mereka sampai melakukan diskusi panel. Berarti lomba ini berkelas sekali ya?

Melihat jurinya seperti ini, jadi makin penasaran fotonya seperti apa. Kamu juga penasaran kan? Yuk langsung kita lihat saja fotonya.

1Foto Pertama

Foto pertama ini adalah foto Ciliata yang termasuk ke dalam golongan protista. Ciliata bisa bergerak menggunakan rambut getar yang kita kenal dengan nama silia. Fotografer yang mengambil gambar Ciliata ini adalah Win Van Egmond.

Win Van Egmond mendapatkan Ciliata ini dari kolam belakang rumah temannya. Iya mulai mengatur posisi kameranya saat ia melihat satu atau dua ciliata sudah mulai kelaparan.

Sehingga, ia bisa mendapatkan gambar Ciliata yang sedang bergerak untuk mendapatkan makanan.

2Foto Kedua

Foto yang kedua ini diambil oleh seorang fotografer bernama Danielle Parsons. Objek yang digunakan dalam foto ini adalah mikroorganisme yang ada di dalam tubuh rayap.

Mikroorganisme inilah yang menghancurkan kayu yang dimakan oleh rayap. Begini rupanya cara mereka menghancurkan kayu.

3Foto Ketiga

Foto ini nyaris bikin geli ya! Foto ulat bulu dengan larva parasit. Terlihat larvanya mengganggu si ulat bulu yang hendak membentuk kepompong.

Begini ternyata tingkah laku hewan-hewan kecil yang ada di sekitar kita. Dengan fotonya yang bergerak foto ini jadi tampak nyata.

4Foto Keempat

Beginilah wujud dari kapsul yang berisi nutrisi dari makanan kita, jika mengeluarkan asam lambung. Seperti menghasilkan gas gitu ya? Pantas saja kalau orang yang asam lambungnya naik, maka banyak gas di dalam lambungnya.

Jadi bagi kamu penderita maag, jangan heran jika maag kamu sedang kambuh, maka diiringi dengan badan yang terasa masuk angin. Ada yang imbasnya badan pada sakit-sakit atau juga sakit kepala sebelah dan keluhan-keluhan yang lain.

5Gambar Kelima

Kamu jangan menyangka gambar yang bergerak-gerak di atas adalah spageti ya, gambar di atas itu sebenarnya merupakan filamen-filamen dari cyanobacteria. Perlu kamu tau, cyanobacteria merupakan alga eukariotik yang dapat menyerap nitrogen di udara.

6Gambar Keenam

Kalau kamu belum tau bentuk penicillium, maka foto di atas menunjukkan rupa dari penicillum. Tapi yang kerennya dari foto di atas, kita bisa melihat bagaimana penicillium berkembang.

Cepat sekali ya perkembangannya? Pantas saja penicillium dijadikan sebagai antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

7Gambar Ketujuh

Mungkin ini adalah gambar paling lucu di antara gambar-gambar yang lain. Karena hewan di foto ini lebih jelas rupanya. Lihatlah betapa hewan ini berjuang keras untuk berenang di air. Tahukah kamu binatang apakah ini?

Bagaimana, foto-fotonya keren-keren ya! Jadi pengen nyoba juga sensasi kamera Nikon nih. Tapi serem juga ya kalau mikroorganisme di sekitar kita jadi pada terlihat. Hii, serem!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here