Lelah Dengan Teman yang Suka Ngutang Tapi Gak Mau Bayar? Hadapi dengan Serangkaian Cara Jitu Berikut

youtube.com

Hidup bersosial bersama masyarakat memang akan membuat kita menemukan beraneka ragam macam orang beserta karakter pembawaannya masing-masing.

Tak hanya orang asing atau yang sekedar kita kenal, bahkan teman, sahabat, dan keluarga sendiri pun akan kita temukan mereka dengan karakter mereka masing-masing.

Tentu ada yang unik dan membuat kita senang berada di dekatnya, namun tak jarang pula ada yang lebih unik lagi sehingga membuat kita jengah berlama-lama berada bersamanya. Hehehe.

Salah satunya adalah sosok teman atau bahkan saudara sendiri yang suka berhutang namun selalu cari seribu satu alasan agar tak mengembalikan uang tersebut kepada kita. Pernah gak sih kamu menemukan orang semacam ini?

Hmm, bagaimana sebenarnya cara menghadapi mereka, dan sedikit membuat mereka jera?

1Pertama, Hindari Percakapan Menyangkut Uang

kiki widyasari wawancara
www.bacatips.com

Jika ada teman atau saudara dengan ‘penyakit tidak mau membayar hutang’ itu datang, selama percakapan yang kalian lakukan masih seputar hal selain uang atau kebutuhan menyangkut uang, tanggapi dengan santai dan baik saja.

Namun jika gelagatnya sudah terlihat mau meminjam uang, dan kamu sudah hafal dengan karakter dan riwayat ‘penyakit’nya tersebut, silahkan ambil cara menghindar.

Bisa dengan kamu pura-pura ada perlu segera pergi atau izin ke kamar mandi kemudian menelepon entah siapa dan seolah sibuk. Hehehe.

Melihat kamu terkesan menghindar, kalau memang temanmu itu masih ada rasa sungkan dia pasti akan mengurungkan niatnya meminjam uang.

2Kedua, Ceritakan Kondisimu Sejujurnya Jika Memang Sedang ‘Menipis’ Juga

www.animeholik.pl

Jika memang kamu sedang tidak punya cukup uang sedangkan kebutuhanmu banyak, kamu jujur saja dan ceritakan hal tersebut saat si teman mau meminjam uang.

Jika dia masih memaksa, kamu bilang saja dan tolak dengan halus bahwa kamu tidak bisa meminjamkan karena memang sedang butuh.

Hal ini bisa juga menjadi pelajaran baginya, agar orang tak kapok menolongnya maka harusnya dia memang tepat waktu juga dalam membayar hutangnya itu. Apalagi jika yang meminjamkan uang memang sedang butuh uangnya kan?

3Ketiga, Nasehati Baik-baik

tylerraiz.wordpress.com

Jika ‘penyakitnya’ sudah semakin keterlaluan, ajak dia bertemu empat mata tanpa ada orang lain atai di tempat umum, dan nasehati perlahan-lahan bahwa apa yang menjadi kebiasaannya itu kurang disukai teman lainnya.

Jika dia memang memiliki hati baik dan berniat baik maka dia akan berusaha merubah diri. Namun jika tidak, hmm…sabar ya? Hehehe.

4Keempat, Jika Sudah Keterlaluan Kamu Menghindar Saja

tylerraiz.wordpress.com

Cara ini mungkin bisa menjadi alternatif terakhir untuk memberi pelajaran kepada teman atau saudara yang memang rada ‘keterlaluan’ tersebut.

Boleh kamu sengaja tidak membalas sms, chat, atau pesannya dalam bentuk apapun. Tak mengangkat teleponnya dan menghindar saat dia mau main ke rumah.

Melihat gelagatmu seperti itu, dia akan sadar bahwa kamu sudah sangat geram dengan sikapnya itu. Jika dia baik maka dia akan berusaha berubah. Namun jika tidak, ya sudah ikhlaskan dan do’akan saja semoga dia taubat.

Hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here