Lakukan Cara Sederhana Ini  Agar Terhindar dari Kata “Bokek” Di Akhir Bulan

Terkadang uang seperti air saja, nyata tapi tidak bisa dipegang lama, bahkan kadang seperti gas yang menguap begitu saja.

Menerima gaji di setiap bulan, masih saja kadang  sering merasa kurang atau mungkin setiap bulannya tanpa ada yang tersisa. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Jika kamu mengalami hal tersebut berarti mungkin kamu tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Memang, kebutuhan tak terduga bisa saja hadir, tapi sebenarnya hal itu bisa disiasati. Apalagi saat akhir bulan rasanya kepala pusing karena kehabisan uang.

Kita bisa mengubah kebiasaan dengan pengeluaran agar terdapat peningkatan dalam keuangan. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa menghindarkanmu dari kata “bokek” di akhir bulan.

Bijak dalam Mengatur Pengeluaran Untuk Makan

makanan sehat kiki widyasari
belajarbarengjapli.blogspot.com

Disadari atau tidak anggaran untuk makan cukup besar, bahkan rata-rata hampir 50 persen pendapatan seseorang dihabiskan untuk keperluan makan.

Bisa kamu amati, mulai dari memberli bahan makanan untuk dimasak sendiri, atau kamu kuliner dan jajan di luar rumah.

Kita sebaiknya dapat mengatur anggaran untuk makan dengan baik. Dengan bersikap bijak dan pandai dalam mengatur pengeluaran untuk belanja, maka dapat menolong dalam peningkatan keuangan.

Menabung

4 nabung
kemandirianfinansial.com

 

Sekecil apapun pendapatan yang kita miliki, sebaiknya kita biasakan untuk menabung. Kita bisa menjadikan menabung sebagai prioritsa utama.

Dengan begitu, maka kita seakan dipaksa untuk membelanjakan uang yang tersisa. Cara tersebut dirasa mampu mengendalikan keuangan sehingga kita bisa memiliki simpanan untuk jangka panjang.

Bayar Hutang yang Ada

4 hutang lunas
www.youtube.com

Yang perlu diingat, berhutang hanya dilakukan pada kebutuhan-kebutuhan yang penting saja, seperti perumahan atau pendidikan.

Jumlah hutang harus disesuaikan pula dengan kemampuan untuk membayarnya. Ketika kita sudah memiliki rejieki lebih jangan tunda untuk segera membayarnya atau segera lunasi cicilan yang ada.

Menjadikan Hobi Sebagai Tambahan Sumber Keuangan

4 hobii
bboycomgrapher.wordpress.com

Jika kamu memiliki hobi yang sekiranya dapat menambah pendapatan, kenpa tidak kamu coba terapkan?

Misalnya kamu hobi menulis, kamu bisa mencoba menjadi freelance writer, atau kamu hobi memotret, kamu bisa menawarkan jasa memotretmu kepada kerabat aatu teman-temanmu.

Lumayan bukan, hal itu bisa kamu jadikan sebagai penambah pundi-pundi penghasilan.

Bekerja Online

4 online
detakbisnis.com

Kita juga bisa memanfaatkan media internet untuk menambah sumber penghasilan. Jadi tidak hanya eksis dalam’ bermain-main’ di media sosial tapi kita juga bisa sambil bekerja.

Misalnya bekerja di onlineshop atau yang lainnya. Kerja online sangat fleksibel dan bisa kamu lakukan di rumah.

Itulah beberapa cara sederhana agar keuangan tetap lancar meski akhir bulan, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here