Lakukan 5 Hal Ini Agar Sukses “Menjual Diri” Saat Tes Wawancara

kerjayuk.com

Apakah kamu saat ini sedang mencari pekerjaan? Menjadi jobseeker atau pencari kerja memang menjadi tantangan yang harus dijalani dengan penuh kesabaran dan pantang menyerah.

Ketika melamar kerja kita menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah itu kita harus menjalani beberapa tes, terutama tes wawancara.

Terkadang tes wawancara bisa menjadi salah satu tes yang berperan sangat signifikan. Sebab dari sanalah kemampuan kita bisa dilihat secara langsung oleh penguji atau pewawancara.

Nah, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat `menjual diri` mu saat wawancara kerja.

Menjual diri dalam hal ini adalah bagaimana kamu menjual kemampuan dan ketrampilan yang kamu miliki saat proses wawancara kerja.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar sukses menjual diri saat wawancara kerja.

1Miliki Rasa Percaya Diri

www.cerdasterpelajar.com

Rasa percaya diri merupakan modal awal yang harus kamu miliki saat wawancara kerja. Kamu harus paham terhadap kemampuan dan keahlian yang ada dalam dirimu.

Miliki Rasa percaya diri terhadap dirimu sendiri. Sehingga kamu bisa meyakinkan kepada perusahaan tentang kemampuan yang kamu miliki.

Jika kamu yakin dan percaya diri pada dirimu sendiri bagaimana orang lain bisa percaya kepadamu? So, yakinlah pada dirimu bahwa kamu mampu.

2Miliki Pengetahuan Luas

papasemar.com

Tidak hanya rasa percaya diri, kamu juga harus memiliki pengetahuan dan wawawsan yang luas. Jika kamu memiliki pengetahuan yang luas maka kamu bisa menunjukkannya ke pihak perusahaan.

Sehingga pengetahuan yang kamu miliki bermanfaat bagi perusahaan. Ide atau wawasan yang ada dalam dirimu bisa menjadi “daya tarik” bagi perusahaan.

3Berpikir Kritis

rodiahaljufri.files.wordpress.com

Saat kamu bersikap kritis, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu mempunyai kemampuan untuk berusaha terus mengembangkan diri.

Dalam proses wawancara kamu dapat menanyakan beberapa hal yang belum kamu pahami. Namun jangan terlalu banyak bertanya sebab akan terlihat bahwa kamu tidak mengetahui apa-apa.

4Bersikap Profesional

wp.jsstatic.com

Dalam dunia kerja sikap ini dapat kamu tunjukkan dengan mengatur gaya bicaramu ketika berinteraksi dengan atasan atau teman kerja.

Nah, saat wawancara kamu bisa jabat tangan dengan pewawancara ketika awal dan akhir proses wawancara.

Tataplah lawan bicaramu dengan tatapan fokus penuh keyakinan.

5Bersikap Positif

www.anakui.com

Memiliki sikap yang positif akan membuatmu lebih mudah diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Sebab hal tersebut dapat membantumu untuk lebih dihargai di perusahaan itu.

Semoga hal di atas bermanfaat agar kamu sukses dalam proses wawancara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here