Inilah Kerajinan dan Kreasi dari Botol Bekas yang Unik dan Cantik

model-interior.com

Hai guys di manapun kamu berada pastinya sudah kenal banget dengan namanya botol minuman atau botol apapun, botol ini biasanya setelah dipakai dibuang begitu saja, atau paling tidak di kumpulin trus dijual ke tukang rosok.

Duh sayang banget ya, ternyata dari botol bekas bisa jadi barang-barang unik dan cantik lho, kalau kita mau berpikir atau cari referensi tentang pengolahan botol bekas, pasti dech akan kita temukan banyak sekali kreasi-kreasi dari botol bekas.

Ada yang dibentuk hiasan, vas, wadah handphone dan lain sebagainya, yang tentunya semua itu bermanfaat lagi bagi kita, selain itu kalau bernilai seni tinggi juga akan laku dijual lho, bahkan banyak orang yang nyari kerajinan dari botol bekas.

Yuuk sama-sama kita simak kreasi-kreasi dari kerajinan tangan dari botol bekas

1Membuat Wadah Handphone

www.youtube.com

Siapkan Dulu Peralatannya

Pertama-tama yang harus kamu siapkan dulu adalah peralatan dalam membuat kerajinan tangan cantik ini. Alat-alat ini nantinya yang akan membantumu membuat tempat ponsel yang cantik. Peralatan tersebut adalah gunting, cutter, spidol, dan double tape (selotip ganda).

Jangan Lupa Siapkan Bahan-bahannya

Nah, setelah alat-alat siap, yang perlu kamu lengkapi selanjutnya adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan. Tentunya adalah botol shampo bekas dan ditambah dengan kertas kado cantik sesuai seleramu.

Buatlah Pola Bentuk Wadah yang Kamu Inginkan

Setelah peralatan dan bahan siap, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan kreasi terhadap calon tempat ponselmu.Gambar dulu pola atau model tempat ponsel yang kamu inginkan di botol bekas yang sudah kamu buang kertas atau pembungkus merknya.

Setelah terbuat sebuah pola, ambil cutter dan potong sesuai pola yang kamu buat dengan cutter tersebut.Pelan-pelan dan teliti, jangan sampai salah pola atau tanganmu terkena ben da tajam tersebut.

Buat Tempat Gantungan Wadah

Jika kamu ingin menggantungkan wadah tersebut ke tembok dengan perantara paku atau alat gantung lainnya, buatlah lubang di bagian ujung dari calon wadah ponselmu tersebut.

Sesuaikan wadah tempat gantungan itu dengan penggantung yang akan menahannya. Misal jika memang akan kamu gantung ke paku, sesuaikan dengan ukuran paku yang biasanya dijadikan penggantung.

Atau jika ingin digantungkan ke kaca, kamu tak perlu membuat lubang, cukup menempelkan ke kaca dengan lem yang kuat agar tak mudah jatuh. Jika kamu ingin menggantungkannya dengan tali, buatlah lubang yang agak besar, agar lebih fleksibel dengan model tali bagaimanapun.

Nah, setelah semua selesai, sekarang ambil kertas kado. Atau jika memang dari awal kamu lebih menyukai kain flannel daripada kertas kado, maka kamu juga bisa menjadikannya pembungkus wadah ponselmu.

Bungkus dengan rapi menggunakan double tape atau lem yang memang khusus mampu merekatkan bahan pembungkus ke botol yang terbuat dari plastik tersebut. Kreasikan sesuai dengan keinginanmu, jika memang kamu ingin menambahkan hiasan maniK-manik atau pita, kamu juga bisa menambahkannya.

Dan inilah hasil karyamu, sebuah wadah ponsel cantik yang akan membuatmu ingat dimana ponselmu berada. Selain bisa menjadi koleksi pribadi, wadah ponsel ini bisa kamu jadikan sumber penghasilan jika kamu sanggup membuatnya dalam jumlah banyak. Dan juga bisa kamu jadikan kado bagi sahabat tersayangmu.

2Hiasan Botol Bekas

caricaraampuh.com

Guys pastinya ya kita akan terpesona dengan keahlian tangan menyulap botol bekas di atas menjadi hiasan super cantik. Secara cuma dari botol bekas lho, tentu tidak hanya cantik tapi juga bernilai rupiah.

Botol tersebut digambar atau lebih tepatnya dibentuk dengan model bunga yang sangat cantik dan akan lebih cantik lagi jika di pasang di rumah kamu. Masak gak pengen guys?

3Tiruan Pohon Kaktus

caricaraampuh.com

Kerajinan botol bekas berikutnya yang mungkin bisa bikin kita melongo karena idenya adalah pohon kaktus tiruan. Lihatlah gambar di atas itu guys, semua itu dari botol dan jika dilihat dari bentuknya sepertinya mudah untuk membuatnya.

Botol bekas minuman, dilubangi di setiap sisinya dan botolnya agak dirusak sedikit, ditambah dengan pot sederhana dan jadilah pohon kaktur tiruan dari botol bekas. Idenya ini yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita.

4Wadah Perhiasan

caricaraampuh.com

Berikutnya yang cantik dari kerajinan botol bekas adalah wadah perhiasan yang cantik. Jika dilihat dari pembuatannya juga tidak cukup sulit ya guys. Sediakan saja beberapa botol bekas yang sudah dibersihkan.

Lalu potong  dan ambil bagian bawahnya, kemudian lubangi dengan mesin bor, setelah dilubangi diberi besi kecil di tengahnya, kemudian pasang potongan botol bekas tadi, untuk yang paling bawah adalah yang mengarah ke bawah.

Jangan lupa setiap botol bekas yang dipasang dikunci agar kencang, tidak turun dan jadilah wadah perhiasan yang cantik.

5Hiasan Pohon

model-interior.com

Yang berikutnya adalah hiasan pohon yang seperti gambar di atas, tentu sangat cantik ya guys dan sepertinya sederhana banget dalam membuatnya.

Sediakan saja beberapa botol bekas, potong dan ambil bagian paling bawah, setelah itu kamu perlu cat warna untuk membuat pola warna di potongan botol bekas tersebut. Setelah itu lubangi di setiap botol bekas yang sudah di cat pola tersebut, kemudian sediakan tali untuk menggantung botol bekas ke pohon dari kertas seperti gambar di atas.

Untuk hiasan pohon ini setidaknya kamu perlu banyak botol bekas, jadi kalau mau buat, kumpulin dulu botol bekas minuman kamu, jangan dibuang ya, sayang banget, soalnya bisa dijadikan hiasan seperti gambar diatas.

6Dekorasi Rumah Minimalis

desainrumahideal.com

Yup, berikutnya dari kerajinan dari botol bekas adalah hiasan rumah minimalis.

Untuk membuat hiasan ini, kamu memerlukan bahan-bahan sebagai berikut :
satu botol plastik, muffin kertas bermotif dan warna-warni, Spidol besar warna hitam, telinga kertas, terlinga kertas ini bisa beli atau bikin sendiri, permen atau cokelat
gunting dan cutter.

Ambil botol plastik, bersihkan dan hapus semua label yang masih menempel. Isi botol dengan permen atau ciklat bentuk telur. Ambil muffin cup kertas dan buat dua lubang kecil di dalamnya, di mana kamu akan menempatkan telinga kelinci. Setelah itu kertas muffin diletakkan secara tebalik sebagai tutup botol.

Ambil spidol besar warna hitam dan mulailah menggambar pada botol tersebut menyerupai wajah kelinci (mata, hidung, kumis dan mulut).

Sebuah dekorasi yang sederhana dan menggemaskan! Cari nampan yang cocok dan hiasilah dengan rumput palsu, tempatkan diatasnya kelinci-kelinci’yang sudah dibuat.

7Pesawat Mizone

handikabuaya3.blogspot.com

Sudah tahu botol minuman mizone itu kan guys? yup kreasi pesawat seperti gambar di atas merupakan ide kreatif dari bekas botol minuman mizone.

Tidak banyak asesoris memang yang dilakukan untuk membuat pesawat mizone seperti di atas, tapi dari ide kreatifnya cukup membuat banyak orang berpikir kok bisa punya ide seperti itu.

8Hiasan Lampu

solutionis.me

Kerajinan tangan dan kreasi dari botol bekas berikutnya adalah hiasan lampu yang cantik walau sederhana. Bisa kita lihat seperti gambar di atas ya guys, jadi itu gambarnya dari kiri atas ke kanan.

Jika dilihat dari gambarnya sepertinya memang sangat sederhana, cukup sediakan botol bekas yang cukup banyak, lalu dipotong bagian bawahnya, ditempelin dengan satu sama lain hingga terbentuk lingkaran dan pasang ke lampu hias atau lampu belajar, jadi dech lampu cantiknya.

Buat kamu yang pengen buat, yuk dicoba, kumpulin botol bekasnya ya!

9Lampion Unik

youtube.com

Berikutnya yang tak kalah unik dari kerajinan dan kreasi dari botol bekas yang lainnya adalah lampion unik dari botol minuman mizone. Jika kamu ingin membuatnya kamu bisa melihat video di bawah ini

Lampion ini bisa kamu pasang di rumah kamu lho, pasti dech rumah kamu makin cantik dan syahdu dengan lampu lampion.

10Sapu Botol

wirasejati.com

Yup, kerajinan dari botol bekas berikutnya adalah sapu botol, unik dan kreatif ya guys, secara sapu biasanya dari lidi tapi ini dari plastik.

Cara membuatnya bisa dilihat gambar di atas, sediakan 3 botol bekas bebas apa saja, kemudian potong dan masukkan perpotongan ke dalam botol yang sudah dipotong, setelah itu tinggal potong garis-garis kecil bagian bawahnya dan masukkan atasnya ke dalam sebuah gagang dan jadilah sapu unik dari botol bekas.

11Wadah Mini

duniaq.com

Guys, kamu yang biasanya kesulitan menyimpan sesuatu yang kecil, kamu bisa buat kerajinan seperti gambar di atas lho, yup hanya dengan memanfaatkan botol bekas minuman dan beli kencing atau lerekan dah jadi tempat mini yang unik.

Tempat mini di atas aman lho, ada kancing lerekan yang mampu menutup bagian secara erat, jadi tidak perlu khawatir benda kamu jatuh atau hilang.

Makanya kalau punya botol bekas jangan dibuang, masih bisa kamu manfaatin untuk wadah barang-barang kamu yang kecil dan sering banget hilang atau lupa naruhnya.

12Pot Gantung Mini

hipwee.com

Yup kerajinan dan kreasi dari botol bekas berikutnya adalah pot gantung mini yang unik dan elegan. Secara pot biasanya berada di bawah dan terbuat dari plastik atau tanah, tapi ini dari botol bekas minuman.

Tentu ini merupakan solusi yang jitu bagi kamu yang ingin berkebun tapi tidak mempunyai halaman luas, sebagai gantinya berkebun dengan pot mini dari botol bekas yang di gantung di tembok, bisa di tembok rumah bagian samping ataupun belakang.

Selain bisa berkebun tentu itu juga menghias tembok rumah kamu, yang biasanya hanya monoton dengan satu warna saja, sekarang menjadi berwarna-warni, tentu dong jadi sedap di pandang.

Cara buatnya juga tidak sulit ya guys, sediakan botol bekas, lubangi bagian tengahnya, masukkan tanah dan tanam bibit sayur atau bunga, setelah itu gantung di tembok kamu, jangan lupa lubangi kecil-kecil di bagian bawah untuk pelepasan air yang masuk, gampang kan? ayo buat yuuk.

13Pot Gantung Berdiri

hipwee.com

Kalau di atas itu pot digantung dengan tali dan diposisikan tidur, kalau yang ini berdiri guys, cuma kalau model begini hanya bisa ditanam tanaman yang kecil dan pendek, biasanya bunga hias dan cara masangnya botol juga tidak sulit cukup memasang paku dan dicantolkan ke paku tersebut.

Sangat mudah dan sederhana memang tapi hasilnya cantik bikin mata tergoda.

14Cetakan Bunga

hipwee.com

Walau terlihat tidak ada yang di ubah dari botol bekas tersebut, tapi bagian bawahnya botol mampu membuat cetakan bunga sakura yang pas banget lho guys, gak nyangka kan? coba aja kalau gak percaya, yakin dech gambar bunga kamu akan rapi ketika menggunakan cetakan bagian bawah botol bekas.

15Penutup Makanan

hipwee.com

Yup, botol bekas tidak hanya bagian bawahnya atau badannya saja yang berguna, tapi juga tutupnya guys, secara tutupnya botol itu kencang banget, tidak mudah di tembus air dan mampu menutup udara yang masuk.

Jadi sekarang kamu gak perlu khawatir jika ada makanan yang melempem atau dimasuki oleh semut, gunakan saja tutup botol bekas minuman guys.

16Tempat Snack

hipwee.com

Botol bekas minuman kmau juga bisa jadi tempat makanan kecil atau snack guys, ini juga merupakan wadah yang klasik tapi keren, yang pasti juga anti bocor.

Kalau buat begituan guys, yakin dech kamu gak perlu latihan, bersihkan saja botol bekas kamu, potong dan ambil bagian bawahnya, jadi dech tempat makanan kamu. So, jangan dibuang ya botol bekasnya.

17Lampu Warna-Warni

hipwee.com

Yup, botol jangan dibuang ya, itu lihat botol bekas mampu berubah jadi lampu warna-warni yang unik dan tentunya sangat indah di pandang mata.

Kamu yang ingin bikin pesta, gak perlu bingung dengan lampu seperti lampu disko, cukup manfaatin botol bekas saja guys, gak perlu di otak-atik tuh botol, cukup bersihkan dan pasang di setiap lampu kamu, jadi dech lampu warna-warni nan cantik.

18Tirai Cantik

hipwee.com

Jangan salah ya guys, botol bekas kamu bisa jadi tirai hias yang cantik dan elegan, secara warnanya yang putih tembus pandang memang cantik, ditambah dengan bentuknya seperti bunga menjadi tirai yang sederhana tapi sangat berguna.

Cara pembuatannya juga cukup mudah, cuma memang kamu butuh botol bekas yang banyak untuk tirai ini, karena yang diambil cuma bagian bawahnya saja, bagian bawah di kaitkan dengan yang lain dengan tali dan dibentuk seperti tirai.

Tentu tirai seperti ini selain harganya murah banget, kamu cuma butuh modal tali aja, juga laku banget kalau dijual di pasaran, coba dech lihat di toko online, tirai dari botol bekas ada beberapa orang yang jual.

19Tirai Botol

hipwee.com

Tirai berikutnya yang juga tak kalah keren yaitu tirai botol, bedanya kalau gambar di atas itu yang diambil bawahnya, ini yang diambil tutup botolnya, jadi semuanya berguna, tidak hanya bagian bawah saja.

Cuma memang kamu perlu tutup botol yang banyak untuk bikin tirai tutup botol bekas seperti gambar di atas. Yakin dech makin elegan rumah kamu dengan tirai botol itu.

20Alat Semprot

hipwee.com

Bagi kamu yang suka berkebun dan tiap hari menyirami tanamannya, tentu kalau kamu buat alat kreatif seperti gambar di atas tentu akan bikin berkebun kamu jadi lebih asyik dan terlihat canggih banget.

Botol bekas dibikin jadi tempat penyemprot yang bikin kamu gak repot dan pastinya lebih merata ke segala tempat.

21Tempat Lensa

hipwee.com

Buat kamu yang suka atau hobi jepret dan kadang bingugn mau naruh lensa dimana, kamu bisa bikin sendiri tempatnya dengan botol bekas lho, caranya gampang banget, lihat aja gambar di atas, pasti langsung tahu gimana cara buatnya. Yang kamu butuhin cuma lerekan dan busa.

Secara lensa ini sensitif ya, jadi harus ditempatkan di tempat yang aman dan nyaman, so bikin aja tempat kayak gambar di atas, dijamin aman dech.

22Tempat Pensil

seputarkudus.com

Bagi para orang tua, botol bekas shampoo bisa dimanfaatkan jadi tempat pensil yang lucu lho, itu lihat di gambar kalau tidak percaya, dan pastinya anak akan suka dengan tempat pensil seperti itu.

Botol bekas shampoo jangan dibuang ya, bikin aja kayak gitu, pasti dech nambah semangat anak yang lagi belajar.

Caranya gampang banget ya, bersihkan botol dan sediakan kertas warna, potong kertas tersebut dengan gambar kesukaan anak kita, setelah itu tempel di botol yang sudah dibersihkan.

23Pot Bunga Hias

pinkapomacraft.blogspot.com

Kalau di atas pot bunga yang digantung, ini agak beda ya guys, pot bunga ini cukup di taruh dan di hias dengan gambar kartun kesukaan anak-anak, cocoknya kayak gini memang ditaruh di kamar anak.

Cara bikinnya juga gampang banget, bersihkan botol bekas dan potong jadi separuh, lalu ambil bagian bawah, kemudian di cat dengan warna kesukaan, setelah itu bisa ditempel kertas berbentuk gambar kartun atau di cat sendiri dengan gambar tersebut, makanya jangan dibuang ya botol bekasnya.

24Boneka Pinguin

model-interior.com

Yup, kerajinan tangan botol bekas berikutnya adallah boneka pinguin yang lucu-lucu seperti gambar di atas. Cara membuat boneka pinguin ini tidak terlalu rumit lho, kamu bisa mencoba membuatnya di rumah.

Sediakan 2 botol bekas dari bahan plastik dan potonglah kedua botol plastik tersebut secara melingkar, dimana jarak dari bawah botol sekitar 15 cm, kemudian gabungkan kedua hasil potongan bagian bawah, beri lem para pertemuan antara keduanya.

Kemudian semprot gabungan kedunya dengan cat warna putih, dimana warna putih ini merupakan warna dasar dan terakhir gambar kedua potongan tersebut dengan gambar pinguin atau gambar kesukaan kamu.

Kalau kamu sudah jadi orang tua bisa disesuikan dengan kesukaan anak, kalau anak suka gambar lain, gambarin saja, lumayan lho bisa jadi mainan anak.

25Hewan Tiruan Lucu

ideproperti.com

Selanjutnya hasil kreasi dari botol bekas selain mainan pinguin yaitu hewan-hewan lucu seperti gambar di atas. Kamu bisa pilih mana kesukaan anak dan bikinkan, pasti anak suka.

Secara kalau buat mainan begitu gak mengeluarkan banyak biaya, selain itu juga awet, ketika jatuh pun masih bisa diperbaiki dan bisa saja di percantik lagi atau di buat jenis hewan lain.

Kalau para orang tua rajin buat beginian, pasti dech akan hemat anggaran dan anak akan meniru, mereka akan belajar kreatif dan pastinya anak tumbuh besar nanti jadi anak yang kreatif dan pandai memanfaatkan botol atau barang bekas lainnya.

26Celengan Lucu

girl.fimela.com

Yup botol bekas kamu bisa juga jadi celengan lucu yang pasti disukai anak-anak, kalau kamu ingin buat begini caranya guys.

Bahan yang diperlukan, botol soda bekas, cat semprot (Pilox), hiasan mata boneka, karton (gunting menyerupai bentuk telinga Piglet) dan 4 Buah tutup botol bekas (untuk kaki). Untuk alat yang diperlukan adalah Gunting, pisau cutter dan lem UHU

Cara membuatnya pertama, Potong badan botol jadi 3 bagian, lalu buang bagian tengahnya kemudian satukan bagian atas dan bawah botol (seperti pada gambar) agar botol jadi lebih pendek lalu lubangi tutup botol agar terlihat seperti hidung Piglet
Warnai botol sesuai dengan warna kesukaanmu dengan cat semprot. Pastikan warna merata.

Ambil keempat tutup botol lalu lem ke badan botol agar seperti kaki. Berguna agar botol bisa berdiri seperti pajangan. Kemudian tempelkan telinga dan mata ke bagian kepala (seperti pada gambar) dan jadi deh celengan piglet bikinan kita sendiri

27Mainan Roket

kwikku.com

Bagi kamu para orang tua jangan lewatkan mainan satu ini buat anak ya, bahan-bahannya cukup mudah dan sederhana banget, dilihat dari gambarnya saja sudah bisa diterka apa saja bahannya.

Roket tiruan walau sederhana pasti disukai anak, ayo para orang tua buat di rumah ya, jangan dibuang botol bekasnya.

28Lampu Hias

deyaza.com

Nah bagi kamu yang ingin memperhias rumah dengan memakai lampu unik, coba aja lampu kamu hias dengan botol bekas seperti gambar di atas guys, selain murah dan mudah, walaupun terlihat sederhana, sinar lampu di rumah kamu juga gak kalah cantik dengan lampu hias lain,

Ini peralatan yang diperlukan, botol plastik sisa seperlunya, gunting, atau pisau, staples
peralatan lampu (lampu dan kabel), kalau sudah ada lampunya bisa kamu copot sebentar saja.

Untuk cara dan langkah membuatnya, bersihkan terlebih dulu sisi dalam botol yang bakal dipakai dengan memakai air bersih, label yang masih menempel di hilangkan. Potong seluruhnya botol jadi dua sisi tepat pada posisi tengah.

Lalu rekatkan masih-masing sisi botol yang telah dipotong dengan memakai staples, kerjakan hal semacam ini dengan cara terus-terusan hingga botol berupa melingkar. Jika bentuk botol yang dikumpulkan telah berupa melingkar, jadi letakkan lampu didalamnya, kamu dapat memberi lampu hias dengan beragam warna sesuka hati kamu.

Serta pada step akhir, gantung lampu hias yang sudah kamu bikin dan lampu siap untuk dinyalakan.

29Tembok Rumah Hewan

edukreatif.com

Wow banget ya ini guys, secara botol beka dijadikan tembok untuk rumah hewan, kalau siang apa gak kepanasan ya tuh hewan? hehe. Secara botol plastik warnanya bening dan tembus cahaya, tapi tidak dipungkiri itu merupakan salah satu ide kreatif dan yang bikin juga mempunyai daya kreasi tinggi.

30Rak Koran atau Majalah

edukreatif.com

Yup, kerajinan dan kreasi dari botol bekas selanjutnya adalah rak untuk koran atau majalah. Bisa dilihat gambar di atas ya guys, tidak banyak perubahan bentuk dari botol, cukup di potong bagian atas atau bawahnya, sehingga membentuk sebuah wadah dan bisa menjadi tempat koran atau majalah kita.

Tentu ini merupakan solusi kreatif bagi kamu yang suka menumpuk majalah atau koran yang tercecer dimana-mana, dengan adanya rak unik yang bisa ditempel di dinding atau di taruh manapun tentu akan jadi rapi dan enak dipandang mata.

31Kanopi Botol

edukreatif.com

Berikutnya yang keren dari kreasi botol bekas adalah kanopi dari botol, lihat gambar di atas, mungkin yang bikin memang punya imajinasi tinggi ya guys, secara biasanya kanopi itu beli di toko tapi ini bikin sendiri dari botol bekas lagi.

Kalau kita perhatikan juga, kanopi botol bekas itu juga tidak sedikit, sepertinya ratusan, tentu itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkannya. Bener-bener kreatif dech.

32Perahu Rakit

infobacan.com

Yup kalau ini gokil banget ya guys, secara botol bekas yang jumlahnya sebanyak itu dibikin perahu rakit, tentu ini merupakan salah satu ide gila tapi sangat kreatif.

Botolnya pun tidak sedikit jumlahnya, butuh waktu yang lama untuk mengumpulkan, kalau orang gak rajin tentu gak bisa mengumpulkan sebanyak itu.

Yup itulah kerajinan dan kreasi dari botol bekas, semoga bermanfaat bagi kamu di rumah yang ingin bikin kreasi dari botol bekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here