Kenapa Wanita Lebih Cerewet Daripada Laki-Laki? Inilah 5 Jawabannya

mangointeractive.wordpress.com

Mungkin kamu sering sering bertanya-tanya kenapa wanita lebih cerewet daripada laki-laki? Terutama bagi kamu para lelaki, terkadang tingkah cerewet perempuan bikin sebel.

Namun di sisi lain, juga sangat ngangeni. Jadi, tidak ada masalah bukan tentang perempuan yang cerewet? Meskipun begitu, hal ini tetap dapat dijelaskan secara logis kok. Berikut penjelasan kenapa wanita lebih cerewet daripada laki-laki.

1Kata dan Bicara

hipwee.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Amerika Serikat mengungkap fakta yang unik tentang perempuan. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita berbicara 3 kali lipat daripada laki-laki.

Dalam satu hari penuh, rata-rata perempuan mengeluarkan 13.000 hingga 20.000 kata, sedangkan laki-laki hanya mengeluarkan 7.000 kata. Jadi, memang benar bukan kalau wanita disebut cerewet.

Kecenderungan ‘banyak bicara’ ini karena terdapat senyawa kimia yang disebut FOXP2 dalam otak perempuan. Senyawa ini juga kerap disebut sebagai ‘protein bahasa’.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience ini, diteliti juga sekelompok anak berusia 4 dan 5 tahun. Hasilnya, anak-anak perempuan memiliki senyawa FOXP2 30% lebih banyak daripada anak laki-laki.

2Prefrontal Cortex

stylepinner.com

Bagian otak lainya pada wanita yang berbeda dari laki-laki adalah prefrontal cortex (PFC). Bagian otak PFC ini bertugas untuk berpikir, berencana, pengambilan keputusan, mengontrol emosi dan tubuh, empati, dan moral.

Nah, bagian PFC pada wanita lebih berkembang daripada pria. Itulah mengapa secara umum wanita memang lebih pintar daripada pria. Lalu mengapa wanita merasa tersinggung saat pembicaraan atau curhatnya dipotong di tengah jalan?

Jawabannya mudah, wanita hanya perlu untuk didengarkan. Ia tidak butuh solusi karena ia lebih cerdas dari pada pria. Jadi, yang perlu kamu lakukan saat menghadapi wanita yang sedang curhat, cukup dengarkan hingga tuntas.

3Corpus Callosum

intropsych.com

Teori pembagian wilayah otak ada bermacam-macam. Salah satunya adalah pembagian otak menjad dua bagian besar, otak kanan dan otak kiri. Nah, kedua bagian besar ini dihubungkan oleh corpus callosum.

Pada wanita, bagian corpus callosum ini berukuran tiga kali lebih besar daripada laki-laki. Dampaknya adalah wanita dapat dengan mudah memroses banyak informasi dalam waktu yang bersamaan (multitasking).

Untuk berbicara, laki-laki memikirkan tujuan ia berbicara terlebih dahulu sebelum berbicara. Sedangkan wanita bisa memikirkan tujuan ia berbicara bersamaan dengan waktu ia bicara.

4Otak Kiri

adsoftheworld.com

Pada tahun 1999 Dr Tonmoy Sharma melakukan penelitian menggunakan hasil scan MRI. Hasil penelitian ini dikutip dalam buku Allan dan Barbara Pease, membuktikan bahwa terdapat bagian otak yang sangat spesifik terlihat aktif saat wanita bicara.

henrithibodeau.wordpress.com
henrithibodeau.wordpress.com

Bagian otak sebelah kiri depan dan bagian kecil sebelah kanan aktif saat wanita sedang berbicara. Sementara wanita sedang berbicara, bagian otak lainnya juga terus bekerja. Itulah yang menyebabkan wanita dapat berbicara sambil bekerja.

5Hormon

zazzle.com

Hormon oksitosin aktif saat manusia terhubung dengan orang lain lewat interaksi seperti berjabat tangan, mengobrol, kontak mata, gestur tubuh dan berpelukan. Nah, aktifnya hormon ini membuat wanita merasa bahagia.

Saat wanita kekurangan hormon oksitosin, ia akan lebih banyak mengomel. Kemudian jika wanita sedang mengomel, tentu saja seorang wanita akan lebih cerewet karena banyak kata-kata yang dikeluarkan.

Sebuah penelitian lain mengenai hormon wanita dilakukan oleh Elizabeth Hanson dari Universitas Western Ontario. Wanita memiliki tingkat hormon estrogen yang tinggi, akibatnya, kemampuan artikulasi dalam berbicara dan motoris halus wanita meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here