Jika Ingin Anakmu Tumbuh Menjadi Sosok Disiplin dan Mandiri, Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini

9trendingtopic.blogspot.com

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi sosok yang semakin hari semakin dewasa dan menjadi pribadi yang disiplin.

Banyak cara dilakukan orangtua untuk mendidik anaknya menjadi sosok yang diharapkan tersebut, agar kelak mereka bisa tumbuh mandiri ketika orangtuanya semakin menua.

Namun, tak sedikit pula orangtua yang melakukan sistem pendidikan kurang sesuai dalam mendidik anak-anak mereka tersebut.

Alih-alih anak mereka menjadi penurut dan tumbuh dewasa dengan sikap disiplin dan mandiri yang matang, mereka justru tumbuh menjadi anak pemberontak dan pembangkang.

Hmm, jika anak sudah tumbuh menjadi seperti demikian, jangan kita sebagai orangtua terburu menyalahkannya atau lingkungannya, namun sebaiknya kita introspeksi diri.

Karena kadang masih ada 4 hal terlarang yang seharusnya jangan pernah orangtua lakukan pada anak, namun hal-hal ini malah justru sering orangtua lakukan pada mereka.

1Terlalu Mengekangnya

namasayarina.blogspot.com

Sikap protektif orangtua memang sebenarnya adalah bentuk sebuah rasa cinta yang tak menginginkan anaknya salah jalan atau pergaulan dalam hidupnya.

Namun bagaimana jika sikap tersebut berkembang menjadi sebuah sikap berlebihan, dan akhirnya malah justru mengekang anak untuk bisa berkembang?

Semakin anak tumbuh, dia mulai bisa menemukan jati dirinya. Selama apa yang dijalaninya baik dan bermanfaat untuk agama dan masa depannya, apa salahnya lebih baik di dukung bukan?

Namun jika anak mulai salah jalan, jangan langsung mengekangnya dengan sikap otoriter, namun cobalah beri pengertian dan nasehat pelan-pelan yang mampu menyentuh hatinya.

2Jangan Membanding-bandingkannya

nisrina.co.id

Kadang saat orangtua merasa anaknya melakukan hal yang tak sesuai dengan ekspektasi atau keinginannya, orangtua kecewa dan justru melampiaskannya dengan sikap pembandingan.

Padahal siapapun saja, bukan hanya anak-anak, tak ada yang suka jika dibanding-bandingkan, bahkan dengan saudaranya sendiri.

Dengan sering membanding-bandingkan anak, mereka akan merasa bahwa mereka lemah dan orangtuanya tak menginginkan mereka.

Bukannya anak menjadi tumbuh lebih mandiri atau disiplin, namun justru mereka akan tumbuh menjadi pribadi minder dan penakut. Kasihan bukan?

3Jangan Membiasakan Mengancam Mereka

elshinta.com

Pendidikan berupa ancaman sejak dini pada anak, bisa membuat mereka menjadi sosok penakut, minder, atau malah justru mendadak meledak menjadi pemberontak.

Anak-anak kecil yang sering dipukul atau diancam akan dipukul saat mereka rewel, justru mereka akan semakin kencang menangis, atau takut mendekat pada orangtuanya.

Jika hal tersebut terus dilakukan, sampai dewasa sikap yang telah terbentuk padanya itu akan terus terbawa.

4Menunda Dalam Memberikan Pengertian

blog.tokopedia.com

Orangtua harusnya, baik Ayah maupun Ibu, memiliki kerja sama yang bagus dalam rumah tangga, terlebih dalam mengasuh dan mendidik anak.

Tak ada yang berat sebelah, karena sosok Ibu memiliki perannya sendiri, pun dengan sosok Ayah.

Jangan sampai anak kehilangan sosok salah satunya, kecuali memang jika salah satunya meninggal dunia.

Salah satu hal yang jangan pernah dilakukan pada anak saat mendidiknya adalah menunda dalam memberikan pengertian dengan alasan mereka masih belum waktunya.

Karena sesungguhnya orangtua harus paham, kapan anak mulai dipahamkan tentang sesuatu dan kapan belum waktunya.

Jangan sampai anak-anak tumbuh dengan pemahaman salah yang dia temukan sendiri dari lingkungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here