5 Jenis Kertas Origami yang Sering Digunakan untuk Membuat Prakarya

downloadzha.bekhandfun.in

Pernahkah kamu membuat prakarya dari kertas lipat? Kalau dalam bahasa Jepang, namanya origami. Kesenian melipat kertas yang sangat terkenal.

Di Indonesia sendiri, jenis kertas lipat hanya yang berwarna saja. Tidak bervariasi seperti jenis kertas asli jepang. Kalaupun dijual di Indonesia, pasti produk impor.

Nah, kalau kamu mengaku suka sekali kesenian melipat kertas ini, jangan sampai tidak tahu apa saja jenis kertas yang biasanya digunakan. Kenali namanya ya!

1Washi

jpncultureexperiences.blogspot.com

Kertas Washi adalah kertas Origami khas dari Jepang yang berkualitas tinggi. Motifnya yang unik biasanya digunakan untuk membuat washi doll.

Tapi harganya cukup mahal. Dalam satu bungkus kertas washi, biasanya dicampur dengan kertas origami paper supaya lebih hemat.

2Origami Paper

downloadzha.bekhandfun.in

Kertas dengan berbentuk persegi ini merupakan kertas dengan motif atau polos. Terbuat dari kertas HVS (copy paper) yang diberi motif menarik.

Biasanya berupa motif hewan atau tumbuhan. Tetapi semakin kemari, semakin beragam motif origami paper, seperti anyaman, bunga, abstrak, dan lain-lain.

3Chiyogami

new.uniquejapan.com

Kertas Chiyogami ini secara kasat mata motifnya mirip dengan washi. Tapi jika kamu perhatikan secara seksama, kertas chiyogami ini mempunyai tekstur yang lebih halus dan cenderung seperti kertas HVS, agak tebal.

Untuk motif kertas ini, selalu menghadirkan warna dan corak yang istimewa serta khas nuansa oriental. Kadang ada tambahan emas pada motifnya.

4Gold Foil Paper

paper-tree.com

Kertas emas ini masih tergolong jarang ditemukan di Indonesia. Sebab kertas jenis ini bukan termasuk jenis kertas yang biasa digunakan sebagai kertas origami.

Ketika kamu mendapatkan kertas ini dan hendak membuat prakarya, maka kamu harus memotong sendiri kertas ini sesuai ukuran yang dibutuhkan.

5Kertas Bergelombang (Corrugated paper)

tokopedia.com

Nah, kertas yang satu ini biasa digunakan untuk membuat kesenian origami jenis kokoru. Maka disebut pula kertas kokoru. Anak-anak biasa menggunakan kertas jenis ini untuk membuat kartu ucapan, scrapt book, dan kreasi unik lainnya.

Sedangkan pada masyarakat yang berusia dewasa, biasa menggunakan kertas ini untuk membuat desain arsitektur, paper craft, dan kreasi yang tidak sesederhana buatan anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here