Jenis Batu Akik Khas yang Terkenal Di Indonesia

www.batugiokaceh.com

Dulu batu akik sering dikait-kaitkan dengan suatu hal yang mistis. Namun belakangan masyarakat Indonesia merubah persepsi batu akik menjadi sebuah tren mode dan gaya hidup. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar pun kini mudah menemukan para penjual batu akik.

Sebagian batu akik yang berasal dari Indonesia rupanya menjadi buruan para kolektor dan penggila perhiasan dengan harga yang fantastis. Tidak tanggung-tanggung, mereka berani membeli dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya untuk sebutir batu akik saja.

Batu akik atau dikenal juga di dunia internasional dengan gemstone tergolong dalam batuan setengah mulia dengan kekerasan kurang dari tujuh mohs. Skala mohs merupakan ukuran kekerasan untuk menentukan pengkristalan satu buah batu mulia.

Wilayah provinsi di Indonesia hampir dipastikan memiliki batu akik dengan cirinya masing-masing. Batu-batu tersebut memiliki warna dan motif yang khas. Berikut ini beberapa jenis batu akik asal Indonesia yang populer dan mahal.

1Batu Akik Sisik Naga Khas Enrekang

www.beritanetizen.com

Enrekang merupakan salah satu wilayah yang berada di Sulawesi Selatan. Batu akik yang berasal dari daerah ini termasuk yang langka. Batu sisik naga bercorak emas.

Termasuk dalam kelompok septarian noudles yang lebih keras daripada jenis lainnya. Bahkan saat digerinda, batu ini begitu keras seperti besi.

2Batu Akik Kalimaya

infobatuakik.info

Asalnya dari Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Memiliki karakter berbeda dengan batuan lainnya. Batu ini sempat dibandrol dengan harga 2500 dolar per karatnya. Sehingga masuk jajaran sepuluh batu akik termahal di dunia.

Konon batu ini memiliki nama asli Kali Maja sebab batu ini berasal dari dalam sungai yang berada di wilayah Maja.

3Batu Akik Red Rafflesia

fajar..co.id

Permata red rafflesia ini dikenal telah memenangi sejumlah kontes batu akik Nusantara hingga menjadi incaran para pecinta batu akik. Batu ini memiliki warna khas seperti bunga rafflesia yang berwarna merah. Berasal dari wilayah Bengkulu.

4Batu Akik Cincin Bungur

www.majalahbatu.com

Batu cincin ini memiliki ciri khas berwarna bening bercahaya. Konon batu ini termasuk golongan kelas batu mulia tingkat dunia. Belakangan keberadaannya mulai sulit didapatkan di alam. Batu ini berasal dari wilayah Tanjung Bintang dan Way Kanan, Lampung Selatan.

5Batu Giok Natural Gold

www.acehnationalpost.co

Asal muasal batu bercorak dominan kuning emas ini dari Tanah Gayo, Aceh. Batu ini ditemukan dalam aliran sungai di pedalaman Kabupaten Bener Meriah. Kadar kekerasannya di atas tujuh skala mohs. Termasuk dalam salah satu batu langka dan unik. Wajar jika harganya juga selangit.

6Batu Bacan

pusatbatu.com

Bacan merupakan nama sebuah pulau di Halmahera Selatan, Maluku. Batu ini memiliki beragam warna. Suhu tubuh manusia dapat mempengaruhi keindahan batu bacan. Suhu tubuh dapat mempengaruhi kematangan batu bacan yang dipakainya.

Ketenaran batu ini menjadikan banyak petinggi negara di dunia seperti Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono dan Sultan Hasanah Bolkiah dari Brunei Darussalam menggunakannya sebagai asesoris. Harganya pun beragam. Dapat mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

7Batu Akik Spirtus

www.youtube.com

Batu akik jenis ini memiliki warna dasar biru langit seperti spirtus. Banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan. Batu ini masuk kategori kalsedon. Di luar negeri dikenal dengan Blue Sky.

Walaupun tidak masuk dalam sepuluh batu mulia terpopuler di dunia, namun skala moshnya mencapai angka tujuh. Melebihi Batu Kalimaya dan Batu Kecubung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here