8 Cara Jitu Menyulap Interior Rumah Minimalis Jadi Tampak Lebih Luas

rumahidealis.co

Rumah minimalis memang masih paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Penduduk negara kita yang mayoritas adalah kelas menengah, tentu mendambakan rumah modern dengan harga yang terjangkau.

Rumah minimalis menjadi solusinya. Tapi tak lantas rumah minimalis tidak memiliki kekurangan. Dengan harga yang minim, rumah model ini seringnya juga punya lahan yang minim.

Minimnya lahan membuat semua luasan dimanfaatkan untuk kebutuhan ruang. Apalagi bagi keluarga besar yang butuh banyak kamar. Akhirnya interior rumah minimalis terlihat sempit.

Dengan merancang desain interior yang ideal, walaupun berlahan kecil, rumah minimalis juga akan memberikan kesan luas dan rasa nyaman bagi keluarga tercinta.

Berikut ini adalah tips membuat interior rumah minimalis agar terlihat lebih luas.

1Meletakkan Barang di Tembok

interdesain.com

Paling penting agar rumah terlihat luas adalah melapangkan bagian tengah setiap ruangan dari terlalu banyak barang dan furnitur. Jika perlu letakkanlah semua barang-barang kecil di rak tembok.

Misalnya, buku, majalah, piala, dan lain sebagainya. Selain menghemat ruangan, tentu juga interior akan terlihat lebih luas.

2Hindari Terlalu Banyak Warna

rumahidealis.co

Terlalu banyak warna apalagi yang mencolok akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Tentukan satu warna netral dipadu dengan warna lain dengan paduan yang serasi dan jumlah warnanya terbatas.

3Furnitur dengan Warna biru atau Merah

besidesign.com

Apabila warna ruangan rumah kamu dominan netral, entah itu putih atau krem atau kehitaman. Gunakan furnitur dengan warna cerah seperti biru atau merah, agar ruanganmu terlihat lebih enak dilihat serta terkesan lebih luas.

4Manipulasi Ruangan dengan Cermin

maislen.blogspot.com

Cara memanipulasi ruangan agar kelihatan lebih luas adalah dengan menambah banyak cermin, tapi dengan memperhitungkan estetika dan proporsional. Adanya cermin di dalam ruangan akan dapat membuka ruang baru.

Cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu dan matahari. Untuk memanipulasi ruang baru di dalam ruang yang sangat kecil, kamu bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga pada belakang furnitur.

Salah satu trik lain yang banyak dilakukan adalah dengan meletakkan cermin di seberang jendela. Selain memberikan pantulan cahaya pada siang hari, juga akan membuat ruanganmu terkesan lebih luas.

5Perabotan Pengganti Cermin

ghoofie.com

Tentu tidak semua dari kita menyukai penggunaan cermin yang besar hanya untuk memberi kesan luas. Kamu dapat menggunakan furnitur atau perabotan rumah tangga yang bisa juga merefleksikan objek ataupun cahaya seperti cermin.

Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan alumunium juga bisa membuat efek yang sama yaitu sebagai pembuka ruang baru.

6Hindari Menggunakan Sofa yang Menyentuh Lantai

meubelblitar.besaba.com

Kuncinya adalah lantai bisa terlihat, sehingga membuat ruangan tampak lebih longgar. Nah, jika kamu menggunakan sofa yang seluruh permukaan dasarnya menyentuh lantai, tentu akan menambah kesan sempit.

Hindari menggunakan sofa yang besar dan menyentuh lantai, ganti dengan kursi biasa. Ataupun kalau harus dengan sofa, gunakan sofa yang punya kaki-kaki panjang.

7Hindari Warna yang Kontras Pada Langit-langit

atapkamar.com

Para ahli desain interior menyarankan kita untuk mengecat langit-langit dengan warna yang sama dengan dinding. Bisa juga warna yang lebih terang satu tingkat dari dinding rumah.

Jika perpaduan cat warna dinding dan langit-langit terlalu kontras, maka ruangan akan nampak seperti terbelah, dan akhirnya terkesan menjadi sempit.

8Memajang Lukisan Besar

id.aliexpress.com

Tujuannya adalah agar tamu yang berkunjung ke rumah kita, berfokus pada satu titik yang cukup menonjol. Kamu bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar yang indah dan unik.

Dengan begitu akan mengalihkan perhatian tamu yang berkunjung terhadap keadaan rumah yang sempit sekaligus dapat membuat ruangan lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here