Festival Budaya Indonesia yang Menarik Wisatawan Internasional

www.pegipegi.com

The Sleeping Giant”, itulah julukan negara Indonesia. Memang Indonesia sering disebut sebagai “Raksasa Tidur” Asia Tenggara.

Ya, betapa tidak, dengan melihat kekayaan Indonesia yang memilliki potensi luar biasa. Bisa kita lihat dari luas wilayahnya, jumlah penduduknya, dan kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga hati.

Indonesia memiliki lebih dari 18 ribu pulau dan tentunya memiliki keberagaman yang sangat luar biasa. Beraneka ragam suku yang ada di Indonesia tersebar dari ujung barat hingga ujung timur, dari Sabang sampai Merauke.

Menurut sensus BPS tahun 2010, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku bangsa, tepatnya 1.340 suku bangsa. Luar biasa kan? Keberagaman tersebut menjadikan negeri ini kaya akan budaya dan bahasa.

Sehinga tak heran jika banyak festival budaya Indonesia yang unik dan menarik. Festival-festival budaya yang ada sangat menonjolkan budaya dari suku daerah masing-masing dan mencerminkan keberagaman etnis dan tradisi dari berbagai wilayah nusantara ini.

Festival budaya tersebut terus dikembangkan dan dilestarikan, bahkan bisa menjadi tujuan wisata. Hal  tersebut berdampak positif bagi Indonesia karena perayaan budaya itu mampu menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Banyak sekali festival budaya yang ada di Indonesia. Nah, berikut sebagian festival budaya terbaik yang mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.

1Festival Erau Kartanegara, Kalimantan Timur

assets.kompas.com

Kutai Kertanegara Borneo, sejarah panjang telah membawa kerajaan tersebut menjadi kerajaan Hindu Tertua di Nusantara. Kutai Kartanegara memiliki adat dan budaya Adiluhung yang luar biasa.

Yup, keberagaman yang ada tersebut terangkum dalam festival Erau. Festival ini menyajkan berbagai bentuk kesenian dan olah raga tradisional.

Festival Erau merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Kutai Kartanegara dan pemerintah daerah dalam kegiatan melakukan pembangunan yang telah berlangsung sejak abad ke-13.

Event ini adalah salah satu event termegah yag melibatkan banyak masyarakat di sekitar sana. Terdapat berbagai rangkain kegiatan yang cukup panjang dan biasanya digelar selama satu minggu.

Festival Erau semakin seru saat diadakan pesta kembang api raksasa di Pulau Kumala. Dan disaksikan oleh ribuan oarang dari tepi sungai Mahakam.  Dapat kamu bayangkan indahnya warna-warni kembang api yang menghiasai langit malam hari.

2Festival Karapan Sapi, Madura

www.ayogitabisa.com

Siapa yang tak mengetahui  festival buadaya satu ini. Mendenganr kata ”Karapan Sapi”  ingatanmu pasti menuju ke subuah pulau di Jawa Tmur, yaitu Madura.

Karapan Sapi merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura. Festival ini bukan hanya sekedar perlombaan pacuan sapi dan pesta rakyat yang digelar setiap tahunnya.

Akan tetapi, Karapan Sapi merupakan simbol kebanggaan yang dapat mengangkat martabat masyarakat Madura. Karapan Sapi dilaksanakan saat hasil panen padi atu tembakau menuai sukses.

Unik juga, sapi-sapi yang akan mengukti perlombaan ini diperlakukan dengan istimewa. Mereka mempersiapkan sapi pacuannya dengan memberikan pijatan khusus dan makanan agar stamina dan kekuatan sapi-sapi terjaga.

3Festival Budaya Nias

djurnal.com

Apakah kamu masih ingat pecahan uang kertas seribu rupiah di Indonesia tahun 1992? Di sana terdapat gambar Lompat Batu dari Pulau Nias.

Yup, Nias dikenal dengan ombaknya yang menarik untuk selancar, ternyata tak hanya itu. Nias memiliki budaya yang luar biasa menarik.

Masyarakat Nias masih memegang teguh buadaya mereka, salah satunya dengan mengadakan Festival Budaya Nias.

Festival tersebut adalah Lompat Batu, atraksi tersebut berhasil memikat para wisatawan. Betapa tidak, atraksi lompat batu ini merupakn atraksi yang unik. Biasanya diadakan pada bulan Agustus di Desa Bawomatulo.

Tahukah kmau Desa ini telah di daftarkan World Heritage di UNESCO sejak tahun 2009 sebagai warisan budaya dari Indonesia.

Masyakarat menamakan Bawomatulo berarti bukit matahari, karena desa ini terletak di ketinggian 400 meter di atas bukit.

Dahulu kala, lompat batu ini diciptakan untuk menguji keberanian anak laki-laki di Nias yang telah memasuki masa kedewasaan. Bagi yang bisa melompati batu tersebut, mereka dianggap telah dewasa dan siap berperang.

4Festival Adat Pemakaman di Tana Toraja

assets.kompas.com

Di Tana Toraja memiliki adat kebudayaan upacara kematian. Ritual tersebut biasa disebit Rambu Solo.

Upacara Rambu Solo mengandung makna mengantarkan arwah yang meninggal hinga ke alam roh. Pemakaman Rambu Solo ini terbilang sangat mewah karena memakan waktu berhari-hari.

Maka dari itu biasanya upacara digelar oleh masyarakat yang mampu saja atau keturunan raja. Tertarik melihatnya? Para wisatawaan mancanegarapun tertarik melihat ritual tersebut.

5Festival Teluk Jailolo

www.youtube.com

Festival Teluk Jailolo merupakan festival tahunan yang sukses diselenggrakan tiap tahunnya. Ya, festival tersebut mendapat dukungan dari komuitas budaya, pemerintah daerah, dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Festival yang berada di Pulau Halmahera, Maluku  Utara tersebut menampilkan beragam tradisi unik termasuk teater di atas laut.

Acara unik lainnya antara lain Spice Parade, Spice Trip, lomba renang, lomba dayung, ritual laut tradisional Sigofi Ngolo, dan Kuliner yang menamilkan pesta barbekyu 10 ton ikan.

Kamu dapat menikmati acara demi acara dengan panorama yang indah, hamparan laut jernih ditemani pasir hitam yang lembut  khas Pulau Halmahera.

6Festival Bahari Raja Ampat

life.108jakarta.com

Keindahan Raja Ampat memang tak diragukan lagi. Terdapat festival Bahari yang diselenggarakan pada bulan Agustus. Tentu festival ini dipusatkan di Kabupaten Raja Ampat, Waisasi, di Pulau Waigeo.

Pertunjukkan utama dari festival bahari Raja Ampat adalah penyelaman di situs yang masuk dalam 10 besar terindah di dunia.

Kamu dapat menikmati rangkain acara yang ada dalamfestival ini antara lain taria-tarian khas daerah Papua, lomba foto bawah laut, atraksi budaya lokal, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here