Inilah Bandara Masa Depan Berteknologi Super Canggih

architecturendesign.net

Apakah kamu pernah berpikir memperbaiki bandara terbaik di dunia? Sekitar 5 miliar wisatawan melewati bandara-bandara di dunia pada tahun 2015. Data tersebut dilansir oleh Airports Council International.

Luar biasa bukan? Jumlah populasi manusia di bumi ini ada 7 miliar, lho. Dan wisatawannya berjumlah separuh lebih dari penduduk bumi.

Pemilik bandara dan pengembangnya berpikir untuk membuat terobosan terbaru di bandara demi memanjakan para calon penumpangnya. Mereka benar-benar ingin melayani calon penumpang dengan fasilitas sekelas presiden.

Foto-foto bandara berikut ini sebenarnya hanya hasil imaji seorang seniman tentang bagaimana bandara di masa depan nanti. Salah satunya adalah bandara Beijing.

Beijing sendiri merupakan pusat terpenting bagi lalu lintas dunia internasional di Negara Cina. Saat ini perjalanan dari bandara Beijing sudah melebihi kapasitas.

Padahal, peraturan penerbangan menetapkan jadwal penerbangan tidak bisa mengakomodasi lebih dari batas maksimal perjalanan setiap hari.

Sebuah desain bandara Cina di masa depan diilustrasikan terletak di pinggiran Beijing Selatan. Ini akan jadi bandara super besar di tahun 2030.

Teknologi sistem pengenalan wajah menggunakan robot akan diaplikasikan pada bandara tersebut. Sang robot akan tahu persis siapa kamu dan di mana kamu harus berada.

1Bandara Teknologi Hi-Tech di Masa Depan

architecturendesign.net

Bandara di seluruh dunia diprediksikan akan bergerak ke arah teknologi super tinggi. Misalnya, di Bandara Gatwick London, Beacon, dengan mudah mengidentifikasi data kamu melalui smartphone.

Fasilitas GPS pun diterapkan untuk memudahkan kamu menemukan makanan, gerbang masuk atau pusat belanja.

Di Negara Jerman sudah ada robot di Bandara Dusseldorf yang bertugas memarkirkan mobil kamu dan mengembalikannya setelah kamu mendarat dari pesawat. Robot ini pun dengan mudah bisa mendeteksi antara plat dan pemiliknya.

Kini para peneliti sedang mengembangkan teknologi robot yang mampu memeriksa isi tas kamu. Jadi, bisa ketahuan kalau itu bukan tas milikmu.

2Bandara Terbesar di Dunia Ada di Beijing

architecturendesign.net

Bandara ini sebenarnya baru rancangan saja. Perancangnya adalah Zaha Hadid Archtects, sebuah perusahaan yang diberikan tanggung jawab untuk merancang bandara baru.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Mereka bekerja sama dengan perusahaan desain bandara milik Perancis. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi Zaha Hadid Architects. Kriteria yang ditentukan antara lain harus bisa menampung 45 juta sampai 72 juta penumpang per-tahun.

Zaha Hadid Architects menjawab tantangan dengan mengatakan bahwa kunci keberhasilan pembangunan bandara terletak pada strukturnya. Struktur bandara meliputi bentuk bandara, atap dan pembagian ruangannya.

Bandara akan dibuka tahun 2018. Sementara pada tahun 2025, terminal satelit akan menambah ruangan 4,5 juta kaki persegi.

Tahu nggak guys, berapa biayanya? Biayanya $ 12800000000.

3Wow! Bandara Ini Seperti Kapal Pesiar

architecturendesign.net

Rancangan bandara tersebut adalah karya Dassault Systèmes. Tampak sangat luar biasa. Seperti mendarat di laut awan.

Ada juga Bandara Changi di Singapura yang memiliki kolam renang bertema Bali. Di Hongkong, ada tempat hiburan dalam sebuah bandara.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Bagaimana dengan lapangan golf dan 350 kursi teater? IMAX mengklaim teater tersebut merupakan layar proyeksi terbesar di Hongkong.

4Urban Park Akan Jadi Bandara Tersibuk di Dunia

architecturendesign.net

Fasilitas bandara masa depan yang mengagumkan berada di Urban Park. Ada waterfall di dalam bandara. Begitu juga dengan bandara The Jewel yang akan dibangun di jantung Bandara Changi.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Bandara ini akan terhubung ke terminal 1 melalui lorong kedatangan yang diperluas. Sementara terminal 2 dan 3 dihubungkan dengan jembatan. Rancangan berikutnya adalah dibangunnya hutan dan lembah di tengah bandara yang akan menarik wisatawan.

Bandara juga akan dilengkapi tanaman, air terjun, kolam, dan teras yang mengelilingi toko mewah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here