8 Momen yang Sering Membuatmu Kesal

cumibunting.com

Begitulah hidup. Ada saja hal-hal yang membuat kita kesal. Seringnya, hal-hal mengesalkan itu justru berawal dari hal sederhana.

Namanya juga manusia. Perasaan kesal itu wajar muncul. Tinggal bagaimana kita pandai mengelola rasa kesal atau sebal itu agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Ini dia 8 contoh hal-hal yang membuat sebal dan bad mood;

1Terlambat

rbjtimban.net

Kamu sudah datang tepat waktu setiap ada janji bertemu teman. Tapi ternyata temanmu datang terlambat. Entah kamu yang lebih dulu membuat janji atau temanmu, selalu saja dia yang tidak tepat waktu.

Kebiasaan ini memang mengesalkan dan tidak baik untuk ditiru. Bayangkan bila satu orang beranggapan bahwa hanya dia yang terlambat, tapi ternyata semua orang juga beranggapan seperti itu.

Maka, terlambat jangan diniatkan. Berusahalah untuk memenuhi janji secara tepat waktu, bagaimanapun kondisinya.

2Tugas Kelompok

yanado.com

Soal mengerjakan tugas secara berkelompok ini juga sering menimbulkan masalah yang sebetulnya sepele tapi betul-betul menyebalkan.

Misalnya, ada tugas kelompok yang seharusnya dikerjakan bersama-sama, tapi karena anggota kelompok lain mungkin sedang malas atau sibuk atau alasan-alasan lain yang sebetulnya bisa dikompromikan, mengharuskan kamu untuk mengerjakannya sendiri.

Ketika kamu sudah selesai mengerjakan tugas kelompok itu sendirian, lalu tugas dikumpulkan, ternyata nilai semua anggota di dalam kelompokmu sama besarnya. Padahal kamu yang bersusah payah mengerjakan tugas itu seorang diri.

Solusinya, kamu harus bersikap tegas terhadap anggota kelompok. Jika mereka memang enggan mengerjakan, lapor saja pada guru kalau hanya kamu yang mengerjakan tugasnya.

3Mengerjakan Tugas Buru-buru

cumibunting.com

Kadang, dosen atau guru lupa sudah memberi tugas. Ketika kamu sudah mengerjakannya terburu-buru, tapi pada hari H, tugas tersebut tidak dikumpulkan karena si pengajar lupa atau tiba-tiba tidak masuk kelas.

Hal-hal lucu seperti ini terkadang mengesalkan juga. Namun, pelajaran yang patut kita ambil adalah tidak menunda mengerjakan apapun.

Justru banyak sisi positif ketika kamu mengerjakan tugas tepat waktu. Kamu akan lebih tenang ketika mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

4Barang Kesayangan Rusak

mahapuja.blogspot.com

Pernahkah kamu meminjamkan barangmu pada teman, kemudian barang itu rusak? Padahal kamu sudah berpesan untuk menggunakannya dengan hati-hati.

Soal pinjam meminjam barang ini berkaitan dengan bagaimana seseorang sanggup mengemban amanah. Ya, ketika temanmu atau kamu meminjam sesuatu, itu sama artinya dengan temanmu atau kamu diamanahkan untuk menjaga barang tersebut sebaik mungkin.

Ketika barang rusak, maka amanah yang dibebankan tidak dituntaskan dengan baik. Konsekuensinya, si peminjam itu sulit untuk dipercaya kembali.

5Nilai Jelek

catatangurupemula.blogspot.com

Pasti kamu pernah mengalami ketika di bangku sekolah. Kamu yang belajar keras untuk menghadapi ujian justru dapat nilai lebih rendah daripada temanmu yang mencontek.

Ketika hal tersebut terjadi padamu, maka poin kejujuran adalah hal yang utama. Tinggal selanjutnya, kamu perbaiki lagi cara atau mungkin waktu belajarmu. Boleh jadi kamu terlalu berlebihan ketika belajar sehingga justru tidak optimal otak menyerap ilmu.

6Motor Kotor

sansinno.com

Menggunakan motor ketika musim hujan bisa jadi salah satu alasan timbulnya rasa kesal. Biasanya rasa kesla itu muncul ketika kamu sudah mencuci motor, kemudian kamu memprediksi bahwa hujan akan turun ketika kamu sudah di rumah.

Ternyata, hujan turun deras justru ketika kamu masih di jalan, ketika kamu masih mengendarai motor. Alhasil, motor bersihmu menjadi sangat kotor terkena lumpur atau cipratan air hujan bercampur tanah.

7Makanan Terakhir

malesbanget.com

Pernahkah kamu sengaja menyisakan satu lauk untuk dimakan terakhir karena lauk itu enak sekali? Tapi tiba-tiba seseorang mengambil makanan yang sengaja kamu sisakan itu, lalu habis seketika.

Perbuatan itu menjengkelkan sekali, sekaligus tidak sopan. Mengambil makanan tanpa izin pemiliknya.

Meskipun makanan terakhir adalah berkah, tapi tetap saja jika pemiliknya masih ada di tempat dan hendak memakannya, maka tidak boleh ada orang yang mengambil begitu saja.

8Mengingat Masa Lalu

jayakusuma23.blogspot.com

Kesalahan yang kamu buat di masa lalu, tiba-tiba teringat kembali atau sengaja diingat kembali oleh orang lain. Misalnya saja temanmu yang sengaja mengingat-ingat kesalahanmu.

Tentu kamu kesal. Itu hal yang wajar. Kesalahan yang telah lalu seharusnya tidak boleh diungkit-ungkit kembali. Selain menyebabkan kesedihan, mengungkit kesalahan sama saja dengan menyebut-nyebut aib.

Jika topik pembicaraan dan tidak ada manfaat apapun, lebih baik diam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here