Ini Lho 7 Hal yang Bikin Doa Kamu Tidak Terkabul

rumaysho.com

Rasanya tidak ada manusia yang tidak berdoa, hampir semua manusia mempunyai doa dan harapan. Dari semua manusia itu pula rasanya tidak ada yang ingin doanya tertolak, pasti semua ingin doanya terkabul.

Pasti hampir tiap hari kita berdoa, mohon sesuatu sama ALLAH, entah buat kita sendiri atau untuk orang lain.

Tapi memang tidak bisa dikabulkan semuanya lho, doa di kabulkan itu juga bertahap dan sesuai usaha kita. Kalau tidak sesuai ya jangan mimpi terlalu tinggi guys.

Tapi ada juga lho beberapa sebab doa tidak bisa dikabulkan, ini ada 7 penyebabnya.

1Makan, Minum dan Berpakaian dari yang Haram

pixabay.com

ALLAH itu maha baik guys, maha pengabul doa, tapi kalau semua doa orang dikabulkan tentu tidak adil donk. Layaknya kepada orang tua kita saja, jika patuh terhadap beliau, keinginan kita juga mudah dikasih kan.

Jika seorang yang baik akhlaknya, taat pada agama dan menjauhi yang haram tentu ALLAH akan sayang pada orang tersebut.

Tapi jika makan dan minum saja dari yang haram dan dikabulkan doanya,bagaimana perasaan kamu? Hayooo, bisa berpikir jernih kan.

2Tidak Khusyu dan Lalai

youtube.com

Kalau berdoa tidak sungguh-sungguh, ya mana mungkin doa dikabulkan.Orang mintanya juga asal-asalan juga. Doa tidak se enteng itu guys. Kalau berdoa ya harus sungguh-sungguh, jangan buat permainan. Ini sesuai sabda nabi lho.

Berdoalah kepada Allah dan kamu yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan tidak khusyu’ “ [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 3479 dan Al-Hakim no. 1817; hasan lighairihi].

3Terburu-buru Minta Dikabulkan

kaskus.co.id

Eits, jangan buru-buru ya minta dikalbulkan kalau berdoa lho. ALLAH itu tahu kok, mana yang menjadi kebutuhan kita dan sekedar keinginan kita dan ALLAH akan selalu cukupkan kebutuhan.

4Berdoa yang Mengandung Dosa

rumaysho.com

Kalau doanya mengandung dosa ya mana mungkin dikabulkan, misal begini, ya ALLAH semoga aku sukses korupsi di tempatku, wah itu doa yang sungguh terlalu guys, mimpi seribu kali kalau mau dikabulkan.

5Gemar Bermaksiat

lower.web.id

Nah ini dia yang kutulis diatas tadi guys, mana mungkin doa orang yang sering bermaksiat akan dikabulkan, enak bener kalau dikabulkan, memangnya hidup ini cuma situ yang berdoa, hehe.

6Meninggalkan Amar Maruf  dan Nahi Munkar

boombastis.com

Jika kebaikan sudah ditinggalkan, mengajak orang ke kebaikan sudah tidak penting lagi yang berdampak kemaksiatan meraja lela, tentu mana mungkin doa dikabulkan, mikir dunk!

7Memutus Tali Silaturahim

republika.co.id

Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk meminta berbuat dosa atau memutuskan silaturahimi [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2735].

Tali silaturahim terus dipegang erat ya guys, karena itu merupakan salah satu terkabulnya doa.

7 penyebab diatas semuanya ada hadisnya kok guys, insyaALLAH semuanya shahih, kalaupun ada yang salah dan kurang mohon dimaafkan ya, hehe. Semoga bermanfaat guys.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here