Penyebab Gigi Berwarna dan Cara Memutihkannya Kembali Secara Alami dan Cepat

tips-cara.info.com

Kata orang penampilan terbaik kamu mencakup banyak hal yang tergambar pada dirimu. Mulai dari karakter kepribadian hingga tampilan fisikmu.

Salah satu hal yang secara fisik dapat menjadi penilaian orang lain terhadap kamu namun sering dilupakan adalah kondisi gigimu saat ini.

Yup, gigi merupakan salah satu hal yang penting bagi kita ya guys, secara kalau gigi kuning bikin tidak percaya diri, apalagi kalau lagi sakit gigi, pasti deritanya siang dan malam.

Gigi terlihat kuning saja akan gimana gitu kalau dilihat orang, orang juga akan kurang suka pastinya melihat gigi kuning yang aduh, gak dech. Apalagi kalau sampai sakit gigi yang kamu harus kerepotan, malas ngapa-ngapain, alhasil hanya merepotkan kamu sendiri, pastinya gak mau repot kan, tuh denger lagu dangdut “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”, eh betul gak ya? Hehe.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang memiliki gigi putih terawat ataukah tidak? Kalau gigi kamu tidak terawat, hmmm, segera dech perbaiki, minimal tidak sampai sakit gigi, lebih bagusnya kalau bisa gigi menjadi putih mengkilap.

Memiliki gigi putih terawat sebenarnya cukup mudah bila kamu tahu caranya. Hanya saja banyak orang yang giginya tidak putih itu bukan karena tidak tahu, tapi karena malas merawat, padahal gigi itu layaknya sebuah diri kita lho, kalau tidak dirawat juga akan sakit, kasihan ya.

Di sisi lain, perilaku kita pada umumnya justru menjadikan gigi yang kita miliki justru semakin menguning, bahkan sampai menghitam.

Sebelum kamu mengetahui bagaimana memiliki gigi putih, sebaiknya kamu perlu mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan gigimu menjadi kuning. Atau justru sampai menghitam.

1Penyebab Gigi Tak Putih Lagi

obatsakit2011.blogspot.com

Jarang gosok gigi

Sudah jelas banget ya guys, jarang menggosok gigi atau melakukannya dengan cara yang salah. Hal ini justru dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning dan merusak lapisan gigi yang terluar.

Secara kalau gigi tidak pernah dibersihkan maka sisa-sisa makanan akan membusuk di situ dan ini yang mengakibatkan munculnya kuman dan kuman-kuman itulah yang perlahan-lahan membuat gigi bolong atau sakit.

Over minum kopi

Buat kamu yang hobi minum kopi mending agak dikurangi ya guys, karena terlalu banyak dan sering meminum kopi dan teh herbal tanpa dengan perawatan yang maksimal akan membuat gigi kamu rusak, selain kuning juga kemungkinan besar akan berlubang.

Perokok berat

Buat kamu yang suka merokok, perlu kamu perhatikan ya bahwa kandungan nikotin di dalamnya menyebabkan gigi kamu menjadi kuning, coba dech lihat para perokok berat, rata-rata mereka yang perokok berat itu giginya kalau gak kuning ya berlubang.

Walau mereka rajin gosok gigi tapi tetap saja begitu, karena memang nikotin itu salah satu racun yang menempel, idih, gak mau kan racun menempel erat dan susah hilang dalam tubuh kamu?

Suplemen atau doping

Tahu gak suplemen yang sering kamu konsumsi juga itu juga mempengaruhi gigi kamu, kandungan zat kimia dalam suplemen bisa mempengaruhi warna dan kesehatan gigi.

Jadi buat kamu yang sering mengkonsumsi minuman suplemen penambah energi atau lebih cepatnya dengan istilah doping, lebih baik segera kurangi ya, karena tidak hanya gigi yang terkena dampaknya, justru lebih banyak ke tubuh sehat kamu.

Obat pemutih gigi

Memakai obat pemutih gigi yang tidak sesuai dengan kondisi gigi akan mengakibatkan gigi kamu kuning lho, pengennya putih tapi justru kuning , secara kalau tidak konsul dulu ke dokter gigi dan main minum obat sembarangan gitu aja sich.

Selanjutnya, inilah hal-hal yang dapat kamu coba untuk memiliki dan menjaga gigi kamu tetap putih dan sehat.

2Siwak

abiummi.com

Kamu tahu gak kalau ada para pria yang mau wudhu trus bawa sebuah kayu yang digosok-gosokin ke giginya? Biasanya ini banyak ditemukan di masjid, ya iyalah namanya juga berwudhu, hehe.

Yup itu namanya siwak, siwak ini adalah alat pemutih gigi alami yang berasal dari tangkai atau akar pohon salvadora persica ini sudah lama digunakan untuk membersihkan gigi. Khususnya bagi orang muslim, membersihkan gigi menggunakan siwak merupakan ibadah tersendiri.

Kandungan kimia yang dimiliki oleh tumbuhan perdu ini banyak memiliki manfaat bagi gigi.

Diantaranya seperti klorida, potassium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, Vitamin C,Trimethyl amine, salvadorin, tanin dan beberapa mineral lainnya.

Uniknya, kandungan kimia yang ada di dalam tumbuhan ini secara keseluruhan berada pada taraf aman bagi tubuh.

Ditambah tekstur seratnya yang lembut menambah kenyamanan dan keamanan saat digunakan untuk membersihkan, memutihkan dan meyehatkan gigi.

Mungkin bagi kita kurang biasa ya guys, ada kayu digosok-gosokin ke gigi gitu, eh tapi jangan salah ya, manfaatnya luar biasa.

3Arang Kayu

organicmedia.indonetwwwork.net

Benda berikutnya yang dapat memutihkan gigi kamu adalah arang kayu. Yup, sebagian besar memang orang menggunakan arang kayu untuk membakar masakan agar lebih memiliki cita rasa khas yang lebih lezat dan mereka juga tidak tahu kalau arang kayu ternyata juga mampu memutihkan gigi.

Cara ini merupakan salah satu metode tradisional yang sering dilakukan nenek moyang kita untuk membersihkan gigi, namun di jaman sekarang sudah punah akhirnya orang tidak tahu dan merasa aneh.

Cukup gosokkan arang kayu pada gigimu yang berwarna kuning. Setelah beberapa saat sekiranya sudah cukup, bilas dengan air bersih.

Maka dalam waktu singkat akan menjadikan gigimu putih kembali. Namun metode ini tidak disarankan untuk dilakukan secara rutin lho karena mengggunakan arang kayu secara berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada email gigi, cukup beberapa kali saja, sekiranya sudah putih atau ada perubahan dicukupkan, jangan diteruskan.

Dampaknya mengakibatkan gigi kamu menjadi terasa nyeri dan mudah terserang penyakit dari luar. Gunakan cara ini sewajarnya saja.

4Kulit Jeruk

female.kompas.com

Mulai sekarang jangan membuang kulit jeruk langsung begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memutihkan gigi kamu lho.

Caranya gampang banget kok, gunakan bagian kulit jeruk bagian dalam yang berwarna putih untuk menggosok gigimu yang berwarna kuning.

Lakukan cara ini secara rutin dan dapatkan warna gigi yang putih alami seperti sediakala.

Namun untuk kamu yang memiliki gigi sensitif, cara ini tidak disarankan. Karena kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada kulit jeruk tidak cocok untuk kondisi gigi sensitifmu.

5Mengonsumsi Produk Susu

shape.com

Yup, hal berikutnya yang dapat memutihkan gigi kamu adalah produk susu. Perlu kamu tahu ya guys, varian produk susu yang beraneka ragam seperti susu pasteurisasi, yoghurt dan kefir banyak mengandung kalsium tinggi, mineral ini dapat berfungsi memutihkan sekaligus menguatkan gigi dari dalam tubuhmu.

Jadi, cobalah untuk mulai rutin mengkonsumsi berbagai produk olahan susu. Dan pastikan produk tersebut mengandung kalsium yang tinggi.

Buat kamu yang gak suka susu ya tidak masalah, cobalah dengan yang lain pada intinya merawat gigi putih alami tidak harus selalu dari luar, perawatan dari dalam tubuh pun perlu kamu lakukan secara rutin.

6Baking Soda

davidwolfe.com

Bahan berikutnya adalah baking soda. Kita mungkin sudah tahu beberapa kali ya, tentang pasta gigi yang mengandung baking soda yang mmapu memutihkan gigi.

Yup memang betul, kamu dapat menggunakan baking soda untuk menghilangkan gigi kuning. Baking soda ini dapat menghapus plak serta membuat gigi menjadi putih dan indah.

Caranya ambil beberapa sendok makan baking soda dan sedikit pasta gigi. Campurkan baking soda dengan pasta gigi dan sikat gigi kamu dengan menggunakan campuran tersebut, bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam seminggu

Kenapa kok cukup dua kali dalam seminggu? Karena ini sifatnya hanya memutihkan bukan membersihkan, kalau membersihkan itu tiap hari, tapi kalau memutihkan cukup 2 kali, kalau terlalu banyak justru merusak gigi kamu.

7Stroberry

nurunalanur.com.tr

Yup, berikutnya yang bisa bikin gigi kamu putih adalah buah stroberry. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat membuat gigi kamu menjadi lebih putih, cerah dan indah.

Caranya cukup mudah, siapkan beberapa stroberi dan giling sampai berbentuk pasta. Gosok gigi kamu dengan stroberi tersebut. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Memang rasanya agak bagaimana gitu, tapi jika sudah terbiasa kamu akan menikmatinya dan tentunya kamu akan dapat hasil yang maksimal.

Eh tapi bukan berarti gak sikat gigi dengan pasta gigi umumnya lho, kamu bisa sikat gigi dengan strobery pada malam hari dan pasta gigi pada pagi hari.

8Hidrogen Peroksida

warungkopi.okezone.com

Mungkin masih asing dengan benda ini ya guys. Hidrogen peroksida dapat menghilangkan gigi kuning. Gunakan hidrogen peroksida tersebut untuk berkumur dan jangan sampai tertelan.

Kamu dapat mencoba cara lainnya yaitu dengan membuat pasta dari hidrogen peroksida dan baking soda, lalu gosok gigi kamu dengan pasta tersebut. Berhati-hatilah pada saat berkumur dengan menggunakan hidrogen peroksida karena jika sampai tertelan akan ber efek kurang baik pada tubuh kamu.

9Lemon

en.wikipedia.org

Setelah kita tahu tentang kulit jeruk di atas, pastinya kita juga musti tahu lemon guys. Lemon memiliki sifat pemutih yang dapat menghilangkan gigi kuning kamu, jika kamu gak percaya coba buktikan dengan melakukan hal di bawah ini.

Siapkan beberapa sendok makan garam dan beberapa tetes perasan air lemon. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu gosok gigi kamu dengan menggunakan campuran tersebut. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Pasti dech gigi kamu yang kuning itu akan berangsung memutih, dicoba ya, aman kok.

10Garam

kulinercimahi.com

Berikutnya bahan yang dapat memutihkan gigi kamu adalah garam. Yup, garam dapat menghilangkan gigi kuning. Garam juga dapat membersihkan gigi serta membuat gigi tampak berkilau dan cerah.

Caranya dengan, ambil 2 sendok makan garam dan tambahkan ke pasta gigi kamu. Kamu juga dapat mencampurnya dengan baking soda. Gosokkan ke seluruh permukaan gigi kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan campuran pasta dan garam ini bisa kamu lakukan tiap malam sebelum tidur, jika dirasa cukup atau sudah nampak putih, sebaiknya hentikan penggunaan garam, cukup gosok gigi dengan pasta gigi.

11Apel

disehat.com

Yup, buah yang mungkin kita gak menyangka ya guys. Dengan mengunyah buah apel dapat memutihkan gigi kamu yang disebabkan oleh kuman serta dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat.

Alangkah baiknya untuk mengunyah apel setidaknya 1 atau 2 apel setiap hari, hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apel dapat membuat gigi kamu menjadi putih karena buah apel mengandung sifat asam yang dapat membersihkan gigi.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri harga apel memang agak mahal, jadi cara ini cara yang mahal, hehe.

12Daun Mimba

berkhasiat.web.id

Mungkin terdengar asing di telinga kita ya guys, namun mimba atau dalam bahasa Inggrisnya margosa dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi lho. Ini merupakan salah satu cara tradisional untuk memutihkan gigi.

Tidak hanya itu saja daun mimba juga dapat menghilangkan bau mulut kamu lho.

Caranya begini, ambil daun mimba dan ambil minyaknya saja, kemudian campurkan dengan pasta gigi biasa. Sikat gigi kamu menggunakan pasta gigi yang sudah dicampur dengan minyak mimba tersebut dan lakukan 2 kali sehari

13Kulit Pisang

anggurberry.com

Yup, baru sadar dan baru tahu mungkin kamu guys, kulit pisang yang sering dibuang begitu saja ternyata ada manfaatnya lho.Selain buah pisang yang kaya akan kandungan serat dan vitamin, kulit pisang pun juga dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Gosok gigi kamu dengan menggunakan pisang selama 2 hingga 3 menit. Gosok secara merata pada seluruh gigi dan lakukan 2 kali dalam sehari.

Setelah kamu menggosok gigi dengan menggunakan kulit pisang, kamu baiknya menggosok gigi kamu kembali dengan pasta gigi biasa, karena kulit pisang ini sifatnya hanya memutihkan gigi bukan membersihkan, jadi untuk membersihkan gigi harus gosok gigi seperti biasa.

14Cokelat Hitam

nuga.co

Mungkin terdengar aneh ya guys, secara cokelat pada umumnya dapat membuat gigi menjadi keropos. Namun, cokelat hitam dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Hal ini karena cokelat hitam mengandung zat yang dapat memperkuat permukaan gigi serta dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Caranya makan aja beberapa cokelat hitam dalam sehari, tapi jangan terlalu banyak ya guys, karena efeknya nanti kamu tambah gendut atau kegemukan.

15Wortel

aridoc.blogspot.com

Yup, betul sekali, wortel yang selama ini kita kenal sebagai sayuran yang baik untuk mata, ternyata juga mempunyai manfaat lain.

Mengkonsumsi wortel setiap hari dapat menghilangkan gigi kuning kamu. Cukup dengan mengkonsumsi 1 buah wortel setiap hari.

Jika kamu tidak suka makan wortel ada cara lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengkupas kulit wortel terlebih dahulu, lalu celupkan dalam jus lemon, dan gosok seluruh gigi kamu dengan campuran tersebut.

Lakukan 1 kali dalam sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

16Jahe

horakhty.esy.es

Jahe memang tanaman serba guna, tidak hanya sebagai obat batuk saja, tapi juga dapat memutihkan gigi kamu.

Jahe dapat bermanfaat untuk menghilangkan gigi kuning dan dapat membuat gigi menjadi lebih putih.

Caranya jahe di rebus kemudian dihancurkan lalu buat pasta dari jahe dan gosok gigi kamu dengan menggunakan pasta tersebut. Eh tapi jangan terlalu banyak ya guys, sifat jahe yang panas akan dapat membakar lidah kamu.

Jadi penggunaan ini cukup sedikit saja, jangan seperti porsi pasta gigi pada umumnya, kira-kira setengahnya saja.

17Permen Karet Tanpa Gula

kaskus.co.id

Kalau ini sudah banyak diketahui ya guys, banyak khususnya para pemud ayang hobi mendaki gunung, kalau tidak bisa menggosok gigi, mereka akan mengunyah permen karet.

Selain dapaet membersihkan gigi, permen karet juga dapat memutihkan gigi. Namun harus kamu tahu ya, yang dimaksud adalah permen karet yang tidak mengandung gula.

Ada beberapa jenis permen karet dan salah satunya adalah permen karet non gula, cari aja di toko, ada kok.

Tentu beda rasa beda manfaat guys, permen karet tanpa gula dapat menghilangkan bakteri, selain itu permen karet tanpa gula juga dapat menghilangkan bau mulut kamu lho.

18Air Hangat

vr-zone.com

Menggunakan air hangat merupakan salah satu cara sederhana yang dapat memutihkan gigi. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu.

Caranya gampang banget siapkan saja air hangat, lalu campurkan dengan garam dan lemon. Gunakan air hangat yang sudah dicampur tersebut untuk berkumur selama 1 menit atau lebih dan lakukan secara berulang-ulang sampai beberapa kali.

Jika kamu ingn hasil yang maksimal, tentu dong lakukan itu setiap hari, toh gak sulit juga campurannya.

19Cuka Sari Apel

penting.id

Berikutnya yang dapat memutihkan gigi kamu adaah cuka sari apel.Cuka sari apel juga dapat membuat gigi kamu menjadi lebih tampak putih dan memperbaiki kondisi gigi.

Caranya begini, siapkan minyak zaitun serta cuka sari apel dan rendam sikat gigi kamu selama beberapa detik. Sikat dengan menggunakan pasta gigi tersebut dan lakukan 2 kali dalam sehari.

Daun salam

Daun salam juga merupakan salah satu cara tradisional yang dapat memutihkan gigi kamu lho.

Caranya buat pasta dari daun salam dan kulit jeruk. Gosok gigi kamu dengan menggunakan pasta tersebut dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Kemudian, gosok gigi kamu dengan menggunakan pasta gigi biasa. Cukup lakukan 2 kali dalam sehari saja, hasilnya lumayan kok.

20Biji Buah Pinang

indotrading.com

Sudah tahu buah pinang belum guys? kalau belum tahu, kamu harus tahu ya, ternyata manfaat buah pinang bagi kesehatan sangat lengkap, termasuk salah satunya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Biji buah pinang sangat berkhasiat untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Bahkan dengan pemakaian secara rutin biji buah pinang juga berkhasiat menguatkan gigi lho!

Begini cara memutihkan gigi dengan biji buah pinang, pertama bakar biji buah pinang sampai hangus. Selanjutnya haluskan sampai lembut dan campur dengan air hangat.

Gosokan ke bagian gigi dengan kain katun, kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

21Gunakan Obat Kumur

health.kompas.com

Cara berikutnya agar gigi tetap terlihat putih dan bersih, biasakanlah untuk menggunakan obat kumur. Selain itu, obat kumur membuat nafas menjadi lebih segar. Namun, pilihlah obat kumur yang tidak berwarna karena obat kumur yang memiliki warna lama-kelamaan akan menjadikan warna gigi menjadi gelap.

Tentu ini malah berbahaya bagi gigi ya guys, jadi untuk penggunaan obat kumur ini harus extra hati-hati, jangan sembarangan milih obat kumur.

22Menggunakan Minyak Kelapa

prosesdetox.com

Membersihkan gigi juga bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa juga bisa dikombinasi dengan jenis bahan lainnya sehingga bisa menjadi sebua pasta dan bisa digunakan menjadi pasta gigi.

Penggunaanya cukup mudah, yakni dengan menggunakan tiga sendok makan minyak kelapa, tiga sendok makan baking soda, 25 tetes minyak esentian peppermint dan satu sachet stevia.

Cara pembuatannya juga mudah yakni dengan mencampurkan minyak kelapa dan baking soda kedalam mangkuk kemudian menganduknya dengan menggunakan garpu hingga menjadi rata.

Setelah itu bisa menambahkan minyak esentian peppermint, stevia lalu diaduk sampai menyerupai seperti pasta gigi. kamu bisa menggunakan pasta gigi ini untuk membersihkan gigi kamu agar gigi tetap bersih dan bebas bau mulut.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan gigi kamu, tidak hanya memutihkan, tapi juga membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Cara berikutnya yang perlu kamu tahu selain menjaga atau membersihkan gigi yang berwarna kuning dari luar, kamu juga perlu tahu hal-hal yang mendukung agar gigi kuning kamu gak muncul lagi.

Percuma dong kalau tiap hari dengan rajin gosok gigi tapi gak tahu bagaimana cara merawatnya.

Di bawah ini beberapa tips yang perlu lakukan agar gigi kamu, setelah kuning menjadi putih agar tetap menjadi putih.

23Berhenti Merokok

health.kompas.com

Yup, sudah disebutkan di atas ya guys dan perlu kamu ketahui sebenarnya rokok mengandung, nikotin, tar dan campuran tembakau yang dapat membuat gigi menguning.

Jika kamu benar-benar ingin memutihkan gigi dengan cepat sebaiknya hentikan rokok sekarang juga. Selain dapat memutihkan gigi kuning, menghentikan rokok juga dapat membuat hidup kamu jauh lebih sehat

24Banyak Minum Air Putih

papasemar.com

Tahu tidak guys? Air putih adalah salah satu bahan alami yang selain baik untuk dikonsumsi juga bisa berfungsi untuk membersihkan gigi kamu lho.

Maka perbanyak minum air putih setiap hari, kalau sesuai saran dokter 2,5 liter perhari, ya rata-rata 9 gelas per hari.

25Hindari Minuman Berwarna

kvia.com

Kalau di atas disebutkan perbanyak minum air putih,hal ini bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi minuman yang berwarna. Minuman berwarna boleh saja untuk dikonsumsi namun minuman yang mengandung pewarna bisa membuat gigi menjadi kusam dan kotor.

Jadi kamu juga harus selektif dalam memilih minuman yang berwarna, banyak sekali minuman yang berwarna dan banyak juga yang tidak menyehatkan.

Apabila kamu suka mengkonsumsi minuman yang memiliki pewarna, sebaiknya kamu selingi dengan minum air putih ya, agar gigi kamu tetap bersih.

26Hindari Kopi dan Soda

eatthis.com

Tips berikutnya untuk menjaga gigi agar tetap putih dan tidak kuning, sebisa mungkin harus menghindari penyebab gigi menjadi kuning itu sendiri yakni kopi dan juga soda.

Yup, kopi sudah banyak disebutkan di atas ya guys, sedangkan soda diyakini dapat membuat gigi menjadi rapuh. Sebenarnya boleh saja untuk minum kopi atau soda asalkan tidak berlebihan. Jangan tiap hari minum kopi dan soda, apalgi campuran keduanya.

27Gosok Gigi rutin

kenapasih.com

Ya pastinya ya guys, untuk menjaga atau memutihkan gigi paling tidak gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Terlebih lagi jika menyikat gigi setelah makan, hal ini guna untuk menjaga kebersihan gigi. Dan juga gosok gigi kamu sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi yang cocok untuk gusi kamu dan jangan menyikat gigi terlalu keras, hal ini dapat merusak gusi.

28Perbanyak Konsumsi Sayuran

lintasmetro.com

Tips yang terakhir adalah perbanyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, mentimun dan wortel, karena ketiga sayuran itu mampu menjaga putihnya gigi kamu.

Itulah ulasan lengkap tentang cara memutihkan gigi, mulai dari penyebab gigi tidak bisa putih, cara membuat gigi putih kembali dan tips bagaimana merawat gigi agar tetap putih.

Bagi kamu yang ingin mencoba di rumah, pilih salah satu dari bahan-bahan yang disebutkan di atas, lakukan secara rutin, jangan berganti-ganti, pasti kamu akan dapat hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat bagi kita semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here