6 Hal Krusial dari Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Bayumasan

resephariini.com

Kalau kamu penyuka makanan dari tempe, kamu pasti tahu salah satu olahan tempe yang disebut tempe mendoan. Nah, bagaimana sih cara membuat tempe mendoan?

Dalam artikel ini selain akan dibahas mengenai cara membuat tempe mendoan, akan dibahas juga beberapa hal yang terkait dengan tempe mendoan. Jadi, baca ulasan di bawah ini hingga selesai ya!

1Sejarah Tempe Mendoan

veroathome.com

Tentu saja semua orang tahu bahwa muasal olahan tempe mendoan adalah kawasan Bayumasan. Kalau kamu ingin merasakan olahan tempe mendoan yang asli, kamu bisa datang ke Banyumas, Purwokerto, Tegal, Pemalang dan daerah di sekitarnya.

Nah, di daerah aslinya yaitu daerah sekitaran Banyumasan, yang dimaksud dengan tempe mendoan adalah irisan tempe yang dibalut tepung terigu kemudian digoreng dan disajikan dalam kondisi setengah matang.

Artinya, tepung terigu belum matang sempurna dan hasilnya adalah tekstur tempe yang juicy dan penuh minyak goreng. Sedangkan di daerah luar Banyumasan, yang disebut tempe mendoan hanyalah tempe yang digoreng menggunakan tepung terigu.

Jadi, di daerah luar Banyumasan seperti di Solo, Yogyakarta bahkan Jakarta, tempe mendoan tidak digoreng setengah matang. Namun digoreng hingga matang bahkan hingga tekstur tepungnya terasa crispy.

2Tips Cara Membuat Tempe Mendoan

campurbawurs.com

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan tempe mendoan yang enak dan nikmat. Pertama, tentang pemilihan tempe, gunakan tempe yang dikemas per satuan buah dalam daun pisang.

Tempe jenis ini lebih enak dan pas teksturnya dibandingkan tempe kotak atau tempe yang dikemas dalam plastik. Kedua, gunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang agar tekstur tepung setelah digoreng tidak keras dan alot.

Ketiga, tambahkan 1 sendok tepung maizena, tepung tapioka atau tepung beras untuk membuat tekstur tepung setelah digoreng cukup renyah dan pas. Dan terakhir, tentu saja gunakan minyak baru agar aroma dan citarasa tempe sempurna.

3Sambal Tempe Mendoan

flickr.com

Umumnya tempe mendoan Purwokerto disajikan dengan sambal kecap. Sambal sederhana berisi irisan lombok pedas yang dicampur dengan kecap manis. Kemudian irisan lombok digilas kasar dengan sendok.

Tentu saja kamu bisa memilih untuk membuat sambal lainnya sesuai selera kamu. Kamu bisa membuat sambal terasi, sambal bajak, sambal kacang, sambal tomat, sambal goreng, atau sambal pedas apapun yang kamu suka.

4Bahan Membuat Tempe Mendoan

ducoindustries.com
  • 10 buah tempe satuan yang dibungkus dengan daun pisang
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan (sdm) tepung tapioka atau tepung beras
  • 400 ml air matang
  • 2 batang bawang polong atau daun bawang, iris halus
  • Minyak goreng baru

5Bahan Bumbu Halus

neodamail.blogspot.com
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • ¾ sdt ketumbar
  • 1 cm kencur

6Cara membuat Tempe Mendoan

holobis.net
  1. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan bumbu halus yang telah diuleg ke dalam wadah adonan.
  2. Tambahkan air dan aduk rata hingga menjadi adonan tepung yang tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  3. Kemudian tambahkan irisan daun bawang atau bawang polong.
  4. Lalu celupkan tempe yang telah dilepas dari bungkusnya ke dalam adonan tepung. Pastikan seluruh bagian tempe tercelup sempurna dan terbalut oleh adonan tepung terigu.
  5. Siapkan minyak baru di atas wajan dengan jumlah yang cukup. Panaskan dengan api sedang.
  6. Angkat tempe dari adonan tepung dan masukkan dalam wajan yang telah berisi minyak panas.
  7. Goreng sesuai selera kamu. Artinya, kamu bisa menggorengnya setengah matang seperti tempe mendoan Banyumasan. Atau kamu bisa menggorengnya hingga matang dan crispy seperti tempe mendoan Jakarta.
  8. Angkat tempe mendoan dan tiriskan hingga minyak hanya terlihat tersisa sedikit yang menempel pada tempe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here