Inilah 5 Hal-hal Istimewa yang Hanya Bisa Kita Temui di Bulan Ramadhan

smeaker.com

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Persiapan apa yang sudah kamu lakukan untuk menyambut bulan suci penuh limpahan berkah dan ampunan dari Allah ini?

Hmm, jangan sampai kamu terlalu fokus pada persiapan duniawi saja seperti berbelanja ini itu, namun lupa menyiapkan kekuatan fisik untuk berpuasa dan amalan-amalan terbaikmu untuk menjemput pahala dari Allah.

Bulan Ramadhan sangat istimewa, karena di bulan ini dosa-dosa umat Muslim diangkat dan syaithan dibelenggu dari menggoda umat manusia.

Nah, selain keistimewaan dari Allah tersebut, adala lagi 5 hal istimewa dan luar biasa yang akan membuat kita rindu pada bulan Ramadhan, karena hanya pada bulan ini saja dapat kita temukan hal-hal berikut.

Apa sajakah itu?

1Shalat Tarawih

funza-islam.blogspot.com

Apakah kamu bisa menemukan sholat berjamaah di masjid dan dilakukan setelah sholat isya’ ini di luar bulan Ramadhan? Tentu jawabannya adalah tidak!

Sejatinya sholat tarawih masuk dalam kategori sholat malam, namun memang sholat ini hanya dilakukan saat bulan Ramadhan dan tidak di bulan lain. Rasulullah telah menjalankannya pada masa dahulu dan diteruskan oleh umat sekarang.

Selain menyempurnakan bulan Ramadhan dengan ibadah sunnah tersebut, sholat tarawih juga dapat menghidupkan masjid, karena setelah sholat tarawih biasanya dilanjutkan dengan tadarus Qur’an sampai pagi.

2Buka Bersama

alummbjm.wordpress.com

Salah satu amalan wajib dalam berpuasa baik sunnah maupun puasa wajib Ramadhan adalah berbuka setelah seharian penuh berpuasa.

Namun yang hanya akan bisa kita temukan di bulan Ramadhan adalah suasana berbuka puasa bersama, entah dengan keluarga besar, teman-teman, sahabat, atau rekan kerja, yang membuat tali silaturahim makin erat.

Selain berbuka puasa di rumah makan atau rumah perseorangan, yang paling istimewa kita temui di masjid, panti asuhan, pondok pesantren, juga akan ramai dengan kegiatan semacam ini.

Tak hanya sekedar berbuka saja, namun biasanya sering ada tausiyah atau kajian ilmu dari ustadz/ah sebelum adzan maghrib berkumandang.

3I’tikaf di Masjid dan Sahur Bersama

ikapunyaberita.wordpress.com

Nuansa syahdu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan akan sangat terasa saat masuk waktu I’tikaf. Walau sejatinya I’tikaf bisa dilakukan kapan saja, namun hanya pada bulan Ramadhan ibadah ini banyak dilakukan.

Masjid-masjid menjadi ramai dengan orang yang mabit (menginap) di masjid, namun tak hanya sekedar tidur, melainkan membaca Qur’an, mendengarkan kajian ilmu agama, sholat tahajud bersama, sahur bersama, bahkan sampai sholat subuh bersama.

Hal tersebut hanya bisa kita temui tentunya di bulan Ramadhan saja.

4Acara Kultum Menjelang Berbuka dan Saat Sahur

youtube.com

Stasiun televisi maupun radio pun tak kalah membantu menyemarakkan tema Ramadhan. Selain mungkin karena ingin meraup rating tinggi juga tentunya dengan tujuan menghibur pemirsa.

Yang akan akrab sekali bagi pemirsa televisi atau pendengar radio adalah adanya kajian atau tausiyah maupun kultum khusus Ramadhan menjelang waktu berbuka atau sahur.

Dan tentunya, hal ini hanya bisa kita temui di bulan Ramadhan saja.

5Pasar Takjil

www.qraved.com

Dan yang istimewa sekali di bulan suci penuh berkah dan ampunan ini, adanya pasar takjil di sepanjang jalan, di alun-alun, atau pusat perbelanjaan lain, yang menyuguhkan berbagai makanan dan minuman ringan.

Takjil dikenal sebagai makanan atau minuman pembuka bagi orang yang akan berbuka puasa, mengingat tubuh yang seharian kosong dari makanan dan minuman tak baik jika langsung diberi makanan berat.

Nah, suasana ini memang hanya kamu temukan di bulan Ramadhan saja.

Bagaimana? 5 hal di atas tentu semakin membuatmu rindu dengan suasana Ramadhan bukan? Jangan sampai kita berfokus saja pada hingar bingarnya namun lupa pada kesiapan ibadah kita lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here