Berapa Banyak Air yang Harus Diminum dalam Sehari?

ANDA mungkin sering mendengar keharusan minum air delapan gelas dalam sehari. Delapan gelas air hampir sama dengan botol berukuran dua liter, terdengar menakutkan, bukan?

Dilansir dari self.com, Senin (13/11/2017), kebutuhan cairan setiap individu tergantung pada usia, jenis kelamin, dan di mana Anda tinggal. Kebutuhan cairan Anda sendiri dalam sehari bisa bervariasi, tergantung kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut.

Institute of Medicine menyarankan para wanita untuk memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 2,7 liter, yang berarti 11 gelas air dalam sehari. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah, kebutuhan ini berasal dari segala sumber cairan yang Anda konsumsi, entah itu teh, kopi, atau pun makanan yang mengandung air.

Mendengarkan tubuh Anda adalah hal terbaik yang bisa dilakukan, selain minum air, makan saat lapar dan minum saat haus. Berhenti berpikir bahwa delapan gelas air dalam sehari harus benar-benar dari air putih, cobalah air yang diinfus dengan buah-buahan, teh tanpa pemanis, dan buah-buahan atau sayuran yang memiliki kandungan air tinggi.

Cara terbaik mengetahui apakah asupan cairan Anda cukup atau tidak adalah dengan mendengarkan tubuh. Jika tubuh mengatakan haus, ini kemungkinan tubuh telah mengalami dehidrasi.

Cara lainnya adalah menengok cairan setelah Anda buang air kecil. Jika air kencing berwarna kuning muda, ini berarti Anda mendapatkan cukup cairan, sedangkan jika warnanya gelap, dan berbau, kemungkinan besar Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Lapar juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang haus. Tanda haus dan lapar berasal dari bagian otak yang sama, sehingga terkadang Anda bingung untuk membedakannya.

Jika tiba-tiba merasa lapar, sedangkan Anda merasa asupan makanan telah cukup saat itu, ini kemungkinan besar, tubuh merasa haus. Tanda tubuh mengalami dehidrasi bisa dari banyak hal, mulut kering, bibir pecah-pecah, kram, kejang otot, bau mulut, mata cekung, bahkan demam.

Kebutuhan yang berbeda

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, sebenarnya kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda disesuaikan dengan berat badan serta beratnya aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh, mereka yang bekerja di luar ruangan dengan porsi yang berat butuh banyak minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Lalu, kebutuhan air minum mereka yang gemuk juga pasti berbeda dengan mereka yang kurus.

Menurut Dr. Michael Mosley, peneliti dari Brit Lab disebutkan bahwa kebutuhan air minum pria dan wanita ternyata berbeda. Wanita disarankan untuk minum 2 liter air per hari. Sementara pria butuh 3 liter air minum per hari atau setara dengan 15 gelas air minum.

“Namun sebagian dari air yang Anda minum tidak selalu berasal dari minuman. Makanan yang mengandung banyak air pun juga bisa terhitung mampu memenuhi kebutuhan cairan harianmu sehingga hal ini berarti kamu tidak perlu minum air sebanyak yang kamu pikirkan,” terangnya.

“Pada intinya dengarkan tubuh Anda. Tubuh bisa mengirimkan sinyal dengan jelas apakah Anda minum banyak air atau malah kekurangan air. Oleh karena itu perhatikan dengan baik setiap sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh demi kesehatan tubuh.”

Cara mengetahui kebutuhan air

Sebenarnya kebutuhan asupan air pada setiap orang bisa berbeda-beda, meskipun memang umumnya disarankan minimal delapan gelas per hari. Banyaknya cairan yang diperlukan tergantung dari berat badan, aktivitas tubuh hingga pola makan sehari-hari. Seperti dikutip dari Times of India, begini formulanya untuk mengetahui apakah Anda sudah mencukupi cairan atau belum.

Yang pertama, timbang berat badan. Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda, dan kebutuhan akan cairannya pun bisa berbeda. Misalnya saja orang dengan berat badan 45 kg tidak perlu meminum air sebanyak orang yang memiliki bobot 70 kg. 

Selanjutnya, bagi Per 30. Bagi berat badan Anda dengan angka 30, jawabannya adalah liter air yang perlu Anda minum per harinya. Sebagai contoh, jika berat Anda 60 kg, maka jika dibagi dengan 30, berarti air yang perlu Anda minum adalah 2 liter. Apabila berat 80 kg, maka 80 : 30 = 2,6, berarti Anda perlu minum 2 liter 600 ml air. Sementara itu untuk berat badan 45 kg, air yang perlu diminum adalah 1,5 liter.

Jika Anda rutin olahraga, berarti tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Maka dari itu Anda perlu menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Disarankan menambah sekitar 350 ml air untuk setiap sesi olahraga selama 0,5 jam. Jadi apabila Anda olahraga selama satu jam maka asupan air yang perlu ditambah 0,7 liter atau setara 700 ml.

Kemudian, makanan Juga Mengandung Air. Jika Anda disarankan minum 1,5 atau 2 liter air, bukan berarti Anda harus minum air putih sebanyak itu. Kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi lewat makanan. Sekitar 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang Anda santap. Baik itu berasal dari buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sisanya, harus tetap dipenuhi dalam bentuk minuman dan diutamakan air putih.

Apel misalnya, dalam satu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar 116 ml air. Sementara jeruk seberat 140 gram mengandung sekitar 122 ml air. Sementara sayuran rata-rata mengandung air sekitar 19 hingga 114 ml.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here