8 Rahasia Belajar Teknik Catur yang Mematikan

teknik dan strategi bermain catur

Catur merupakan permainan mengasah otak yang dimainkan oleh 2 orang pemain yang saling berhadapan. Papan catur memiliki 60 kotak yang berbentuk persegi dan hanya ada warna hitam dan putih pada papan tersebut.

Setiap pemain mempunyai 16 buah biji tentara catur, yang terdiri dari 1 buah raja, 1 buah ratu, 2 buah benteng, 2 buah kuncung, 2 buah kuda dan 8 buah pion.

Pada kedua pemain dimana tentara ditempatkan seperti lambang huruf (dari a sampai h), sedangkan dua sisi lainya ditandai dengan angka-angka (dari 1 sampai 8).

Catur merupakan permainan yang banyak digemari oleh masyarakat karena permainan ini memerlukan strategi yang matang untuk bisa mengalahkan lawannya dengan cepat dan tepat.

Dalam permainan catur, setiap langkahnya menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan cermat. Karena jika sampai salah langkah maka akan menjadi fatal akibatnya.

Maka dari itu diperlukan teknik cara bermain catur secara cepat dan tepat dalam bermain catur agar dapat memenangkan permainan catur dengan cepat.

Maksud dari permainan ini adalah untuk mematikan pergerakan raja (skakmat) dengan menggunakan peraturan dasar catur dan teknik catur yang benar.

Sebelum memulai pertandingan catur ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu menyiapkan papan catur, menempatkan posisi tentara pada tempatnya, merancang strategi yang akan digunakan.

Dalam bermain catur sangat membutuhkan strategi dan teknik-teknik dasar catur untuk dalam menyerang pergerakan lawan. Setiap pergerakan tentara mengandung maksud dan tujuan untuk mematikian langkah kita.

Berperang strategi saat bermain catur adalah salah satu keseruan tersendiri dan mejadi ciri khas dari permainan catur.

Permainan catur dalam bahasa Indonesia dikenal dengan catur yang dalam bahasa sansekerta berarti empat.

Makna catur adalah  4 sudut dalam papan permainan catur ini. Permainan ini sudah sangat lama adanya sejak zaman dimana Negara-negara masih dalam bentuk kerajaan.

Tidak salah jika permainan ini merupakan manivestasi dari simbol kerajaan dalam setiap bidak catur yang dimainkan. Permainan ini dikenal berasal dari India zaman kekaisaran Gupta sebelum akhirnya di populerkan oleh bangsa eropa pada permulaan abad 19.

Dalam bahasa inggris sendiri disebut chess yang diambil dari kata shah asal bahasa Persia.

Catur memang dikenal sebagai permainan olah otak, yang menurut pandangan umum bahwa mampu melatih kemampuan otak. Adapun banyak penelitian yang mengklaim hal tersebut, bahwa permainan ini berkaitan erat pada perkembangan kemampuan otak.

Otak adalah organ yang cukup penting bagi manusia, semua fungsi kerja tubuh kita baik secara sadar atau tidak sadar dipengaruhi oleh otak.

Tidak hanya IQ yang di dapat, SQ pun turut dipengaruhi oleh permainan ini. Spritual Question yang berperan dalam menumbuhkan spirit mental atau motivasi jiwa seseorang ini bisa di tingkatkan salah satunya dengan bermain catur.

Hal ini di buktikan oleh penelitian Dr. Stefurak yang merupakan neuropsikologi kognitif menyatakan bahwa “instruksi dalam catur menstimulus pikiran dan emosi untuk menyusun susunan mental yang membuat timbulnya motivasi diri untuk pengembangan diri meraih prestasi belajar di sekolah dan dalam kehidupan”.

Bermain catur butuh berpikir yang mendalam. Berpikir dengan sangat dalam itupun membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak aneh jika kita lihat bahwa catur berlangsung sangat lama bahkan sampai berjam-jam.

Jika yang bertanding adalah para master kelas internasional pasti akan membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama, bahkan bisa saja sampai draw atau tidak ada yang menang maupun yang kalah.

Inilah yang membuat pemain tersebut terlatih kesabarannya. Sekalinya kita tidak sabar, justru akan membuat kita mengambil keputusan langkah yang salah.

Ketika kamu sedang membutuhkan hiburan dan suasana hati sedang gundah gulana, permainan catur ini sangat cocok untuk dimainkan pada moment-moment tersebut. Maka jika kamu bermain catur, otomatis pikiran-pikiran yang menggangu akan hilang dengan sendirinya.

Pada Artikel ini saya akan membahas tentang teknik bermain catur yang elegan, santai tapi mematikan dengan melakukan strategi yang sulit ditebak oleh lawan. Kefokusan, konsentrasi dan kesabaran dalam membaca gerak-gerik lawan sangatlah dibutuhkan dalam melakukan permainan ini.

Dalam bermain catur ini membutuhkan pengalaman dan sense of inteligent yang tinggi dalam melakukan serangan yang gencar.

Teknik Belajar Bermain Catur

Teknik Belajar Bermain Catur untuk pemula

Teknik Belajar Bermain Catur. Sumber gamabar: digicpix.com

Sebelum mengetahui teknik tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu fungsi masing-masing buah catur.

Setiap buah catur sejenis memiliki cara melangkah yang berbeda-beda. Setiap buah tidak dapat melompati buah lainnya kecuali kuda. Buah catur dapat melangkah untuk menempati buah catur lawan yang disebut dengan menangkap.

Namun hal ini tidak dapat dilakukan pada buah catur milik sendiri. Ada banyak tujuan dari melangkahkan buah catur beberapa diantaranya yaitu: menguasai posisi penting, menangkap, mengancam, melindungi, melakukan blokade, dan lain-lain.

Raja merupakan buah catur yang paling lemah dan paling penting. Raja hanya dapat melangkah satu petak di sampingnnya baik kiri, kanan, atas , bawah dan secara diagonal. Sedangkan mentri merupakan buah catur yang paling kuat. Hal ini karena ia dapat melangkah seperti raja namun tanpa batasan petak.

Benteng dapat melangkah ke kiri, kanan, atas dan bawah tanpa batasan petak. Benteng merupakan buah yang sangat kuat jika saling terhubung dengan benteng yang lain sehingga saling melindungi.

Cara melangkah kuda berbeda dengan buah yang lainnya. Cara melangkahnnya seperti huruf “L” dan dapat melompati buah lainnya.

Bidak merupakan buah yang tidak begitu penting. Namun posisi bidak sangat menentukan cara bermain dalam permainan catur. Posisi bidak yang saling terkait merupakan posisi yang paling kuat. Berbeda dengan buah yang lain cara menangkap bidak berbeda dengan cara ia melangkah. Bidak menangkap secara diagonal dan cara melangkahnya kedepan.

Segala hal apapun kita harus mengetahui teknik dan ilmu yang benar agar hasil yang ingin dicapai memuaskan. Hal ini juga berpengaruh didalam bermain catur. Teknik yang anti mainstream harus dipelajari supaya kamu bisa mematikan lawan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang harus dipelajari oleh pemain catur pemula:

  1. Awali permainan dengan cara yang elegan, yaitu memulai menggerakan satu pion dengan dua langkah maju ke depan atau bisa juga menjalankan dua buah pion dari sisi pojok kiri dan kanan masing-masing satu langkah.
  2. Sebelum menggerakan gajah alangkah lebih baiknya menjalankan kuda terlebih dahulu. Pergerakan kuda yang zigzag (seperti huruf L) akan lebih mudah mendobrak pertahanan lawan.
  3. Kemudian prioritaskan menggerakan gajah sebelum benteng.
  4. Bila kondisi memungkinkan, dahulukan menjalankan benteng sebelum melangakahkan mentri sebagai penjaga terakhir dari raja.
  5. Sebaiknya pejabat seperti kuda, benteng ataupun gajah harus bisa mempertahankan pion agar tidak banyak termakan oleh pihak lawan. Hal ini berguna disaat permainan memasuki babak-babak akhir.
  6. Pakai teknik menipu lawan atau sergapan yang dapat mematikan gerakan lawan.
  7. Gunakan strategi yang sulit dipahami oleh lawan saat permainan berlangsung
  8. Jika dalam posisi tertekan oleh lawan, tidak masalah merelakan salah satu tentara kamu untuk mendapatkan tentara lawan yang lebih tinggi jabatanya.

Istilah-istilah Dalam Permainan Catur

Maxmanroe.com
Maxmanroe.com

Rokade merupakan salah satu cara membuat raja lebih aman dan juga memposisikan benteng siap bermain secara bersamaan. Ada dua jenis rokade yaitu rokade panjang dan pendek. Rokade tidak dapat dilakukan jika telah atau terjadi kondisi berikut raja pada posisi di sekak antara raja dan benteng di kuasai lawan raja atau benteng telah melangkah.

Istilah selanjutnya adalah skak dan skak mat. Skak merupakan kondisi dimana raja terancam di tangkap. Pada kondisi ini pemain yang memiliki raja tersebut harus membuat rajanya selamat pada giliran langkahnya.

Jika pemain tersebut tidak dapat melakukannya maka dinamakan skak mat dan pemain tersebut kalah.

Hindari Hal-hal Berikut  Buat Kamu Pemula yang Baru Belajar Bermain Catur

Teknik Belajar Bermain Catur untuk Pemula

Teknik Belajar Bermain Catur untuk Pemula. Sumber gamabar: ytimg.com

Ada beberapa hal yang harus dihindari disaat permainan catur berlangsung agar kamu tidak mengalami kekalahan saat bertanding.

Menunda mematikan raja (Skak) lawan, tunggu hingga moment itu tepat di eksekusi. Jika kamu terlalu terburu-buru ingin me-Skak lawan, hal itu akan berdampak buruk pada dirimu sendiri. akibatnya kamu bisa dijebak dan salah satu tentara akan termakan oleh pihak lawan

Disarankan untuk menyebarkan prajurit kamu secara terpola dan mempunyai tugas masing-masing yang harus jelas.

Jangan lakukan penyerangan terpusat pada satu titik, sehingga semua prajurit berkumpul area yang saling berdekatan. Hal ini akan menyulitkan kamu sendiri dalam melakukan pergerakan.

Ingat nyawa pada setiap prajurit berharga, jadi jangan melakukan hal-hal yang konyol sehingga membuat kesalahan sendiri.

Ketenangan dan fokus pada permainan merupakan salah satu kunci agar kita bisa memenagkan pertandingan. Jangan cepat makan buah yang terikat, kalau masih
bisa mempertahankan ikatan. Kita butuh timing yang pas untuk berpesta pora menghabiskan buah lawan.

Rumus menghubungkan dua benteng juga dikenal dalam dunia permainan catur. Caranya adalah kamu hanya harus menghubungkan benteng-benteng. 2 benteng yang bekerja sama akan lebih kuat daripada 1 benteng.

Setelah terhubung, idealnya nanti kedua benteng ditumpuk di lajur terbuka, masuk ke dalam pertahanan lawan.

Artinya dalam babak opening, tugas kita adalah mengembangkan perwira dan tujuan akhirnya adalah terhubung-nya kedua benteng kita. Kita dapat melihat pada gambar analisa catur diatas :

  • Dari pihak putih : belum menyelesaikan perkembangan buah dikarenakan kedua benteng-nya belum terhubung. Putih dapat menyelesaikan tugasnya dengan melangkahkan kudanya di b1 ke d2.
  • Dari pihak hitam : juga belum menyelesaikan perkembangan buah dikarenakan kedua benteng-nya belum terhubung. Hitam dapat menyelesaikan tugasnya dengan melangkahkan menterinya dari petak d8 ke petak e7.

Setelah kedua benteng terhubung, maka bawalh benteng tersebut ke lajur terbuka, pada gambar diatas, lajur terbuka adalah lajur -d. jadi putih dapat mengaktifkan salah satu atau kedua bentengnya ke petak d1 dan d2.

Permainan Catur Mampu Mencegah Penyakit

Melindahospital.com
Melindahospital.com

Membantu mencegah Alzheimer

Sama seperti otot tubuh yang harus terus dilatih agar tetap bugar, otak juga harus terus dilatih agar tetap berfungsi dengan baik. Semakin bertambahnya usia, maka semakin penting memberikan latihan pada otak.

Hal tersebut diperlukan agar kamu terhindar dari masalah Alzheimer. Sebuah studi yang ditampilkan dalam The New England Journal of Medicine baru-baru ini menemukan fakta bahwa, orang-orang di atas usia 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur, cenderung lebih sedikit mengalami demensia dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak bermain catur.

Jadi ada baiknya kamu melatih dan menggunakan otak sebaik mungkin, sebelum kamu kehilangan kemampuan terbaik otak.

Meningkatkan pemulihan dari stroke dan disabilitas

Catur dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada individu yang mengalami disabilitas, penderita stroke atau kecelakaan yang melemahkan fisik lainnya. Gerakan dalam catur merupakan salah satu bentuk rehabilitasi yang dapat mengembangkan keterampilan motorik pasien.

Sedangkan dari sisi mental, saat bermain catur mereka akan dituntut untuk memikirkan strategi. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berkomunikasi mereka.

Permainan catur dapat meningkatkan kreatifitas manusia. Karena saat bermain catur, secara bersamaan kamu juga akan mengaktifkan sisi otak kanan yang bertanggung jawab terhadap masalah kreativitas.

Sebuah studi yang dilakukan selama empat tahun untuk menentukan aktivitas yang paling cepat dalam menumbuhkan kreativitas dengan melibatkan siswa dari kelas 7 sampai 9 untuk bermain catur, menggunakan komputer, dan melakukan hal lainnya selama 32 minggu, menunjukkan hasil kelompok yang bermain catur memiliki nilai kreativitas lebih tinggi.

Tidak Hanya Bermain, Kamu Juga Harus Tahu Sejarah Catur

beranda.com
beranda.com

Soal negara asal catur, masih ada silang pendapat. Menurut H. J. R. Murray, penulis buku History of Chess (1913), catur berasal dari India dan mulai ada pada abad ke-6. Di sana catur dikenal dengan nama chaturanga, yang artinya empat unsur yang terpisah.

Awalnya, buah catur memang hanya empat jenis. Menurut mistisisme India kuno, catur dianggap mewakili alam semesta ini, sehingga sering dihubungkan dengan empat unsur kehidupan, yaitu api, udara, tanah dan air karena dalam permainannya, catur menyimbolkan cara-cara hidup manusia.

Namun, pendapat Murray itu dibantah Muhammad Ismail Sloan, yang banyak mempelajari sejarah catur. Menurut Sloan, jika catur ditemukan di India, seharusnya permainan itu disebut-sebut dalam literatur-literatur Sanskrit.

Kenyataannya, tak ada satu pun literatur Sanskrit di India yang menyebutkan soal permainan catur sebelum abad ke-6. Sebaliknya, para pujangga Cina sudah menyebutkan permainan ini salam syair-syair mereka, 800 tahun sebelumnya.

Jadi, menurut Ismail Sloan, di Cinalah catur pertama kali dimainkan. Tapi pada waktu itu bentuk arena caturnya tidak kotak-kotak, melainkan bulat-bulat. Buah caturnya juga hanya terdiri atas empat jenis, yaitu raja, benteng, ksatria (kuda), dan uskup (gajah).

Baru pada abad ke-6, catur dibawa orang Islam dari India dan Persia ke seluruh penjuru dunia. Konon, di zaman kekhalifahan Ali bin Abu Tholib, catur merupakan permainan yang populer dimainkan. Bahkan mungkin juga oleh Khalifah Ali sendiri.

Ada pula yang menyebutkan bahwa panglima perang Nabi Muhammad, Khalid bin Walid juga menggemari catur. Barangkali ini ada hubungannya dengan kelihayannya mengatur strategi perang.

Pada abad ke-8 ketika bangsa Moor menyebarkan Islam ke Spanyol, catur mulai menyebar ke daratan Eropa hingga sampai di jerman, Italia, Belanda, Inggris, Irlandia, dan Rusia. Di Nusantara, olahraga otak ini dibawa oleh bangsa Belanda pada waktu penjajahan dulu.

Awalnya, hanya orang Belanda yang bermain catur, tapi menjelang kemerdekaan, mulailah banyak pribumi yang memainkannya.

Dalam sejarah catur bangsa Eropa telah banyak mengembangkan permainan catur ini, antara lain dengan membuat papan caturnya berwarna hitam dan putih. Ini terjadi kira-kira abad-10. Sebelumnya, kotak-kotak itu berwarna sama.

Malah sering orang membuat arena permainan catur ini di atas pasir atau di mana saja yang bisa diberi garis. Dari Eropa ini juga dibuat peraturan bahwa pion boleh maju dua kotak pada langkah pertama dan menteri (ratu) boleh bergerak lebih leluasa baik maju ke depan maupun diagonal.

Fakta Menarik Seputar Catur

http://tulisan-arif.blogspot.co.id
http://tulisan-arif.blogspot.co.id

Mesin catur dari Turki. Mesin catur turki dibuat abad ke-18 yang menjadi korban penipuan adalah sejumlah orang-orang terkenal seperti Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin, karena itu sebenarnya bukan mesin.

Termasuk konstruksi yang rumit yang mencakup metode untuk menyembunyikan operator nya, pemain catur manusia ditempatkan di dalam mesin ini. Ketika mesin itu terbakar rahasia itu baru terbongkar, dan mesin catur dari Turki tetap menjadi cerita lain yang menarik di sepanjang sejarah catur.

Kemungkinan tanpa batas dapat terjadi disetiap permainan catur. Setelah tiga langkah – yaitu tiga langkah oleh masing-masing pihak (masing-masing “bergerak” dalam catur mempertimbangkan langkah oleh si putih dan hitam) – ada lebih dari sembilan juta kemungkinan posisi .

Perhitungan serupa telah dibuat, jika kamu cenderung matematis, melihat nomor Shannon untuk estimasi terhadap kompleksitas catur.

Kemungkinan dalam catur menambah keindahannya. Kamu pasti tidak perlu khawatir dari posisi yang sama saat bermain, yang meminjamkan pentingnya pengenalan pola dan strategi posisi-spesifik.

Dengan kata lain, kamu harus berpikir bahwa setiap permainan catur tidak memiliki pola langkah yang sama satu sama lain.

Masuknya permainan catur di Indonesia dipercaya merupakan sesuatu yang dibawa oleh bangsa Eropa, dalam hal ini adalah bangsa Belanda yang saat itu menjajah Inodonesia. Pada saat masuknya bangsa Belanda, catur belum  menjad olahraga populer di kalangan masyarakat pribumi. Saat itu catur hanya dimainkan oleh bangsa Belanda.

Catur di Indonesia belum memiliki sejarah yang panjang seperti catur di dunia. Orang Indonesia pada dasarnya hanya mengikuti tren yang dibawa oleh bangsa Belanda pada saat itu.

Pada akhir abad ke-19, muncullah banyak klub-klub catur di beberapa kota bedar di Indonesia, seperti Magelang,Ssurabaya, Yogjakarta dan Bandung. Pada tahun 1925, didirikanlah persatuan catur pertama dengan nama Nederlandsch Indische Schaakbond di kota Yogyakarta.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa catur telah lama dikenal oleh prang-orang Batak. Akan tetapi, konon katanya ada perbedaaan antara catur yang dimainkan oleh oran-orang Batak ini denang catur yang dimainkan oleh orang eropa.

Mungkin saja catur telah diperkenalkan sebelumnya kepada orang Batak sebelum dibawa oleh orang-orang Belanda. Bahkan, pada salah satu pertandingan simultan yang dilakukan di salah satu kota di Sumatera, dua dari pecatur  asal Batak ini berhasil menaklukkan sang juara Belanda Yaitu Max Euwe.

Saking hebantya peatur Batak itu, mx Euwe kemudian kembali lagi setelah sebelumnya berkunjung ke Jawa. Banyak yang  menyimpulkan bahwa kekuatan pecatur dari Batak ini adalah karena intuisi mereka yang hebat. Mereka mampu membuat langkah-langkah yang mengejutkan.

Pada tahun 1938, sebelum meletusnya perang dunia kedua catur telah menjadi populer di Indonesia. Bahkan jumlah pecatur Indonesia manjadi jauh lebih banyak dari jumlah pecatur yan berasal dari golongan Eropa.

Dimasa penjajahan Belanda, olah raga catur dihilangkan sama sekali. Entah karena alasan apa, mungkin saja karena Jepang takut jika banyak orang Indonesia  akan memiliki kemampuan taktis yang lebih baik sehingga bisa menjatuhkan mereka, atau bisa saja karena bangasa Indonesia terlalu sengsara dengan menjadi Romusha maupun Peta dan organisasi buatan Jepang lainnya sehingga tidak mampu meluangkan waktu sedikitpun untuk memainkan permainan ini. Atau bisa saja karena bangsa Jepang ingin memperkenalkan catur versi milik mereka.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, percaturan Indonesia mulai dihidupkan kembali, sehingga pada akhirnya didirikanlah Persatuan Catur Seluruh Indonesia ( Percasi ). Pada tahun 1948 setelah diprakarsai oleh beberapa tokoh pada saat itu.
Percasi sendiri dianggap resmi berdiri pada tanggal 17 Agustus 1950 dikota Yogyakarata dan pada saat itu telah memiliki Anggaran Dasar Rumah Tangga ( ADRT ). Ketua umum percasi pertama adalah  Dr. Suwito Mangkusuwodo. Kejuaraan nasional pertama sendiri baru bisa terlaksana pada tahun 1953.
Kedudukan Percasi kemudian dipindahkan dari Yogyakarat ke Surabaya pada tahun 1955 dan resmi diterima sebagai anggota FIDE pada tahun 1966.
Sejak saat itu, catur telah berkembang di Indonesia dan telah melahirkan beberapa Grand Master Hebat seprti Herman Suradiraja ( Grandmaster pertama), Susanto Megaranto(Grandmaster termuda), Edie Handoko, Cerdas Barus, Ruben Gunawan, Ardiansyah dan Utut Adianto.
Bukan hanya kaum adam saja yang bisa menharumkan nama Indonesia di pentas dunia melalui olah raga catur.
Ada juga beberapa wanita yang memiliki prestasi yang sangat baik di dunia, seperti Irene Kharisma Sukandar, dan yang terbaru ini adalah Medina Warda Aulia.
Meskipun demikian, ada beberapa fakta pahit yang harus kita terima bahwa pada saat ini kepengurusan Percasi di  tingkat  daerah, bahkan di tingkat Provinsi masih dianggap kurang jelas, hal ini bisa kita simpulkan karena kurangnya kejuaraan yang dibuat oleh Percasi.
Kebanyakan kejuaraan yang ada di Indonesia untuk tingkat daerah diselenggarakan oleh perusahaan, ataupun organisasi-organisasi tertentu, terutama mahasiswa.
Padahal, disatu sisi saat ini catur telah banyak melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. Banyak anak-anak yang tidak menganggap catur sebagai olahraganya kaum tua dan lebih cenderung menganggap catur sebagai olahraga dari orang-orang cerdas.
Disatu sisi juga, telah banyak bermunculan klub-klub catur di seluruh daerah dan penjuru kota di Indonesia.

Fakta Menarik Tentang Catur

BeritaHati.com
BeritaHati.com

Panjang atau pendeknya permainan catur merupakan hal yag paling sulit di duga karena tidak mengherankan dalam sebuah permainan catur dapat selesai hanya dalam waktu beberapa menit atau bisa selesai dalam waktu yang cukup lama, permainan catur terlama berlangsung selama 269 jalan (20 jam, 15 menit), yang berakhir imbang.

Perkiraan teoritis untuk permainan terpanjang yang bervariasi dan ekstrim (5.000 + jalan), yang dipersulit oleh peraturan khusus (dan bermain buruk!); Yaitu aturan 50-pindah dan 3-langkah pengulangan.

Ster (Ratu) mengalami beberapa perubahan besar dalam sejarah, Dimulai sebagai bisa bergerak hanya satu diagonal persegi, itu kemudian dapat bergerak dua kotak – dan lebih lanjut sepanjang jalan, bisa bergerak seperti kesatria.
Tentu saja sekarang, untungnya, sang ratu dapat bergerak diagonal, horizontal, dan vertikal untuk lingkup bagian lain. Awalnya sang ratu adalah “fers,” seorang konselor atau perdana menteri, penasihat raja. Orang-orang Eropa kemudian berubah di tahun 1400-an menjadi bagian terkuat dalam catur.
Catur sering disebut oleh para psikolog sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori. Juga memungkinkan pikiran untuk memecahkan masalah yang kompleks dan bekerja melalui ide, maka tidak mengherankan bahwa catur dianjurkan dalam memerangi Alzheimer.
Banyak yang berpendapat bahwa catur dapat meningkatkan kecerdasan sesorang, meskipun catur lebih kompleks dari sekedar statemnet tersebut. Efek dari catur pada individu muda telah menyebabkan catur sedang diperkenalkan di sekolah dan berbagai negara.
Telah terbukti meningkatkan nilai anak-anak dan efek positif lainnya. Bagaimana? Menarik bukan permainan catur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here