Basuki Endah Priyanto, Penemu 23 Paten Telekomunikasi Asal Bandung Yang Diakui Dunia

Pernah dengar iklan sambungan 4G? Tahukah kamu bahwa ternyata 4G sudah booming sejak sekitar 10 tahun lalu.

Tak dinyana, diantara banyak paten terkait teknologi 4G, 11 diantaranya dimiliki oleh Basuki Endah Priyanto, seorang penemu asal Indonesia yang kini menetap di Swedia.

Pria yang biasa disapa dengan panggilan Basuki ini menemukan setidaknya 23 paten dan 4 paten yang sedang ditinjau. Kesemua paten yang ditemukan Basuki dipatenkan di Swedia dan terkait dengan bidang telekomunikasi.

Back

1. Rajin Membantu Orang Tua

Basuki kecil lahir di Bandung 9 Juni 1976. Ia adalah bungsu dari 4 bersaudara. Ayahnya, Soetriyo, adalah purnawirawan TNI AU.

Ibunya Trien Ismoyowati adalah ibu rumah tangga. Sejak kecil, Basuki dikenal sebagai anak yang rajin belajar. Menurut sang ibu, Basuki akan mulai belajar meskipun tidak disuruh sekalipun.

Tidak hanya belajar, dia juga gemar membantu pekerjaan orang tuanya. Ia akan membantu pekerjaan ibunya meskipun semampu yang ia bisa.

Ia merupakan orang yang tidak pernah puas dengan ilmu yang sudah dimiliki. Dia juga memiliki karakter sebagai orang yang suka tantangan.

Keluarganya ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar untuk dirinya. Pamannya yang cukup sukses dan merupakan lulusan dari teknik elektro bekerja di bidang telekomunikasi.

Ayahnya berkata “tuh, lihat pamanmu tuh, bisa sukses”. Ternyata, kata-kata ayahnya ini terngiang-ngiang di kepala Basuki kecil dan menjadi pendorongnya untuk mencintai bidang teknik elektro.

Menurut sang ayah, prestasi Basuki mulai terlihat ketika ia masuk kelas 4 SD. Orang tuanya semakin bangga ketika Basuki berkuliah di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus dengan predikat Cumlaude.

Dia pun melanjutkan S2nya pun di Nanyang Technological University (NTU). Setelah lulus dan bekerja di NTU selama 3 tahun, Basuki melanjutkan studi S3 di bidang wireless communication di Aalborg University, Denmark.

via diasporaindonesia.org
Back

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here