6 Akibat Gempa Bumi Terhebat yang Pernah Terjadi di Seluruh Dunia

nbcnews.com

Gempa bumi telah menjadi ‘kawan’ dalam seluruh umur bumi. Akibat gempa bumi juga telah mengubah peradaban manusia dari waktu ke waktu. Dan selama bumi masih ada, gempa akan terus terjadi.

Tentu saja hal ini memang karena struktur bumi yang terdiri dari berbagai variasi lempeng tektonik yang saling bersinggungan. Begitu pun gunung-gunung yang jumlahnya tak terhitung yang juga dapat menyebabkan gempa.

Namun, setidaknya perlu diingat sejarah mengenai gempa bumi yang terjadi di dunia. Tujuannya adalah untuk lebih waspada, bersyukur dan berbuat lebih jauh dalam pengembangan teknologi penyelamat manusia dari gempa.

Berikut adalah 10 akibat gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi selama sejarah bumi.

1Assam-Tibet

en.wikipedia.org

Akibat gempa bumi yang terjadi pada tahun 1950 ini adalah tewasnya sedikitnya 1.500 orang di daerah gempa sekitar Tibet dan Assam, India. Bahkan getaran gempa dirasakan hingga provinsi Yunnan, Cina.

Gempa berkekuatan 8,6 skala richter ini menyebabkan banyak longsor hingga menutup jalannya air sungai. Gelombang sungai dan tanah longsor inilah yang banyak memakan korban.

Epicentrum atau pusat gempa sebenarnya berada di Tibet, namun banyak korban yang jatuh di daerah Assam, India. Gempa ini terjadi karena benturan lempeng bumi India dan lempeng Eurasia.

2Chile

en.wikipedia.org

Gempa ini terjadi di lepas pantai Maule, Chile pada tahun 2010. Kekuatan gempa yang mencapai 8,8 skala richter membunuh 500 orang. Akibat gempa bumi ini, kerugian ekonomi mencapai $30 miliar.

Lempengan yang menyebabkan gempa bumi ini adalah lempengan Nazca dan lempeng Amerika Selatan yang berbenturan. Bahkan, dampak gempa ini masih dirasakan hingga tahun 2011 di Chile.

3Kamchatka, Rusia

planetsave.com

Kawasan Kamchatka adalah sebuah semenanjung yang masuk daerah Rusia. Pada tahun 1952, daerah ini diterjang gempa berkekuatan 9,0 skala richter. Gempa dahsyat yang menyebabkan tsunami setinggi 13 meter.

Memang tidak ada korban jiwa dalam kejadian alam ini, namun akibat gempa bumi dirasakan hingga Hawaii. Dampaknya adalah berbagai kerusakan properti yang terjadi di Hawaii setara $1 juta.

4Honshu, Jepang

framework.latimes.com

Selain disebut sebagai gempa Honshu, gempa ini juga sering dikenal dengan nama gempa Tohoku 2011. Inilah gempa dahsyat Jepang yang disebut sebagai triple disaster. Tentu saja karena gempa bumi, tsunami dan rusaknya reaktor nuklir.

Akibat gempa bumi sekuat 9,0 skala richter ini, diperkirakan 29.000 orang terbunuh dalam bencana ini. Gempa susulan yang terjadi bahkan mencapai 50 kali banyaknya dengan kekuatan gempa rata-rata 6 hingga 7 skala richter.

Lempeng tektonik yang berbenturan penyebab gempa ini adalah lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara. Benturan yang terjadi mengarah pada benturan dalam ke arah bawah antar lempeng tektonik.

5Akibat Gempa Aceh

dynamic.faz.net

Tsunami Aceh tahun 2004 menjadi bencana yang mengubah banyak hal di Indonesia. Ratusan ribu orang meninggal dan lebih banyak lagi yang hilang sehingga dinyatakan meninggal.

Angka pasti yang dapat diperkirakan adalah 227.898 orang tewas dan 1,7 juta orang dievakuasi. Tsunami yang terjadi bahkan menghantam 14 negara yang langsung berbatasan dengan samudera Hindia.

Gempa dengan kekuatan 9,1 skala richter ini memang sangat dahsyat. Bahkan keganasan tsunami yang disebabkannya membuat Aceh kini memiliki museum tsunami sebagai tempat yang menyimpan data, fakta dan kenangan tentang bencana ini.

6Chile 1960

sfgate.com

Barangkali inilah gempa terbesar, terhebat dan terdahsyat yang pernah tercatat hingga saat ini. Sekitar 1.655 orang terbunuh dalam gempa berkekuatan 9,5 skala richter ini.

Kerugian materi mencapai $550 juta. Tsunami yang ditimbulkan membunuh 61 orang di Hawaii, 138 orang di Jepang bahkan 32 orang di Filipina. Gempa yang mengerikan akibat benturan lempeng Nazca dan lempeng Amerika Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here