5 Tips Agar Tidur Berkualitas

Beberapa teman saya mengeluhkan hal yang sama, mereka bilang bahwa sering merasa mengantuk di waktu siang hari padahal jam tidur yang dilewati semalam sudah sangat optimal. Hal inilah menandakan bahwa tidur yang berkualitas tidak paralel dengan panjangnya waktu tidur, namun tidur yang berkualitas ditentukan oleh seberapa dalam level tidur kita dan seberapa segar rasa badan kita setelah bangun dari tidur tersebut.

Bahkan dibeberapa kasus ditemukan bahwa masalah kurangnya kualitas tidur disebabkan oleh terlalu panjangnya waktu tidur yang dilalui. Hal ini menyebabkan seseorang yang rasa kantuknya belum optimal memaksakan diri untuk tidur lebih awal, yang mana akan berujung pada kurang dalamnya level tidur orang tersebut dan membuatnya masih merasa mengantuk walaupun sudah terbangun dari tidurnya.

Berikut 5 tips agar anda dapat merasakan tidur dengan kualitas yang baik:

1. Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur dan pilih jam olahraga yang mendekati waktu tidur malam anda. Berjalan santai malam atau melakukan lari diatas treadmill selama 15 menit akan meningkatkan kadar endorfin didalam tubuh anda. Kadar endorfin yang tinggi akan merangsang saraf parasimpatis dan menghadirkan kondisi nyaman beristirahat bagi tubuh.

2. Atur Suhu Ruang Tidur

Pernahkah anda terbangun di tengah malam karena suhu ruangan terlalu panas atau bahkan suhu ruangan terlalu dingin, jawabannya pasti pernah. Maka untuk tidur berkualitas suhu yang diperlukan tidak boleh terlalu tinggi atau juga terlalu rendah. Berdasarkan penelitian terakhir suhu ruangan sebaiknya di set pada angka 21-25 derajat Celcius.

3. Jauhkan Alat elektronik

Jauhkan atau matikan semua barang elektronik yang mengandung gelombang yang tanpa disadari akan membuat gangguan pada proses tidur yang akan anda jalani. Beberapa gelombang yang dihasilkan oleh alat seperti TV, Laptop dan layar HP dapat mempengaruhi otak anda menjadi lebih aktif.

4. Juahi Kafein Sebelum Tidur

Untuk tidur yang optimal jauhkan diri anda dari mengkonsumsi zat ini, karena kafein dapat memicu saraf simpatis dan akan membuat anda siap untuk beraksi dan bukan siap untuk beristirahat. Jika bicara kafein pasti anda hanya memikirkan jauhi kopi, namun sebenarnya selain kopi maka coklat dan teh juga mengandung zat ini walupun dengan kadar yang lebih sedikit.

5. Berdoa

Lakukan dengan sungguh-sungguh maka berdoa akan membuat anda bersikap tenang, tanpa disadari saat berdoa dengan seksama akan membuat otak dan badan anda lebih tenang untuk menjalani fase tidur yang akan anda lewati.

Cobalah ke 5 tips ini dan rasakan peningkatan optimalisasi tidur anda. (HZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here