www.majalahkita.net

5 Godaan Besar Selama Berpuasa

Posted on

Puasa yakni menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Selama durasi waktu tersebut kita benar-benar diperintahkan untuk dapat menahan hawa nafsu kita agar puasa kita berkah.

Memang godaan bisa saja terjadi selama menjalani ibadah puasa, bisa faktor dari dalam diri kita sendiri atau dari luar.

Semakin banyak godaan, semakin tinggi pula kualitas puasa kita. Apa saja sih godaan-godaan terbesar saat puasa Ramadhan?

Haus dan Lapar

eksplur.blogspot.com

Ini adalah godaan yang pada umumya dirasakan oleh kebanyakan orang berpuasa. Namun banyak yang beranggapan godaan terbesar yakni haus.

Untuk mengatasi hal tersebut kita sebaiknya tetap menjaga asupan minum air putih. Meskipun puasa, kebutuhan air putih 8 gelas air tetap dipenuhi.

Agar metabolisme tubuh terjaga dan terhindar dari dehidrasi saat siang hari.

Menahan Pandangan Mata

bekaluntuknegeriabadi.blogspot.com

Nah yang satu ini bisa termasuk jenis godaan yang kadang sulit dihindari. Jenis godaannya pun beragam.

Misal saat kita melihat makanan atau minuman segar di siang hari tanpa disadari  kita bisa tergoda seakan air liur ingin tumpah.

Tidak hanya itu, pandang mata juga diuji dengan berbagai hal yang dapat menggoda syahwat. Misalnya berlalu-lalang perempuan-perempuan yang menampakan auratnya, bisa juga iklan-iklan di media sosial.

Kita sebisa mungkin mampu menahan hawa nafsu agar bisa menahan pandangan sehingga terhindar dari penyebab berkurangnya pahala puasa.

Suka Membicarakan Orang

leilyshafira.files.wordpress.com

Entah disadari atau tidak, ‘penyakit lama’ ini sudah menjadi kebiasaan kita terutama kaum hawa. Memang kebiasaan membicarakan orang lain juag termasuk godaan yang sulit dihindari.

Apalagi saat ada teman tanpa sengaja menciptakan obrolan yang mengarah untuk membicarakan orang lain.

Sebaiknya pembicaraan dialihkan atau stop pembicaraan. Selain itu, untuk menghindari bergosip kita juga bisa menyibukan diri dengan melakukan tilawah Al-Qur’an atau mendengarkan murotal Al-Qur’an.

Jika kita membicarakan orang lain saat puasa, kita tidak dapat manfaat dari puasa itu sendiri selain hanya mendapat lapar dan haus.

Emosi

ibubapacemerlang2012.blogspot.com

Dalam bersosialisasi dengan orang lain, kadang tanpa kita sadari terucap kata-kata yang kurang berkenan di hati lawan biacara ataupun sebaliknya.

Sebaiknya kita bisa menahan diri agar tidak berucap yang tidak baik. Sebab ketika puasa, perut kosong dan terasa lapar, jadi kesalahpahaman kecil yang terjadi bisa menyebabkan emosi seseorang.

Merokok

www.thepleng.com

Bagi yang tidak merokok tentu hal ini tidak berpengaruh. Namun bagi para perokok bisa menjadi godaan yang sulit.

Nah, jadikan momen ramadhan ini untuk belajar berhenti merokok. Sebab bagaimanapun juga merokok sangat tidak baik bagi diri sendiri dan lingkungan.

Percayalah dan tanamkan dalam diri bahwa kamu bisa melawan godaan ini. Niatkan dalam hati untuk menyanyangi dirimu dan orang-orang sekitarmu dengan tidak merokok.

Itulah beberapa godaan-godaan krusial saat Ramadhan. Semoga selama menjalani ibadah puasa kita bisa menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *